Gedung Pernikahan Manggala Wanabakti, Nuansa Asri di Jakarta

Salah satu persiapan menjelang pernikahan yaitu menentukan tempat acara penikahan berlangsung. Bisa dibilang gedung pernikahan merupakan salah satu bagian terpenting untuk menyelenggarakan pesta pernikahan. Tidak jarang, di beberapa gedung ternama terdapat antrian untuk menyewa gedung tersebut. Salah satu dari sekian banyak gedung pernikahan yang paling diincar oleh calon pengantin yaitu gedung manggala wanabakti. Terletak di lokasi yang strategis membuat gedung ini mudah diakses dari berbagai arah.

Sebelum lanjut, ada informasi bagus nih untuk calon pengantin. Jika anda sedang mencari rias pengantin yang berkualitas, anda dapat menggunakan MUA Parasayu. Dengan MUA profesional dan berpengalaman, tampilan anda akan cantik memukau di hari pernikahan. Untuk informasi lebih lanjut, anda dapat menghubungi MUA Parasayu di nomor telepon/WA 0895404100004 atau di website mua.parasayu.net.

Mengenal Gedung Pernikahan Manggala Wanabakti

Gedung manggala wanabakti terletak didalam komplek perkantoran pemerintah yang berlokasi tepat di utara kawasan DPR/MPR. Gedung ini dirancang oleh tim arsitek dari gubah laras yang diketuai oleh Soejoedi Wirjoatmodjo. Gudung ini dikenal dengan suasana yang asri serta rimbutnya pepohonan. Usut punya usut, pepohonan yang terdapat pada area manggala wanabakti ternyata ditanam oleh peserta kongres tahunan yang diselenggarakan di Jakarta pada tahun 1978. Hingga saat ini, pepohonan tersebut tubuh subur dan membuat area gedung ini tampak asri.

Pada lahan seluas 12,1 Hektar ini, manggala wanabkti mempunyai 7 gedung yang masing-masing diberi nama blok 1,2,3,4,5,6 dan 7. Khusus pada blok 7, pembangunan blok ini sedikit terlambat dibangun. Blok 7 dibangun pada tahun 1992 yaitu pada saat KTT gerakan non blok yang di adakan di Jakarta.

Dari seklian banyak blok yang terdapat dikawasan manggala wanabakti, terdapat 3 blok yang paling menonjol, diantaranya yaitu blok 1, blok 4 dan blok 7. Gedung pada blok 1 mempunyai 16 lantai yang diperuntukan untuk kantor kementerian kehutanan dan lingkungan hidup. Kemudian gedung blok 4 mempunyai 11 lantai yang diperuntukan bagi kantor komersial. Sedangkan pada gedung blok 7 digunakan sebagai pusat stadardisasi lingkungan hidup dan kehutanan.

Adapun gedung blok 2, 3, 5, 6 merupakan blok-blok kecil dari kawasan manggala wanabakti. Adapun fungsi Gedung diblok 2 digunakan sebagai tempat pertemuan dan pusat kebugaran, gedung blok 3 digunakan sebagai auditorium, gedung blok 5 diperuntukan untuk mekanik dan kelistrikan serta gedung blok 6 yang difungsikan sebagai perpustakaan, museum kehutan dan arboretum.

Gedung Manggala Wanabakti untuk Pernikahan

Selain diperuntukan sebagai perkantoran, ruangan yang terdapat pada gedung manggala wanabakti juga biasa digunakan untuk acara pesta pernikahan. Di gedung manggala wanabakti terdapat 3 ruangan yang disewakan untuk acara pernikahan dan yang lainnya. Adapun ruangan-ruangan tersebut bernama, ruangan auditorium, ruangan rimbawan I, ruangan rimbawan II. Setiap ruangan mempunyai kapasitas dan fasilitas yang berbeda-beda. Dibawah ini ada beberapa informasi mengenai ruangan gedung manggala wanabakti yang dapat anda gunakan sebagai tempat pernikahan.

  1. Ruangan Auditorium

Dari ke tiga ruangan di gedung manggala wanabakti, ruangan auditorium adalah ruang yang paling besar. Ruangan ini sangat cocok untuk menggelar pesta pernikahan dengan jumlah tamu yang besar.

Kapasitas pada ruangan auditorium bisa menampung 1250 – 2500 tamu undangan. Adapun fasilitas yang terdapat pada ruangan auditorium seperti ruangan rias pengantin, kursi futura, ruang VIP, sound system serta yang lainnya, sumua sudah tersedia diruangan ini.

Selain sebagai tempat pesta pernikahan, diruangan ini juga anda dapat menggelar akad nikah. Namun akan dikenakan charge sebesar 2 juta. Ditempat ini juga tersedia banyak vendor untuk menyelenggarakan pernikahan, dari mulai vendor dekorasi, catering, makeup, hiburan serta fotografi semua tersedia. Jadi anda tidak perlu repot mencari vendor diluar sana. Namun, jika anda ingin menggunakan vendor dari luar, maka anda akan dikenakan charge untuk setiap vendornya.

  1. Ruangan Rimbawan I

Yang selanjutunya ada ruangan rimbawan I. Ruangan ini sebenarnya termasuk besar, namun masih sedikit kecil dibandingkan dengan ruangan auditorium. Kapasitas dari ruangan ini dapat menampung 800 hingga 1500 tamu undangan. Pada ruangan ini juga mempunyai fasilitas yang tidak jauh berbeda dari ruangan auditorium, dari ruang rias, ruang VIP, kursi, kelistriakan serta yang lainnya semua terdapat pada ruangan ini.

Untuk vendor pernikahan dari ruangan rimbawan I juga sama dengan ruangan auditorium, hanya saja yang membedakan dari luas tempat pernikahannya saja.

  1. Ruangan Rimbawan II

Dari ketiga ruangan yang berada gedung manggala wanabakti, ruangan rimbawan II adalah ruangan yang paling kecil. Kapasitas dari rungan ini mampu menampung 600 hingga 800 tamu undangan saja. Jadi jika undangan dalam pernikahan anda kurang dari 1000 undangan, maka ruangan ini bisa menjadi alternatif untuk anda gunakan. Untuk fasilitas yang di dapat dari ruangan rimbawan II juga sama, tidak terlalu signifikan perbedaannya.

Pada ruangan rimbawan I dan II terdapat plaza outdoor yang biasa digunakan sebagai tempat makan para tamu undangan. Plaza outdoor ini mempunyai lahan yang cukup luas untuk menampung tamu. Namun plaza outdoor ini hanya bisa digunakan 1 sesi saja, misal ruangan rimbawan I sudah memakai tempat plaza outdoor maka ruangan rimbawan II tidak bisa menggunakan plaza outdoor, begitu juga sebaliknya.

Nah itu dia ulasan dari gedung pernikahan manggala wanabakti. Jika anda tertarik menggunakan gedung ini sebagai tempat pernikahan, anda dapat mengunjungi alamat Jl. Gatot Subroto, RT.1/RW.3, Gelora, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat.

Bagi anda yang sedang mencari MUA untuk rias pengantin, anda dapat menggunakan MUA Parasayu. MUA Parasayu sudah berpengalaman dalam merias pengantin, baik rias pengantin adat maupun nasional. Dengan MUA yang berkualitas, tampil cantik dihari pernikahan bisa kita wujudkan. Untuk informasi lebih lanjut, anda dapat menghubungi MUA Parasayu dinomor telepon/WA 0895404100004 atau website mua.parasayu.net.