10 Cara Menggunakan Skin Care Routine untuk Jerawat

Skincare routine untuk jerawat harus benar-benar mampu merawat kulit jerawat yang meradang agar tidak semakin parah dan timbul lagi. Sekiranya dibutuhkan beberapa cara untuk menggunakan skincare routine untuk jerawat dan yang pasti harus rutin. Yang paling tidak boleh ditinggal dalam skin care routine untuk jerawat adalah penggunaan sun screen.

Masalah penyebab jerawat muncul adalah kita yang lupa tidak menggunakan sun screen sehingga paparan sinar matahari masuk ke dalam kulit wajah dan membuat kulit bruntusan dan berjerawat. Berikut ini ada 10 cara mudah menggunakan skin care routine untuk jerawat :

  1. Membersihkan sisa make up dengan gel/water based make up cleanser

skin care routine untuk jerawat

sumber anisae.com

Sebelum tidur ada baiknya, kulit berjerawat dibersihkan dari sisa make up menggunakan gel/water based make up cleanser. Tujuannya agar sisa make up hilang sehingga tidak menimbulkan jerawat lagi di lain hari. Sisa make up yang tidak dibersihkan bisa menyumbat pori-pori wajah sehingga dapat menimbulkan lebih banyak jerawat. Carilah gel/water based make up cleanser yang tidak mengiritasi wajah seperti micellar water atau cleansing oil.

  1. Mencuci kulit wajah dengan benar

skin care routine untuk jerawat

sumber journal.sociolla.com

Mencuci kulit wajah dengan benar menggunakan sabun cuci muka khusus berjerawat. Cuci wajah dilakukan dua kali dalam sehari, jangan terlalu sering karena akan menyebabkan kulit wajah semakin kering. Lakukan sebelum mandi pagi hari dan menjelang malam sebelum tidur. Biasanya cuci wajah khusus jerawat mengandung bahan-bahan seperti tea tree.

  1. Menggunakan tonner

skin care routine untuk jerawat

sumber inibaru.id

Tonner berguna untuk mengurangi pori-pori menjadi semakin besar dan mengontrol minyak yang berlebih. Selain itu bisa digunakan untuk membersihkan sisa-sisa make up yang tidak hilang setelah cuci muka. Carilah tonner yang bebas dari kandungan alkohol untuk kulit berjerawat agar tidak mengiritasi jerawat sehingga meradang.

  1. Menggunakan serum khusus jerawat

skin care routine untuk jerawat

sumber cantik.tempo.co

Skincare serum sangat tepat sasaran dalam menyelesaikan masalah kulit seperti berjerawat dan menghilangkan bekasnya. Pasalnya bentuknya yang cair langsung meresap ke dalam kulit paling dalam dan menyelesaikan hingga akarnya. Contoh serum yang bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat adalah The Ordinary Niacinamide. Menggunakan serum untuk kulit berminyak dan berjerawat dapat menjadi solusi dalam perawatan kecantikan.

  1. Menggunakan moisturizer

skin care routine untuk jerawat

sumber fimela.com

Moisturizer sangat penting dalam tahap skincare. Walaupun berjerawat, tetap harus menggunakan moisturizer untuk membantu menjaga kelembaban kulit wajah berjerawat. Carilah produk cream wajah untuk kulit sensitif dan berjerawat yang diperuntukan khusus untuk kulit berjerawat dan sensitif. Ada baiknya cari mosturizer yang berbentuk gel sehingga lebih mudah menyerap ke dalam kulit dan tidak membuat kulit wajah semakin berminyak.

  1. Menggunakan suncreen

skin care routine untuk jerawat

sumber popbela.com

Suncreen adalah tahapan paling penting dalam dunia skincare. Untuk apa menggunakan berbagai macam skincare jika melewatkan sun screen. Pasalnya suncreen berguna sebagai proteksi wajah dari bahaya paparan sinar UVA dan UVB matahari yang tidak baik untuk kesehatan kulit wajah, salah satunya menyebabkan jerawat. Cari sunscreen untuk kulit sensitif yang berbahan dasar air, seperti biore UV Aqua Rich Watery Essence sun screen.

  1. Melakukan eksfoliasi seminggu sekali

Melakukan eksfoliasi seminggu sekali

sumber lifestyle.kompas.com

Eksfoliasi untuk kulit berjerawat ada baiknya secara kimia menggunakan produk peeling. Jangan menggunakan scrub. Scrub membuat kulit semakin iritasi dan membuat jerawat semakin meradang. Contoh produk yang bisa dijadikan kimia eksfoliasi adalah COSRX BHA Blackhead Power Liquid. Jangan lupa sehabis eksfoliasi harus menggunakan pelembab dan sun screen.

  1. Menggunakan masker wajah

Menggunakan masker wajah

sumber teen.co.id

Banyak masker wajah yang dijual di pasaran. Carilah masker wajah yang cocok untuk kulit berjerawat dan bisa mengontrol kandungan minyak berlebih. Misalnya masker green tea, masker lumpur bentonite, dan lain sebagainya. Gunakan masker secara rutin misalnya 2-3 kali dalam seminggu agar terlihat hasilnya.

  1. Menggunakan gel jerawat

Menggunakan gel jerawat

sumber id.priceprice.com

Gel jerawat berfungsi untuk mengecilkan jerawat yang meradang sehingga jerawat tidak tampak kemerah-merahan. Gel jerawat bisa digunakan saat malam menjelang tidur. Biasanya gel jerawat mengandung salicylic acid, zinc, sulfur, retinol dan vitamin C. Semuanya bagus untuk merawat kulit yang berjerawat.

  1. Menggunakan produk make up yang tepat

Menggunakan produk make up yang tepat

sumber bp-guide.id

Berjerawat tetap boleh menggunakan produk make up. Tapi pilihlah produk kosmetik yang aman dan tepat yang bebas dari bahan comedogenic. Tentunya agar tidak menyumbat pori-pori wajah. Pilihlah bedak yang no sebum sehingga mampu mengontrol minyak pada wajah berjerawat.