Tata Cara Wudhu Beserta Gambarnya Lengkap dan Benar

Berwudhu merupakan suatu kewajiban bagi umat muslim sebelum melakukan ibadah terutama sebelum melakukan sholat. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW “Tidak akan diterima sholat salah seorang diantara kalian apabila ia berhadas sampai ia berwudhu” (HR Abu Hurairah). Wudhu adalah kegiatan mensucikan anggota tubuh dari hadas kecil menggunakan air. Nah untuk anda yang masih belajar, berikut tata cara wudhu beserta gambarnya agar pembaca Parasayu mudah menghafalnya.

Tata Cara Wudhu Beserta Gambarnya

Mengapa belajar berwudhu penting? Selain untuk kebersihan dan kesucian, berwudhu juga merupakan syarat sah sholat sehingga anda memang wajib belajar berwudhu dengan benar. Berikut tata cara wudhu beserta gambarnya yang sesuai dengan syariat:

  1. Niat Wudhu

tata cara wudhu beserta gambarnya

Seperti yang sudah anda ketahui, segala sesuatu harus dimulai dengan niat, apalagi jika berhubungan dengan ibadah. Wudhu juga harus diawali dengan membaca niat. Niat berwudhu adalah sebagai berikut:

Yang artinya adalah : “Saya berniat wudhu untuk menghilangkan hadas kecil, fardhu karena Allah Ta’ala”

Anda tidak harus mengucapkan niat ini secara lisan, apalagi jika anda berwudhu dalam kamar mandi. Anda bisa mengucapkannya dalam hati saja.

  1. Membaca Bismillah dan Membasuh Tangan

tata cara wudhu beserta gambarnya

Selanjutnya bacalah bismillah (bisa dalam hati) sembari membasuh kedua telapak tangan hingga pergelangan tangan dan sela sela jari. Basuh tangan anda sebanyak 3 kali.

  1. Berkumur

tata cara wudhu beserta gambarnya

Selanjutnya anda harus berkumur dan memutar air dalam rongga mulut untuk memastikan tidak ada sisa makanan atau kotoran yang menempel di gigi dan mulut. Lakukan langkah ini sebanyak 3 kali. Ketika anda berpuasa, langkah ini bisa tidak dilakukan untuk menghindari masuknya air ke kerongkongan.

  1. Membersihkan Lubang Hidung

tata cara wudhu beserta gambarnya

Kemudian bersihkan lubang hidung sebanyak 3 kali untuk mengeluarkan kotoran didalamnya. Sama seperti langkah sebelumnya, jika sedang berpuasa anda bisa melewatinya untuk menghindari masuknya air ke lubang hidung.

  1. Membilas Wajah

tata cara wudhu beserta gambarnya

Yang dimaksud dengan membilas wajah disini adalah mengusapkan air ke wajah secara menyeluruh mulai dari gari tumbuhnya rambut hingga ke dagu. Lakukan sebanyak 3 kali untuk memastikan seluruh bagian wajah telah terbilas dengan air.

  1. Membasuh Tangan Hingga Siku

tata cara wudhu beserta gambarnya

Jika sebelumnya anda hanya membasuh tangan hingga pergelangan tangan, kali ini basuh seluruh tangan anda mulai dari ujung kuku hingga siku sebanyak 3 kali. Lakukan dengan tangan kanan terlebih dahulu.secara bergantian.

  1. Mengusap Kepala

Mengusap Kepala

Selanjutnya, usap kepala/rambut anda menggunakan air sebanyak 3 kali. Terdapat perbedaan pendapat mengenai batas basuhan kepala ini diantara para ulama, ada yang mensyaratkan hanya rambut bagian depan saja, separuh bagian kepala bahkan seluruh bagian kepala. Seluruhnya adalah benar dan anda bisa memilih yang anda yakini benar.

  1. Membersihkan Kedua Telinga

Membersihkan Kedua Telinga

Kemudian bersihkan kedua telinga dengan memasukkan jari telunjuk (yang sudah dibasahi air) kedalam telinga, kemudian ibu jari mengusap telinga bagian luar dari bawah ke atas 3 kali. Jika sedang berpuasa, langkah ini bisa dilewati untuk menghindari masuknya air ke lubang telinga.

  1. Membasuh Kaki Hingga Mata Kaki

Membasuh Kaki Hingga Mata Kaki

Tata cara wudhu beserta gambarnya yang terakhir adalah membasuh kaki hingga setidaknya mata kaki sebanyak 3 kali secara bergantian dan didahului oleh kaki kanan. Jangan lupa untuk mengusap jari-jari kaki agar kaki terkena air secara sempurna.

  1. Membaca Doa Setelah Wudhu

Membaca Doa Setelah Wudhu

Akhiri kegiatan wudhu anda dengan membaca doa setelah wudhu dengan menghadap kiblat dan mengangkat kedua tangan.

Yang artinya adalah: “ Aku bersaksi tiada Tuhan selain Allah dan tiada sekutu baginya dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah. Ya Allah, jadikanlah aku sebagai golongan orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku bagian dari golongan orang-ornag yang bersuci dan jadikanlah aku bagian dari hamba-hamba Mu yang sholih”.

Demikian penjelasan lengkap mengenai tata cara wudhu beserta gambarnya. Semoga penjelasan diatas dapat dengan mudah anda pelajari dan dapat bermanfaat. Selamat belajar!

mua parasayu