Mengatasi Rambut Rontok Bagi Wanita Berhijab 88x88 - 5 Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok Bagi Wanita Berhijab

5 Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok Bagi Wanita Berhijab

Posted on

Hijab adalah salah satu style busana terpopuler saat ini. Namun, salah satu kendala yang sering dirasakan para wanita hijabers adalah masalah rambut rontok. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan terjadinya rambut rontok, sama seperti cara mengatasi rambut rontok bagi wanita berhijab. Ada banyak sekali. Tapi mana yang paling tepat untuk dilakukan?

Penyebab Rambut Rontok bagi Wanita Berhijab

Diantara penyebab rambut rontok bagi wanita yang berhijab adalah pemakaian shampoo yang tidak tepat atau sering gonta-ganti shampoo, sering diikat (dikuncir), dan langsung mengenakan hijab saat rambut masih basah. Selain disebabkan oleh beberapa aktivitas di atas, kerontokan rambut juga sering disebabkan oleh stress, asupan gizi yang tidak seimbangan, ketidakseimbangan hormon, juga akibat penyakit turunan.

Karakteristik rambut orang yang berhijab dengan yang tidak berhijab pastilah berbeda. Karena, rambut wanita yang berhijab biasanya lebih lembab sehingga mdah mengalami kerontokan. Sehingga, tentu diperlukan perawatan yang berbeda pula.

Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok Bagi Wanita Berhijab

Nah dari sekian banyak cara untuk mengatasi rambut rontok bagi wanita yang berhijab, berikut beberapa cara alami terbaik yang bisa kamu aplikasikan:

  1. Gunakan produk perawatan rambut dengan bahan alami

Makin berkembangnya teknologi produk pada saat ini memberikan kemungkinan adanya produk perawatan rambut moderen yang memberikan efek negatif  pada rambut kamu. Maka dari itu, hindari produk kimia dan mulailah menggunakan produk perawatan rambut dengan bahan alami. Adapun bahan-bahan alami yang bisa digunakan adalah minyak zaitun, teh hijau, daun seledri, mangga, kuning telur, minyak kemiri, lidah buaya, kentang, bawang putih, bawang merah, santan, jahe, jeruk nipis, dan juga minyak lavender.

Adapun cara penggunaan bahan-bahan alami tersebut bisa digunakan sebagai masker rambut, sebagai minyak rambut, ataupun dikonsumsi dengan dijadikan jus ataupun secara langsung.

Atau kalau kamu ingin menggunakan produk perawatan rambut modern, pilihlah yang tetap menggunakan bahan-bahan alami. Lagipula sekarang ini, banyak tempat-tempat perawatan kecantikan yang menggabungkan antara pwerawatan modern dengan perawatan alami.

  1. Pilih bahan jilbab yang tepat

Penggunaan bahan hijab yang kurang tepat, merupakan salah satu penyebab timbulnya masalah rambut seperti ketombe dan juga rambut rontok. Sehingga untuk mengurangi resiko masalah rambut gunakanlah hijab dengan bahan yang mudah menyerap keringat, dan juga memberikan celah untuk sirkulasi udara lebih lancar.

Rekomendasi bahan hijab yang disarankan adalah bahan kaos atau katun. Namun, jika kamu ingin berkreasi dalam berhijab, disarankan tidak lebih dari 4 helai rangkapan jilbab. Selain itu, hindari pemakaiaan hijab dengan warna gelap saat beraktivitas dibawah sinar matahari secara langsung. Sebab warna yang gelap cenderung menyebabkan rambut kepala jadi makin cepat panas dan berkeringat.

Baca Juga : Perkembangan Trend Hijab Di Indonesia Dari Dahulu Hingga Sekarang
  1. Hindari memakai jilbab saat rambut basah

Pemakaiaan hijab secara langsung setelah keramas (dalam kondisi rambut basah) tanpa ada usaha mengeringkan rambut terlebih dahulu, akan menjadikan rambut menjadi bertambah lepek dan juga bau. Sehingga resiko kerusakan rambut makin bertambah.

Jika kamu dalam situasi terburu-buru, kamu bisa mengeringkan rambut kamu terlebih dahulu dengan hair dryer ataupun dengan kipas angin. Pokoknya, biarkan rambut kamu kering terlebih dahulu sebelum kamu membungkusnya dengan hijab.

  1. Terapkan pola hidup sehat

Dari sekian banyak aktivitas yang kita lakukan tentu memberikan efek yang berbeda-beda untuk setiap aktivitas tersebut. Pola hidup yang akan memberikan efek positif pada kesehatan tubuh adalah pola hidup yang sehat.

Pola hidup sehat yang bisa diterapkan untuk mencegah kerontokan rambut akibat berhijab adalah dengan rajin dalam merawat rambut seperti rajin keramas, rajin menggunakan serum rambut ataupun vitamin rambut. Selain itu juga perlu adanya istirahat untuk rambut kamu.

  1. Hindari mengikat rambut terlalu kencang

Rambut kita memiliki struktur yang kuat jika kita rawat dengan maksimal. Untuk menghindari kerontokan rambut maka hindari kegiatan mengikat rambut secara kencang karena dapat mengakibatkan rambut patah dan juga rontok.

Sedikit tips dan cara mengatasi rambut rontok bagi wanita berhijab secara alami di atas semoga bisa memberikan sedikit wawasan buat kamu. Terima kasih.

Baca Juga : Perkembangan Hijab Dari Sebagai Indentitas Sampai Menjadi Trend Fashion

Baca Juga : 7 Perawatan Rambut Kering dan Bercabang Paling Sederhana