Berbicara mengenai perkembangan trend hijab di Indonesia tak bisa lepas dari sejarah keberadaan hijab di Indenesia. Secara bahasa, hijab merupakan serapan dari bahasa arab yang secara harfiah berarti penutup kepala atau tabir. Dan sampai saat ini, pengguna hijab di Indenesia terus berkembang jumlahnya.

Bahkan jika dahulu wanita yang mengenakan hijab dipandang kuno, kini tak lagi. Malah banyak perempuan modern yang senang mengenakan hijab. Adanya berbagai model hijab, membuat beberapa wanita tampil lebih cantik, anggun dan lebih modis. Tentu berbeda dengan jaman dahulu. Dulu, perempuan yang berhijab terkesan sangat kuno dan fanatik.

Perkembangan Trend Hijab di Indonesia

Nah, karena banyaknya pengguna hijab di tanah air sekaligus kini hijab banyak diminati oleh para perempuan. Tentu menarik mengetahui bagaimana sebenarnya perkembangan trend fashion hijab di tanah air. Apakah sebatas untuk menjalankan nilai-nilai agama atau yang lainya?

  1. Trend Hijab Di Tahun 80an

Abad ke 7, bisa dikatakan sebagai abad dimana hijab pertama kali di kenal. Saat itu, orang lebih mengenal dengan istilah kerudung atau jilbab. Walaupun sampai saat ini juga masih ada yang membedakan apa itu hijab, jilbab dan kerudung. Meski secara umum pandanganya sama.

Kalau dilihat dari koteks agama, berhijab berarti mengenakan penutup kepala yang menjulur sampai ke dada. Sehingga orang jaman dahulu mengganggap bahwa perempuan yang mengenakal jilbab adalah perempuan yang kuno dan fanatik. Hal ini terjadi terutama pada abad ke 19, dimana hijab lebih diartikan sebagai identitas pemakainya. Tidak sebatas teknisnya saja.

Pada saat itu, trend hijab yang dikenakan masih sangat sederhana. Yang terpenting memenuhi syarat dikatakan sebagai hijab syar’i. Yakni mampu menutup kepala hingga ke dada. Walaupun tidak ada larangan untuk mengkreasikan hijab. Tapi tampaknya masih belum terjadi banyak kreasi seperti sekarang.

Baca Juga : 5 Pilihan Model Hijab Cantik dan Simple Tanpa Ribet

Baca Juga : 7 Langkah Mudah Cara Hijab Gaya Turban
  1. Hijab Di Tahun 90an

Secara perlahan, anggapan negatif tentang berhijab mulai hilang. Perlahan hijab diterima oleh masyarakat sebagai bagian dari trend fashion. Sehingga saat tahun ke 90 an hijab sudah banyak mengalami perkembangan.

Secara umum, telah banyak bentuk dan model-model hijab yang dikenakan oleh perempuan muslim. Walaupun pada tahun ini, masih ada anggapan pula bahwa yang berhijab hanyalah perempuan muslim yang sangat alim.

  1. Hijab di tahun 2000an

Pada tahun ini, hijab sudah diterima sebagai bagian dari trend fashion. Sudah banyak sekali model jilbab yang bisa kita pilih. Dan rata-rata menunjang untuk kita berpenampilan makin cantik, modis dan modern. Sehingga saat ini, kesan hijab yang kuno dan fanatik sudah tidak lagi ada.

Pada tahun ini, model jilbab yang sering menjadi pilihan adalah segi empat, segi tiga dan juga jilbab instan (praktis). Meski demikian, ada juga beberapa bentuk lain:

  • Jilbab Lengan. Model jilbab ini di desain seperti model baju yang cocok dipadupadankan dengan dalaman baju lengan pendek.
  • Jilbab Bergo. Hijab jenis ini adalah hijab yang langsung pakai disertai tali dan aksesoris lainya. Kesanya sangat trendi dan cantik.
  • Jilbab Hoodies atau Jilbab Lilit.
  • Jilbab Segi Empat dan Pashmina. Jilbab ini paling banyak diminati hingga saat ini. Sebab model ini sangat mudah untuk dikreasikan.
  • Jilbab Panjang. Hijab inilah yang kerap disebut sebagai hijab syar’i.
  1. Trend Hijab di Indonesia saat ini

Salah satu gaya berhijab saat ini yang sedang trend adalah Outfit of the Day atau OOTD. Gaya berhijab ini memberikan kebebasan pengguna untuk mix and match model hijab yang sesuai dengan keinginannya. Model ini banyak disukai karena para wanita muslimah ingin tampil up to date dan stylist meski tetap menggunakan hijab. Perkembangan kedepan, hijab akan semakin minimalis dan makin gampang untuk digunakan.

Baca Juga : Perkembangan Hijab Dari Sebagai Indentitas Sampai Menjadi Trend Fashion