Sebagai mahkota bagi wanita, perawatan rambut kering dan bercabang mutlak dilakukan bila rambut memiliki masalah itu. Masalah-masalah rambut kering dan bercabang membuat banyak wanita menjadi kurang percaya diri dan merusak penampilan. Terlebih bagi wanita yang tak mengenakan kerudung.

Perawatan rambut kering dan bercabang

Kita pasti tahu, bahwa rambut yang bercabang pasti terjadi di ujung rambut, hal ini karena pada bagian ujung rambut cenderung lebih kering jika dibandingkan dengan bagian yang berada dipangkal rambut dan menempel di kulit kepala. Pada awalnya, rambut kering dan bercabang sebenarnya diakibatkan oleh adanya kekurangan nutrisi, sering keramas, penggunaan zat kimia dan pengering yang berlebihan pada rambut atau bisa juga karena rambut yang terlalu panjang. Dengan demikian berikut merupakan cara perawatan rambut kering dan bercabang yang paling sederhana:

  1. Dengan menggunakan minyak zaitun

Minyak zaitun dapat mengatasi masalah rambut yang kering dan bercabang karena kandungan zat yang dimiliki. Hal ini bahkan sudah dipercaya sejak jaman dahulu kala. Cara penggunaannya juga cukup mudah, cukup oleskan saja minyak zaitun ke seluruh rambut sesaat sebelum keramas. Tunggu hingga 5 menit baru kemudian kramas seperti biasa.

  1. Campuran alpukat dan minyak zaitun

Kalau mau lebih lengkap lagi, kita bisa menambah minyak zaitun dengan alpukat. Selain baik untuk kulit alpukat ternyata juga baik untuk rambut. Caranya juga cukup mudah, haluskan 1 buah alpukat lalu campur dengan seperempat sendok minyak zaitun. Aduk hingga rata dan oleskan ke seluruh rambut tunggu selama 30 menit dan bilas dengan air bersih.

  1. Dengan menggunakan lidah buaya

Lidah buaya dipercaya dapat menjaga kesehatan rambut, selain mudah penggunaannya lidah buaya juga mudah dicari di sekitar rumah. Apalagi kalau kita memang memiliki kebun obat di rumah. Kandungan zat yang terdapat dalam lidah buaya dibuktikan dengan banyaknya produk untuk perawatan rambut seperti shampoo, condisioner, dan vitamin rambut yang berasal dari ekstrak lidah buaya. Cara penggunaan lidah buaya secara langsung adalah ambil tengah dari lidah buaya yang berbentuk seperti gel lalu oleskan atau gunakan untuk shampoo diamkan 15 menit dan bilas. Selain bagus untuk rambut ternyata lidah buaya dapat menghilangkan flek hitam bekas jerawat.

  1. Pilih shampoo atau produk perawatan rambut yang sesuai

Pilih yang sesuai dengan jenis rambut masing-masing, tidak perlu khawatir dengan hal ini karena sekarang shampoo maupun produk perawatan rambut yang lain banyak yang berasal dari ekstrak alami misalnya pepaya, orang aring dan lidah buaya yang bagus untuk rambut. Ketika menggunakan shampoo lengkapilah dengan penggunaan kondisioner agar hasilnya lebih maksimal dan seminggu sekali beri vitamin rambut agar rambut tetap sehat.

  1. Menggunakan masker rambut alami

Hal ini dapat meningkatkan kualitas rambut dan menciptakan kelembaban pada rambut sehingga rambut tidak kering dan bercabang. Memakai masker rambut dapat dilakukan sendiri di rumah dan lebih baik dilakukan dimalam hari agar hasilnya lebih maksimal.

  1. Hindari sinar matahari secara langsung

Hal ini akan sering dialami okh seseorang yang sering bepergian ke luar misalnya bekerja, traveling dan tujuan lainnya. Sebaiknya ketika bepergian yang terkena langsung sinar matahari gunakan penutup kepala. Bagi yang berjilbab menggunakan jilbab merupakan alternatif yang dapat diambil sedangkan yang tidak berjilbab dapat menggunakan topi, payung dan lain-lain.

  1. Lakukan pemotongan secara rutin

Rambut bagian ujung harus sering dipotong karena jika tidak akan mempermudah rambut bercabang dan akan memperparah kerusakan rambut selain itu pula jika tidak dirapikan dengan cara dipotong maka akan terlihat membosankan dan kurang rapi. Ketika memotong rambut bisa memilih berbagai gaya misalnya emo, rambut pendek biasa, buncis dan lain-lain.

Masalah rambut kering dan bercabang bakal lebih banyak dialami kita yang banyak melakukan aktivitas langsung di bawah sinar matahari. Jadi pastikan gunakan penutup kepala ya untuk menjaga kesehatan rambut.

Baca Juga : Ini Cara Merawat Rambut Sesuai Denga Jenisnya Dengan Tepat

Baca Juga : Perawatan Rambut Rontok Pasca Melahirkan