Rambut rontok menjadi permasalahan yang sering terjadi pada hampir semua orang, terutama wanita. Biasanya kerontokan rambut disebabkan oleh berbagai faktor. Beberapa diantaranya seperti efek samping penggunaan obat, alopesia, malas keramas, kebiasaan mengikat rambut terlalu kencang. Juga bisa disebabkan oleh kondisi pikiran stress, kurangnya makan makanan bernutrisi, serta masih banyak faktor lainnya.

Mengatasi Rambut Rontok Yang Berlebihan

Sebenarnya wajar jika seseorang mengalami rambut rontok asalkan tidak berlebihan. Namun jika kerontokan rambut dibiarkan lalu menyebabkan rambut rontok yang berlebihan maka bisa menimbulkan masalah kebotakan. Bukankah jika kamu mengalami kebotakan, rasa percaya diri kamu dalam berpenampilan akan menurun drastis?. Nah ada baiknya, kamu mulai mencari cara untuk mengatasi rambut rontok yang berlebihan. Berikut ini terdapat tips mengatasi rambut rontok yang berlebihan:

  1. Mengatasi rambut rontok berlebihan dengan lidah buaya

Tanaman lidah buaya memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan rambut. Kandungan vitamin dan mineral di dalamnya mampu mengatasi rambut rontok berlebihan dan membuat rambut tumbuh subur pula. Kamu hanya perlu mengupas lidah buaya dan mengambil gel nya. Selanjutnya gunakan gel lidah buaya tersebut untuk keramas sebagai pengganti shampoo. Ulangi penggunaan lidah buaya beberapa kali. Lakukan rutin selama satu minggu. Selain akan memperkuat akar rambut, lidah buaya juga akan membuat rambut jadi semakin hitam berkilau.

Baca Juga : 6 Bentuk Perawatan Rambut Rontok dan Berketombe Lengkap Dengan Caranya

Baca Juga : Beberapa Obat Alami Perawatan Rambut Rontok dan Cara Pemakaiannya
  1. Mengatasi rambut rontok berlebihan dengan daun seledri

Daun seledri memiliki kandungan vitamin dan mineral yang bagus untuk kesehatan rambut. Di dalamnya terkandung vitamin A, vitamin B,  zat besi, dan natrium yang baik untuk nutrisi rambut dan menstimulus pertumbuhan rambut menjadi subur. Selain itu daun seledri juga bisa membuat rambut lebih berkilau dan kuat sehingga tidak mudah rontok. Caranya pengaplikasiannya hampir sama dengan lidah buaya. Kamu cukup menghaluskan daun seledri, lalu gunakan sebagai pengganti shampoo setiap kali keramas.

  1. Mengatasi rambut rontok berlebihan dengan rimpang jahe

Rimpang jahe biasanya untuk kesehatan tubuh. Namun sebenarnya rimpang jahe juga bisa mengatasi masalah rambut rontok berlebihan. Akan tetapi belum banyak yang mengetahuinya. Pertama kamu kupas dan bersihkan rimpang jahe. Lalu haluskan rimpang jahe dan bawang putih. Selanjutnya oleskan campuran tadi ke seluruh bagian rambut. Diamkan beberapa saat dan bilas sampai bersih dengan air bersih. Dijamin setelahnya rambutmu akan terhindar dari kerontokan berlebihan.

  1. Mengatasi rambut rontok berlebihan dengan teh hijau

The hijau mengandung anti oksidan yang tinggi yang baik untuk kesehatan rambut. Tidak heran jika teh hijau digunakan sebagai obat rambut rontok. Selain mampu mengatasi rambut rontok, teh hijau juga membantu menyuburkan pertumbuhan rambut. Cara untuk mengatasi rambut rontok dengan teh hijau sangat mudah. Siapkan dua buah kantong teh hijau lalu seduh dengan air hangat. Selanjutnya oleskan seduhan teh hijau ke seluruh bagian rambut secara merata. Kemudian diamkan selama satu jam. Baru setelahnya bilas dengan air bersih.

Baca Juga : Ada 7 Hal Sederhana Yang Bisa Mengatasi Rambut Rontok Pada Pria

Baca Juga : Ternyata 6 Bahan Ini Ampuh Mengatasi Rambut Rontok Pada Wanita
  1. Mengatasi rambut rontok berlebihan menggunakan campuran bawang putih, bawang merah dan jahe

Ketiga bahan tersebut mampu mengatasi rambut rontok berlebihan. Caranya masukkan ketiga bahan tersebut dalam blender. Lalu blender hingga halus seperti jus. Kemudian balurkan jus tadi ke bagian rambut yang mengalami kerontokan. Diamkan selama semalaman. Baru keesokan harinya bilas rambut dengan air bersih. Setelahnya bisa kamu susul dengan keramas untuk menghilangkan aroma bawang yang menyengat.

Nah ada baiknya, mengatasi rambut rontok yang berlebihan juga kamu barengi dengan kebiasaan baik menjaga kesehatan rambut. Misalnya mengenakan penutup kepala ketika di bawah sinar matahari langsung.