Masalah rambut rontok tidak hanya dialami oleh kaum wanita saja. Melainkan kaum pria juga mengalami rambut rontok. Namun terkadang rambut rontok pada kaum pria tidak terlihat karena potongan rambut mereka yang pendek. Hal ini menjadikan seakan-akan kaum pria tidak mengalami rambut rontok. Karena hal ini banyak dari para pria tidak menyadarinya.

Padahal apabila masalah rambut rontok ini dibiarkan saja akan menyebabkan permasalah rambut yang lebih serius. Sebagai contohnya adalah kebotakan. Oleh karena itu agar tidak botak, kamu harus mencari tahu tips dan trik untuk mengatasi rambut rontok pada pria. Ada beberapa tips dan trik untuk mengatasi rambut rontok pada pria yang patut kamu coba.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Pada Pria

Secara umum, penyebab rambut rontok yang dialami oleh pria sama dengan wanita. bisa karena berkurangnya nutrisi rambut, terlalu banyak pikiran, kondisi rambut kepala kotor dan lain sebagainya. Untuk mengatasi rambut rontok pad pria, kamu bisa lakukan beberapa hal berikut:

  1. Mengurangi konsumsi makanan cepat saji

Makanan cepat saji atau junk food tidak bagus untuk kesehatan tubuh. Tapi tahukah kamu kalau makanan cepat saji juga tidak baik untuk kesehatan rambut? Sehingga kamu perlu mengurangi konsumsi makanan cepat saji. Pasalnya makanan cepat saji tersebut tidak cukup mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh yang juga berimpas ke rambut. Makanan cepat saji hanya menyebabkan kenyang, tapi sama sekali tidak sehat.

Baca Juga : Ternyata 6 Bahan Ini Ampuh Mengatasi Rambut Rontok Pada Wanita

Baca Juga : 7 Cara Melakukan Perawatan Rambut Kering Cowok Dengan Mudah dan Sederhana
  1. Memperbanyak konsumsi makanan bernutrisi

Sebaiknya kamu memperbanyak konsumsi makanan bernutrisi. Makanlah sayuran dan buah-buahan yang mengandung vitamin dan mineral yang bagus untuk nutrisi rambut. Konsumsi pula makanan tinggi protein agar pertumbuhan rambutmu tidak terhambat dan sehat. Apabila rambut tidak tumbuh sehat maka terjadi rambut rontok.

  1. Hindari menyisir rambut saat kondisi basah

Rambut dalam kondisi basah lebih rapuh. Jadi hindari menyisir rambut saat kondisi masih basah. Sebaiknya tunggu rambut hingga mengering, baru disisir. Meskipun memang menyisir rambut saat basah lebih mudah, so pasti banyak diantara kita yang melakukan kebiasaan yang satu ini.

  1. Penggunaan sisir yang sesuai saat menyisir

Penggunaan sisir yang sesuai saat menyisir juga dapat mengatasi rambut rontok. Kamu bisa menggunakan sisir bergigi jarang ketika rambutmu kusut. Dan menggunakan sisir biasa untuk merapikan rambut. Sebaiknya, jangan gunakan sisir yang terlalu rapat yang menyebabkan rambut tertarik ketika kamu menyisir.

  1. Cara pengeringan rambut basah

Cara pengeringan rambut basah juga berpengaruh dalam mengatasi rambut rontok. Sebaiknya kamu mengeringkan rambut dengan menepuk-nepuk rambut secara pelan dengan handuk halus. Jika kamu mengeringkan rambut dengan gosokan handuk kasar secara keras akan menyebabkan rambut mudah rontok.

  1. Rajin membersihkan sisir

Ada baiknya kamu rajin membersihkan sisir, misalnya seminggu sekali. Bersihkan sisir dengan cara menyikatnya dengan sabun dan bilas dengan air bersih. Sisir yang kotor akan menjadi sarang bakteri yang dapat menginfeksi kulit kepala. Hal ini akan membuat rambutmu menjadi tidak sehat dan mudah mengalami kerontokan.

Baca Juga : 7 Tips Perawatan Tubuh Cowok Yang Dapat Kamu Lakukan Agar Tampil Maksimal

Baca Juga : 5 Cara Perawatan Kulit Wajah Wanita dan Pria Secara Alami
  1. Menggunakan shampoo yang ringan

Sebaiknya kamu menggunakan shampoo yang ringan. Shampoo yang bebas sulfat, bebas silikon dan paraben agar kulit kepalamu tidak sterkontaminasi bahan kimia berlebihan dan mencegah kerontokan parah. Kandungan paraben pada shampoo menyebabkan kerusakan pada rambut. Selain itu frekuensi berkeramas juga mempengaruhi tingkat kerontokan. Semakin jarang berkeramas maka kamu akan berketombe dan potensi kerontokan semakin tinggi. Jadi kamu harus berkeramas dua-tiga hari sekali.