Rambut rontok dan berketombe merupakan permasalah rambut yang pasti akan dikeluhkan oleh siapa saja yang mengalaminya. Nah, tahukah kamu kalau sebenarnya antara ketombe dan rambut rontok itu saling berkaitan? Ketika kita menggaruk kulit kepala karena gatal ketombe akan melemahkan akar rambut sehingga menyebabkan kerontokan di lain hari. Maka dari itu, kita memerlukan perawatan rambut dari awal sebelum rambut rontok semakin parah.

Perawatan Rambut Rontok Dan Berketombe

Ada beberapa cara perawatan rambut untuk mengatasi rambut rontok dan berketombe. Baik cara modern maupun cara alami atau tradisional. Nah, berikut ini perawatan rambut rontok dan berketombe yang telah dirangkum untuk kamu:

  1. Menggunakan vitamin untuk rambut rontok

Terdapat beberapa bahan alami yang dapat digunakan sebagai vitamin rambut rontok dan berketombe. Pemberian vitamin dan nutrisi ini dapat mengatasi rambut rontok dan berketombe sekaligus mencegah kebotakan di masa depan. Kamu bisa menggunakan buah strawberry sebagai vitamin rambutmu. Karena strawberry mengandung vitamin dan zat yang baik untuk kesehatan rambut. Atau kalau tidak, datanglah ke apotek dan minta vitamin rambut untuk mengatasi kerontokan dan ketombe.

Kalau untuk bahan alami, kamu bisa menggunakan lidah buaya. Cukup kamu ambil batang lidah buaya., kupas dan ambil dagingnya. Lalu oleskan saja pada rambut kepala kamu. lakukan secara rutin selama seminggu dan ulangi beberapa kali pemakaian.

Baca Juga : Beberapa Obat Alami Perawatan Rambut Rontok dan Cara Pemakaiannya

Baca Juga : Ternyata 6 Bahan Ini Ampuh Mengatasi Rambut Rontok Pada Wanita
  1. Menggunakan shampoo dengan pH rendah dan kondisioner

Menggunakan shampoo dengan pH rendah dapat mengurangi tingkat kerontokan yang meningkat. Tambahkan penggunaan kondisioner pada ujung rambut sehingga mengurangi kerontokan rambut juga. Shampoo dengan pH rendah bisa kamu dapatkan di apotek, silakan datang dan belilah shampoo dengan pH rendah. Kalau tidak keramas, sebaiknya jangan siram rambut.

  1. Menggunakan air dingin saat berkeramas

Keramas menggunakan air dingin lebih baik dibanding menggunakan air panas. Pasalnya air dingin mampu mengkuatkan rambut. Pastikan saat berkeramas, kuku tanganmu jangan keras menggosok kulit kepala. Hal ini akan menyebabkan luka dan kerontokan jika menggosoknya terlalu keras.

  1. Menghilangkan kebiasaan menggosok rambut setelah keramas

Kebiasaan menggosok rambut setelah keramas menggunakan handuk kasar adalah salah. Pasalnya kebiasaan tersebut membuat rambut menjadi lebih rontok. Karena kondisi rambut yang basah akan lebih rentan terhadap gesekan dan akan lebih mudah patah/rontok. Sebaiknya kamu bisa mengeringkan rambut dengan  cara menepuk-nepuk rambut secara perlahan.

  1. Menggunakan beberapa bahan alami

Kamu juga bisa menggunakan beberapa bahan alami untuk mengatasi kerontokan rambut dan ketombe. Misalnya bawang putih. Cara pengolahannya cukup mudah. Kamu hanya menyiapkan dua suing bawang putih yang telah dikupas. Lalu kamu blender hingga halus. Setelahnya balurkan ke seluruh bagian rambut secara merata.

Sambil kamu melakukan pemijatan ringan secara berulang. Diamkan selama 1 jam. Setelah ada 1 jam, oleskan minyak zaitun ke seluruh bagian rambut tanpa membersihkan baluran bawang putih tadi. Lalu bungkus kepalamu menggunakan handuk dan diamkan selama 6 jam. Selanjutnya kamu bisa keramas menggunakan shampoo dan tambah menggunakan kondisioner agar mendapatkan hasil maksimal.

Baca Juga : 6 Tips Mudah Melakukan Perawatan Rambut Kering dan Tebal Yang Mudah dan Sederhana

Baca Juga : Tips Cantik Rambut Pendek Ala Artis Korea Park Shin Hye dan Lainnya
  1. Rajin berkeramas setiap dua-tiga hari sekali

Kamu harus rajin berkeramas misalnya setiap dua-tiga hari sekali. Berkeramas bermanfaat untuk menghilangkan kotoran, debu, bakteri dan minyak. Sehingga rambut menjadi lebih bersih dan terhindar dari masalah kerontokan dan ketombe. Apabila kamu malas berkeramas maka kamu akan berketombe dan rambutmu menjadi rontok.

Itulah beberapa bentuk perawatan rambut rontok dan berketombe yang bisa kamu lakukan lengkap dengan caranya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share artikel ini.