Sebagai solusi permasalahn kecantikan, perempuan dapat melakukan perawatan tubuh setelah melahirkan secara tradisional untuk mengembalikan kondisi tubuhnya menjadi cantik kembali. Jadi kamu yang baru saja melahirkan, tenang saja, kamu masih bisa mengembalikan bentuk tubuh maupun berat badan kamu seperti sedia kala. Termasuk juga menghilangkan berbagai persoalan pasca melahirkan. Kamu bisa melakukan apa yang artis cantik ola ramlan lakukan pasca melahirkan sehingga tetap terlihat cantik.

Cara Melakukan Perawatan Tubuh Setelah Melahirkan Pasca Melahirkan

Ketika mengandung, hal yang tak bisa dihindari adalah kenaikan berat badan. Kenaikan berat badan mengikuti masa kehamilan. Semakin lama maka jumlah kenaikan berat badan semakin banyak. Hal ini karena saat mengandung, ibu membutuhkan jumlah asupan lebih banyak ketimbang biasanya. Maka tak mengherankan, setelah melahirkan pasti tubuh terlihat tidak ideal.

Tapi tenang saja, banyak cara yang bisa kita lakukan agar tubuh kembali ideal termasuk juga menghilangkan beberapa permasalahan lain pasca melahirkan. Bahkan cara berikut terkenal sejak lama sebagai cara tradisional:

  1. Mamakai Gurita Atau Stagen Bisa Kecilkan Perut Kamu

Cara ini sudah digunakan sejak zaman nenek moyang, selain sudah terbukti manfaatnya caranya juga cukup mudah dilakukan. Menggunakan Gurita, stagen atau korset sangat bermanfaat untuk mengencangkan bagian perut dan mengembalikan ke bentuk semula, karena setelah melahirkan biasanya perut akan kendur dan melebar.

Walaupun untuk posisi tertentu menggunakan gurita atau stagen kurang nyaman namun cara ini memberikan hasil yang maksimal untuk mengembalikan perut tanpa harus mengeluarkan banyak uang, asalkan sabar pasti akan cepat kembali seperti semula.

Tapi perlu diingat, bagi wanita yang melahirkan dengan cara caesar, jangan buru-buru untuk menggunakan stagen atau gurita. Tunggu sampai jahitan mengering terlebih dahulu, kira-kira satu minggu.

  1. Minum Jamu Bisa Melangsingkan

Sama halnya stagen atau gurita, jamu juga sudah dikenal sejak zaman dahulu dan tetap eksis di hingga sekarang. Banyak jamu yang dapat dikonsumsi pasca melahirkan seperti halya kunir asem yang memberikan khasiat dapat melangsingkan tubuh dan menyehatkan serta baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Selain di konsumsi setelah melahirkan, kunir asem juga bagus dikonsumsi sebelum melahirkan.

  1. Konsumsi Buah Dan Sayur Buat Tubuh Lebih Sehat

Pilih buah dan sayur yang mengandung vitamin C, E serta kolagen karena ketiga kandungan tersebut dapat membantu mengencangkan kulit tubuh pasca melahirkan. Kandungan tersebut juga bisa membuat tubuh lebih sehat. Sayur brokoli, buah apel dan kiwi misalnya, ketiganya mengandung antioksidan yang bagus untuk kulit. Bahkan ketiganya juga bisa mengatasi selulit atau stretch mark.

  1. Pakai Lulur Badan Untuk Hilangkan Stretch Mark

Selain bisa kamu pakai kapanpun, lulur juga bagus bila kamu gunakan setelah melahirkan terutama jika menggunakan lulur tradisional atau dalam bahasa jawa sering disebut dengan parem. Jika tidak suka dengan parem yang memiliki bau khas dapat memilih lulur dengan bahan dasar bengkoang atau lidah buaya. Karena keduanya mampu mengencangkan kulit dan membantu menghilangkan stretch mark di kulit.

  1. Konsumsi Air Putih Secukupnya Biar Terlihat fresh

Sudah terbukti jika air putih memiliki khasiat yang sangat banyak. Salah satunya dapat membantu melembabkan kulit kamu, sehingga kulit tidak kusam dan juga kering. Air putih juga akan menjaga penampilan kamu tetap terlihat fresh. Selain itu, mengkonsumsi air putih secukupnya juga penting untuk kelancaran ASI kamu.

  1. Berendam

Selain memberi efek relaksasi, berendam dengan campuran minyak zaitun, atau minyak rosemary atau lainya, berguna untuk mengembalikan elastisitas kulit terutama pada area perut yang mengalami stretch mark. Sesekali lakukan pemijatan pada area perut dan paha serta tumit ketika berendam. Manfaat lain berendam dengan berbagai ramuan itu adalah dapat membuat kamu merasa lebih fresh dan tenang sehingga akan berdampak baik buat asi kamu.

  1. Pijat dan totok darah untuk percepat perbaikan jaringan kulit

Lakukan pemijatan dan totok darah dengan penekanan yang lembut dan dikombinasikan dengan olahraga ringan seperti senam secara rutin dipercaya dapat mengembalikan elastisitas jaringan kulit sehingga akan mempercepat proses perbaikan jaringan kulit.

Nah itulah 7 cara perawatan tubuh setelah melahirkan secara tradisional yang bisa mengatasi berbagai persoalan kecantikan pasca melahirkan. Kalau ada yang cocok menurut kamu, silakan lakukan saja.

Baca Juga : Perawatan Tubuh Pada Zaman Dahulu dan Tips-Tipsnya

Baca Juga : Untuk Kebaikan, Lakukan 6 Perawatan Tubuh Ketika Hamil

Baca Juga : 5 Bentuk Perawatan Tubuh Agar Cepat Gemuk Tetapi Tetap Sehat