Perawatan tubuh ketika hamil penting untuk dilakukan. Mengingtat ketika hamil tubuh pasti mengalami banyak perubahan. Yang paling sederhana adalah perubahan dari tidak hamil menjadi hamil. Perubahan ini, juga akan diikuti dengan perubahan lain seperti perubahan berat badan, mood dan juga kondisi pikiran.

Wanita hamil akan lebih menghasilkan hormon tertentu yang akan mempengaruhi aura positif seorang ibu. Ada yang percaya kondisi ini akan membuat seorang perempuan terlihat jauh lebih cantik, tapi ada juga yang percaya sebaliknya. Apapun yang kita percayai, kondisi perut yang semakin membesar, pastinya akan sedikit mengurangi keanggunan seorang wanita jika dia kurang merawat diri.

Perawatan Tubuh Ketika Hamil

Selain kondisi tubuh yang berubah menjadi tidak seproporsional saat sebelum hamil, kodisi pikiran juga berubah. Wanita hamil sangat sensitif terhadap segala hal. Untuk itu, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan selama masa hamil. Terutama untuk merawat tubuh dan pikiran:

  1. Istirahat yang Cukup

Seorang wanita hamil baiknya istirahat sekitar 8 jam pada malam hari dan kurang lebih 1 jam pada siang hari. Hal ini dimaksudkan agar pikiran dan tenaga sang ibu hamil bisa fresh dan tidak mudah lelah. Sesekali untuk mengurangi rasa pegal, dianjurkan untuk melakukan gerakan-gerakan kecil seperti jalan-jalan. Tidak baik juga jika wanita hamil terlalu berlebihan soal porsi tidur, sebab hanya akan menyebabkan mood menjadi semakin buruk.

Baca Juga : Tips Cantik Ke Sekolah SMA : Cukup Dandan Sederhana Saja

Baca Juga : Mengatasi Rambut Rontok Karena Gen 
  1. Tidak melakukan pekerjaan berat

Wanita hamil pada umumnya sering mengalami kelelahan dan anemia, sehingga alangkah baiknya tidak melakukan kegiatan yang berlebihan yang bisa menguras tenaga sang calon ibu. Jika terlalu lelah bekerja ibu hamil bisa pingsan dan tentunya hal tersebut akan membahayakan bagi si jabang bayi. Banyak melakukan pekerjaan berat saat usia kehamilan muda dapat mengakibatkan abortus atau keguguran. Tapi bukan berarti wanitahamil di larang melakukan aktivitas, malah lebih baik jika memiliki aktivitas. Hanya porsinya saja yang disesuaikan dengan masa kehamilan.

  1. Olahraga yang teratur

Melakukan olahraga secara teratur perlu dilakukan oleh wanita hamil. Olahraga yang dimaksud di sini bukan olahraga yang melibatkan seluruh fisik bergerak. Dewasa ini, olahraga yang digemari para wanita hamil ialah yoga khusus bagi ibu hamil. Selain membuat fit dan merefresh pikiran, olahraga yoga juga mampu menghilangkan rasa stress yang pastinya kerap muncul pada ibu hamil. Untuk lebih tepatnya jenis olahraga apa yang paling tepat, kta bisa tanyakan ke dokter kandungan kita. biasanya bakal disesuaikan dengan masa kehamilan.

  1. Aktif melakukan perawatan tubuh

Umumnya, wanita hamil kurang memperhatikan penampilan dengan dalih tidak sempat atau terlalu merepotkan. Namun sebenarnya, melakukan perawatan tubuh sangat penting bagi ibu hamil. Penampilan Wanita hamil yang tidak biasa cukup bisa mengundang hormon-hormon yang dapat menghilangkan aura cantik seorang wanita, maka dari itu, tidak ada salahnya melakukan perawatan tubuh seperti memakai lulur, mandi teratur, memakai lotion, dan lain sebagainya. Hal ini juga bertujuan untuk tetap menjaga kecantikan pasca melahirkan.

  1. Mengkonsumsi makanan yang bergizi dan seimbang

Wanita hamil sangat dianjurkan memperhatikan pola makannya. Makanlah makanan yang bergizi dan seimbang agar badan tetap sehat dan kuat. Kondisi bugar seorang ibu juga bisa berpengaruh positif terhadap janin. Memperbanyak memakan buah juga sangat bermanfaat bagi ibu hamil. Apa yang tepat untuk di konsumsi wanita hamil biasanya sesuai dengan berat badan.

  1. Menjaga kebersihan diri

Menjaga kebersihan diri bisa dimulai dari cara berpakaian. Wanita hamil dianjurkan untuk selalu memakai pakaian bersih dan nyaman digunakan. Tidak dianjurkan memakai pakaian ketat yang malah membuat ketidaknyamanan saat dipakai. Jangan lupa pula untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut agar badan bisa bersih dan nyaman setiap hari.

Beberapa bentuk perawatan tubuh ketika hamil di atas, ada baiknya jika diimbangi juga dengan kondisi pikiran. Jagalah pikiran untuk selalu berfikir positif. Ingat kesehatan janin sangat ditentukan oleh kondisi pikiran sang ibu.

Baca Juga : Perawatan Tubuh dan Tips-Tipsnya