Di masa kehamilan trimester akhir sampai pasca persalinan, biasanya perempuan akan mengalami rambut rontok. Penyebabnya adalah hormon yang tidak stabil, membuat produksi minyak berlebih pada kulit kepala. Kondisi ini membuat rambut lepek, rapuh dan mengalami kerontokan.

Mengatasi Rambut Rontok Pada Ibu Hamil

Tapi tenang saja, semua masalah ada solusinya. Tak terkecuali mengatasi rambut rontok pada ibu hamil trimester akhir. Berikut ini adalah 7 cara paling aman yang dapat dilakukan oleh ibu hamil untuk mengatasi rambut rontok:

  1. Hindari Makanan Berlemak

Makanan berlemak menjadi penyebab utama produksi minyak pada tubuh manusia. Saat hamil hendaknya hindari makanan berlemak. Hal ini dapat meminimalisir meningkatnya produksi minyak pada kulit kepala, sehingga kulit kepala tidak lembab.

Baca Juga : 5 Cara Mengatasi Rambut Rontok Anak

Baca Juga : Bentuk dan Aturan Perawatan Tubuh Ibu Hamil Muda
  1. Biasakan Menggerai Rambut

Rambut yang tergerai akan lebih mudah dalam tumbuh kembangnya. Jika rambut diikat kencang, akar rambut dapat tertarik dengan perlahan. Kondisi ini dapat menyebabkan rambut rontok.

  1. Hindari Penggunaan Hairdyer

Setelah keramas, hindari menggunakan hairdyer untuk mengeringkan rambut. Penggunaan hairdyer dapat memperparah kerontokan rambut. Untuk mengeringkan rambut, anda bisa menggunakan handuk yang bertekstur lembut.  Rambut dalam keadaan basah akan lebih rentan mengalami kerontokan karena rapuh. Pada saat mengeringkan rambut dengan handuk, hendaknya lakukan gerakan secara pelan.

  1. Konsumsi Makanan yang Bergizi

Makanan yang bergizi dapat memberikan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Pada ibu hamil sangat penting untuk mengkonsumsi makanan bergizi. Untuk mengatasi rambut rontok anda bisa mengkonsumsi berbagai macam sayur dan buah-buahan. Sayur dan buah yang mempunyai kandungan flavonoid dan antioksidan sangat baik untuk menjaga kesehatan rambut. Selain dapat melindungi rambut agar tidak rontok, juga dapat menyuburkan pertumbuhan rambut.

  1. Masker Rambut Lidah Buaya

Lidah buaya atau aloevera adalah tumbuhan yang dikenal baik untuk rambut. Ibu hamil yang mengalami masalah rambut rontok dapat menggunakan lidah buaya. Enzim yang terdapat di dalam gel lidah buaya sangat bermanfaat. Enzim ini dibutuhkan untuk menjadi stimulator pada proses pertumbuhan rambut. Selain itu, asam amino yang ada pada lidah buaya mampu mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit kepala. Cara menggunakannya pun cukup mudah. Anda bisa mengambil sari berupa gel lidah buaya. Lalu balurkan secara merata pada rambut dan kulit kepala. Tunggu 15-20 menit, lalu bilas hingga bersih.

  1. Masker Yoghurt

 Yoghurt bisa menjadi masker alami untuk rambut. Kandungan asam folat, probiotik, dan mineral alami terdapat pada yoghurt. Selain bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, yoghurt mampu memperkuat rambut dari akarnya. Tidak hanya itu, nutrisi yang ada pada yoghurt bisa memperbaiki sel yang rusak. Untuk membuatnya anda bisa mencampurkan yaoghurt dengan madu seckupnya. Kemudian oleskan pada rambut dan kulit kepala sambil memijat ringan. Diamkan kurang lebih sampai  satu jam agar meresap.  Lalu bilas hingga bersih.

  1. Creambat dengan Alpukat

Alpukat adalah buah yang kaya akan kandungan protein. Seperti yang sudah diketahui, protein dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut. Perawatan rambut dengan alpukat bisa menjadi alternatif bagi anda. Selain mudah, juga tidak menimbulkan efek samping bagi ibu hamil. Untuk mengurangi mengurangi rambut rontok, anda bisa melakukan creambat dengan bahan dasar alpukat. Cara membuatnya, haluskan daging alpukat. Usapkan pada rambut dan kulit kepala dengan gerakan memijat lembut. Diamkan selama 20 menit. Setelah itu bilas hingga bersih.

Nah, beberapa cara mengatasi rambut rontok pada ibu hamil di trimester akhir di atas tentu mudah bukan untuk kita lakukan. Sambil menunggu masa persalinan, tak ada salahnya tetap merawat kesehatan rambut. Selamat mencoba.

Baca Juga : 7 Langkah Makeup Ibu Hamil Yang Minimalis dan Kece