Perawatan tubuh sah-sah saja dilakukan oleh siapa saja, termasuk perawatan tubuh ibu hamil muda. Sebab kecantikan adalah milik semua wanita. Tak terkecuali, wanita yang sedang hamil. Apalagi ada anggapan bahwa wanita yang sedang hamil justru terlihat jauh lebih cantik dan bercahaya, mungkin karena bawaan bayi yang sedang dikandung.

Perawatan Tubuh Ibu Hamil Muda

Walau demikian, bukan berarti wanita hamil tak butuh perawatan tubuh untuk menjaga kecantikanya. Ada beberapa bentuk perawatan tubuh yang bisa dilakukan oleh wanita hamil agar terlihat makin cantik. Tapi juga perlu diingat, secara medis ada beberapa perawatan tubuh maupun kecantikan yang tidak boleh dilakukan wanita yang saat hamil, beberapa perawatan tubuh yang salah akan berdampak pada bayi yang dikandung. Berikut beberapa bentuk perawatan tubuh yang aman khususnya bagi ibu hamil muda :

  1. Memakai krim kulit

Memang masih simpang siur soal keamanan menggunakan krim kulit saat masa hamil. Tetapi menurut penelitian, krim kulit aman digunakan selama masa hamil karena tidak akan masuk ke dalam aliran darah. Selain itu krim juga dapat mebantu wanita yang sedang hamil merasa bercahaya sepanjang hari. Walau demikian, beberapa wanita hamil lebih memilih untuk tidak menggunakan krim lotion untuk menghindari hal-hal buruk.

Baca Juga : Perawatan Tubuh Ketika Hamil
  1. Rajin berolahraga

Dengan melakukan olahraga secara rutin maka wanita yang sedang hamil akan lebih fresh dan lebih fit. Selain itu olahraga juga akan berdampak baik bagi kesehatan bayi dan dapat memperlancar aliran darah. Itulah yang menyebabkan banyak dibukanya tempat olahraga khusus ibu hamil.

Namun pilihlah olahraga yang dianjurkan oleh dokter maupun bidan, jangan melakukan olahraga yang tergolong berat karena akan berakibat buruk bagi keselamatan bayi. Untuk jenis olahraga yang sesuai dengan kondisi, ada baiknya kamu konsultasikan pada dokter kandungan kamu.

  1. Konsumsi buah dan sayur

Ketika hamil terutama pada saat hamil muda ada beberapa wanita yang nafsu makannya menurun karena sering mual dan pusing. Hal tersebut dapat disiasati dengan banyak mengkonsumsi buah dan sayur. Selain baik untuk bayi baik pula untuk kesehatan ibu, baik untuk kulit dan sang buah hati.

Terlebih, umumnya buah dan sayur tidak menyebabkan ibu hamil mual dan muntah. Sehingga efektif sebagai pengganti konsumsi makanan yang terbuang ketika muntah. Hanya saja perlu diingat, jangan mengkonsumsi satu jenis buah atau sayur tertentu saja, sebab akan menyebabkan kamu berlebihan kandungan tertentu. Misalnya wortel, jika kamu konsumsi berlebihan akan menyebabkan kulit kamu jadi terlihat kuning.

  1. Merawat agar kaki tidak bengkak

Pada masa kehamilan, biasanya wanita hamil akan rawan mengalami kaki bengkak. Untuk mengatasi masalah pembengkakan pada kaki tersebut, wanita hamil bisa menggunakan gel khusus untuk memijat kaki bengkak. Pilihlah gel yang mengandung menthol guna mendinginkan kaki dan membuat otot kaki menjadi lebih rileks. Biasakan untuk olahraga ringan misalnya dengan jalan-jalan kecil.

  1. Spa untuk wanita hamil

Selain olahraga khusus para wanita yang sedang hamil sekarang banyak pula terdapat tempat spa khusus wanita yang hamil. Tujuan awalnya spa hanya untuk relaksasi agar wanita yang sedang hamil dapat lebih fresh dan sang bayi dalam kandungan tetap sehat. Mengapa demikian? karena perkembangan janin tergantung dengan beban pikiran yang ditanggung oleh ibunya sehingga wanita yang sedang hamil sangat dianjurkan untuk tidak stress.

  1. Luluran

Terdapat lulur khusus untuk wanita yang sedang hamil yang fungsinya adalah untuk mengangkat sel-sel mati dan melembabkan kulit. Lulur tersebut bisa terbuat dari bahan alami yang dapat dibuat sendiri maupun yang sudah diekstrakkan.

  1. Melakukan prenatal massage atau pijat ibu hamil

Banyak manfaat yang diperoleh dengan melakukan pijat untuk wanita yang sedang hamil. Hal ini dapat dilakukan dengan pijatan yang ringan dengan penekanaan yang lembut. Manfaat yang dapat dirasakan setelah melakukan pijat untuk ibu hamil adalah mengurangi bengkak kaki, mengurangi stres, melancarkan peredaran darah, merangsang kolagen di kulit sehingga dapat menghindari stretch mark.

  1. Berendam

Berendam dapat menjadi bentuk perawatan tubuh ibu hamil muda yang bermanfaat untuk relaksasi. Suhu air yang ideal adalah 37 derajat Celcius atau hangat-hangat kuku. Suhu yang terlalu panas dapat merangsang terjadinya kontraksi. Hanya saja, lama berendam dibatasi cukup selama 10 menit. Tidak apa-apa jika ingin menambahkan bahan alami ke dalam air seperti menambahkan susu.

Baca Juga : Perawatan Tubuh Pada Zaman Dahulu dan Tips-Tipsnya