20 Cara Cepat Memanjangkan Rambut dengan Mudah

Memiliki rambut sehat dan panjang menjadi idaman kebanyakan wanita. Tetapi masalahnya memanjangkan model rambut wanita jenis apapun bukanlah perkara mudah, karena biasanya tidak mudah untuk melakukannya. Namun bagi Anda yang ingin tahu bagaimana cara cepat memanjangkan rambut, simak ulasan ini sampai akhir!

Cara Mudah Memanjangkan Rambut

American Academy of Dermatology menyatakan kalau rata-rata rambut tumbuh setengah inci atau 1,3 cm setiap bulannya. Namun Anda pastinya tidak sabar jika harus menunggu sampai berbulan-bulan untuk menunggu rambut menjadi panjang, bukan? Berikut ini cara cepat memanjangkan rambut dengan mudah:

  1. Memotong ujung rambut secara rutin

Cara cepat memanjangkan rambut yang pertama yaitu Anda bisa memotong dan merapikan ujungnya setiap 4 atau 5 minggu sekali. Dengan memotong ujung rambut secara rutin akan membantu menghilangkan ujung yang mengalami kerusakan atau bercabang yang membuat rambut jadi semakin lambat untuk memanjang.

  1. Tidak keramas terus menerus

Jika Anda ingin memanjangkan rambut dengan cepat, usahakan untuk tidak keramas setiap haris. Sebab, ketika Anda melakukan keramas setiap hari, sampo akan membuat minyak alami yang ada di rambut menghilang perlahan. Setidaknya, keramaslah 3 sampai 4 supaya pertumbuhan rambut Anda tetap sehat.

  1. Tidak mengeringkan rambut secara berlebihan

Membuat rambut menjadi cepat panjang bisa dilakukan dengan cara tidak mengeringkan rambut secara berlebihan. Ketika Anda menggunakan hair dryer, maka sebaiknya hindari untuk mengeringkan rambut sepenuhnya dan biarkan tetap terasa sedikit lembab. Sebab, ketika terlalu kering maka rambut jadi akan lebih mudah patah.

  1. Memakai kondisioner

Pada waktu Anda memakai kondisioner, maka oleskan secara meratas di bagian ujung rambut sebagai solusi mengatasi masalah rambut bercabang dan rambut Anda bisa tumbuh lebih sehat dan tidak mudah patah.

  1. Membilas dengan air dingin

Apabila Anda ingin rambut cepat panjang bisa langsung membilasnya dengan air dingin setelah selesai keramas, karena air dingin bisa membantu rambut Anda tumbuh lebih kuat dalam waktu yang lama. Tidak disarankan menggunakan air panas karena akan membuat rambut menjadi lebih rapuh dan terasa kering.

  1. Memakai masker rambut

Serupa dengan kulit wajah, rambut pun memerlukan nutrisi. Untuk memberikan asupan nutrisi untuk model rambut wanita jenis apapun agar cepat panjang, maka gunakanlah masker rambut. Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda bisa menggunakannya sekali dalam seminggu.

  1. Berhati-hati ketika menyisir rambut

Apabila Anda sedang menyisir rambut, maka usahakan untuk melakukannya secara hati-hati dan perlahan serta tidak menariknya ketika menyisir. Lakukannya dengan lembut dan berhati-hati sehingga rambut bisa cepat panjang dan tidak mudah patah.

  1. Mengonsumsi banyak protein

Cara cepat memanjangkan rambut berikutnya yaitu dengan mengonsumsi banyak protein. Ingat, 46 – 56 gram protein akan membantu dalam mempercat pertumbuhan rambut agar tumbuh panjang dan maksimal.

  1. Menghindari penggunaan catok dan pengeriting rambut

Jika Anda ingin rambut jadi cepat panjang, maka sebaiknya menghindari penggunaan catok serta pengeriting rambut, karena kedua hal itu bisa menghalangi pertumbuhan rambut. Disarankan untuk mengeringkan rambut secara alami saja atau mungkin menggunakan hair dryer sekali-kali.

  1. Mengonsumsi suplemen rambut

Cara memanjangkan rambut berikutnya yaitu bisa dengan mengonsumsi suplemen rambut supaya meningkatkan asupan protein. Sekarang ini, ada banyak suplemen rambut yang bisa diminum dan mengandung berbagai bahan alami.

  1. Menggunakan minyak kelapa

Minyak kelapa merupakan salah satu minyak yang tidak hanya bisa digunakan untuk mencegah supaya rambut tidak mudah kering, tetapi juga bisa digunakan untuk mempercepat pertumbuhan rambut. Supaya lebih mempercepat pertumbuhan rambut Anda, cobalah untuk menyampurkan satu sendok makan minyak kelapa dengan semangkok air panas. Selepas minyak kelapa meleleh, kemudian dioleskan di rambut dan didiamkan selama 30 menit lalu kemudian keramas sampai bersih.

  1. Hindari mengikat rambut

Memang benar mengikat rambut akan membuatnya tampak rapi, namun ternyata tidak hanya membuat rapi saja melainkan juga dapat merusak. Maka dari itu, apabila ingin rambut Anda cepat panjang, usahakan untuk tidak sering-sering mengikatnya. Apabila harus mengikat rambut, jangan diikat terlalu kencang, karena akan membuat kulit kepala terasa nyeri dan menghambat pertumbuhan rambut.

  1. Tidak Menyisir Rambut Saat Masih Basah

Cara cepat memanjangkan rambut dalam waktu sebulan yaitu biasakan untuk tidak menyisir rambut ketika sedang basah. Sebab, rambut yang basah umumnya lebih mudah mengalami kerusakan, maka dari itu disarankan untuk menyisir rambut dua kali sehari terutama sebelum tidur. Memilih sisirnya lebih baik yang bergigi jarang atau sikat berbulu halus supaya mencegah kerontokan.

  1. Hindari Membungkus Rambut dengan Handuk Sehabis Keramas

Apabila Anda sudah selesai keramas, sebaiknya tidak membungkus rambut dengan menggunakan handuk, karena hal itu akan membuat helaian tipis rambut tersangkur pada serat-serat benang handuk dan akhirnya membuat rambut jadi kusut dan mudah rontok. Jika Anda terus menerus melakukannya, maka akan sulit untuk membuat rambut panjang dalam waktu sebulan. Lebih baik untuk mengeringkannya diangin-anginkan saja atau bisa menggunakan kipas angin.

  1. Sering memijat kulit kepala

Jika ingin rambut Anda bisa panjang dalam waktu sehari, cobalah untuk memijat kulit kepala, karena ketika sirkulasi darah di bawah kulit kepala lancar, maka akan membuat proses pertumbuhan rambut jadi lebih cepat. Dengan memijat kulit kepala juga akan membuat Anda jadi lebih rilek dan kulit kepala cenderung lebih bersih.

  1. Hindari mewarnai rambut

Cara cepat memanjangkan rambut dalam waktu sebulan yaitu menghindari mewarnainya, karena ketika terlalu sering mewarnainya bisa membuat pertumbuhan rambut jadi terhambat akibat kandungan zat kimia yang ada di pewarna rambut. Jadi, jika ingin rambut Anda panjang secara alami, maka hindari menggunakan bahan kimia.

  1. Mengurangi waktu berenang

Jika ingin rambut Anda panjang secara alami, maka sebaiknya jangan sering-sering berenang, karena kandungan klorin di air kolam renang bisa menghambat pertumbuhan rambut. Apabila Anda hobi berenang, maka salah satu solusi yang bisa digunakan yaitu menggunakan penutup rambut atau segera dibilas rambutnya menggunakan shampo dan menggunakan conditioner untuk menjaga kelembapannya.

  1. Menggunakan teh hijau

Cara membuat rambut panjang secara alami dalam waktu singkat berikutnya yaitu menggunakan teh hijau, dengan menyeduhnya lalu membalurkannya ke kulit kepala secara merata dan membungkus rambut dengan handuk hingga 20 – 30 menit lalu kemudian dibilas menggunakan air bersih.

  1. Menggunakan santan

Memanjangkan rambut secara alami bisa dengan menggunakan santan yaitu dengan membalurkan santan yang kental ke kulit kepala secukupnya, lalu ditutup dengan handuk hangat selama 15 – 20 menit lalu dibilas dengan air bersih. Santan bisa membantu merawat, menghaluskan dan melembutkan rambut.

  1. Menggunakan lidah buaya

Lidah buaya merupakan salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk memanjangkan rambut secara alami dalam waktu yang singkat. Anda cukup mengambil gelnya lalu mengoleskan ke kulit kepala dan rambut, kemudian didiamkan selama 20 – 30 menit dan dibilas dengan air bersih.

mua parasayu