Ternyata kerontokan tidak hanya terjadi pada orang dewasa, anak-anak bahkan bayi pun dapat mengalami kerontokan pada rambutnya. Penyebabnya bisa karena stress akibat tekanan, infeksi jamur, kekurangan gizi, dll. Jika anak anda memiliki uang lebih dan anak anda tidak takut dengan orang baru, mungkin anda bisa membawanya ke salon untuk melakukan perawatan pada rambut anak anda, tapi jika yang terjadi sebaliknya, maka anda akan mencari cara alternatif untuk melakukan perawatan sendiri dirumah.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Pada Anak

Bagaimana sih mom, cara mengatasi rambut rontok anak tanpa harus ke salon? Ini dia 5 bahan alami yang bisa anda gunakan untuk mengatasi rambut rontok pada anak anda:

  1. Madu

Cairan kental manis satu ini banyak sekali manfaatnya, selain mengandung antioksidan yang dapat mencegah rambut rontok, madu juga baik untuk merangsang pertumbuhan rambut, lho mom. Karena madu mengandung zat yang dapat meningkatkan kesehatan folikel rambut. sehingga dapat mempercepat pertumbuhan rambut dan menjadikan rambut sehat dan lebat.

Baca Juga : 7 Cara Perawatan Rambut Rontok Yang Berjilbab

Baca Juga : Begini 6 Perawatan Rambut Kering dan Patah Yang Terbukti Ampuh
  1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun dipercaya sangat ampuh untuk mengatasi rambut rontok. Apalagi kalau bukan karena nutrisi yang terkandung di dalamnya, seperti biotin, niacin, vitamin E, dan vitamin D yang dijamin aman untuk perawatan rambut anak anda.

Cara menggunakannya juga mudah sekali, mom. Langsung teteskan pada kulit kepala anak anda, dan pijat lembut. Pastikan minyak zaitunnya benar-benar merata. Diamkan kira-kira sampai minyak zaitun meresap sempurna. Lalu bilas dengan air bersih. Agar hasilnya maksimal, gunakan secara rutin pada malam hari dan bilas rambut anak anda pada pagi harinya, sehingga minyak zaitun  dapat menyerap maksimal ketika didiamkan semalaman.

  1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa dipercaya mampu mengatasi rambut rontok, mom. Kandungan zat asam lemak esensial alami dan vitaminnya mampu membuat kulit kepala anak anda menjadi sehat. Dengan zat-zat yang ada di dalamnya tersebut pula dapat membangun folikel-folikel rambut sehingga rambut dapat tumbuh subur.

Perawatan dengan minyak kelapa ini sama seperti perawatan menggunakan minyak kelapa, lho mom. Cukup mudah, bukan? 🙂

  1. Minyak Kemiri

Nah.. yang satu ini sudah tidak asing lagi, kan mom? Minyak kemiri memang sudah terkenal untuk menyuburkan rambut dan mengatasi rambut rontok anak. Cara mendapatkannya pun sangat mudah, karena banyak dijual dipasaran.

Minyak kemiri tersedia sudah dalam bentuk kemasan, tapi jika anda ingin minyak kemiri yang dijamin keasliannya anda bisa membuat sendiri dirumah. Membuatnya sangat mudah, mom. Anda bisa tumbuk 15 butir kemiri sampai benar-benar halus, lalu tambahkan sedikit air dan masak. Jangan tambahkan sedikitpun minyak lain, masak sampai kemiri mengeluarkan minyak. Jika sudah, saring minyak kemiri lalu dinginkan. Setelah itu masukan minyak kemiri dalam botol.

Perawatan menggunakan minyak kemiri sangat mudah, tinggal anda oleskan minyak kemiri pada seluruh rambut anak anda. Untuk hasil maksimal, anda bisa gunakan setiap hari.

  1. Teh Basi

Jangan kaget mom.. siapa sangka teh yang sudah basi ternyata bisa bermanfaat untuk mengatasi rambut rontok? Ternyata kandungan antioksidan yang berada dalam teh dapat membantu folikel rambut dalam memproduksi rambut baru dan mampu mempercepat masa pertumbuhan rambut. Sehingga teh basi ini bisa jadi salah satu alternatif anda untuk merawat rambut rontok anak anda.

Nah.. itu dia mom bahan-bahan alami yang bisa anda gunakan untuk mengatasi rambut rontok pada anak anda. Lebih aman, murah, dan mudah didapat. Jadi nggak perlu datang kesalon untuk mengatasi rambut rontok anak, lagi pula bahan-bahan yang digunakan di salon belum tentu aman untuk anak kita. Dan jangan lupa ya mom, untuk perawatan menggunakan bahan-bahan alami diatas semuanya butuh proses, jadi harus sabar dan rajin untuk melakukan perawatannya.

Baca Juga : Mengatasi Rambut Rontok Karena Gen Dengan Cara Berikut