Balita menyukai kegiatan bermain di luar ruangan. Akan tetapi tentunya hal ini menyebabkan balita menjadi kotor. Selain membuat kotor, bermain di luar ruangan membuat rambut kering pada balita. Rambut kering pada balita terjadi lantaran terkena paparan sinar matahari secara langsung.

Perawatan Rambut Kering Pada Balita

Kamu bisa melakukan perawatan rambut kering pada balita untuk mendapatkan tampilan rambut yang lembut dan berkilau. Yang perlu kamu tahu, bentuk perawatan rambut pada balita itu berbeda dengan orang dewasa. Karena kondisi kulit kepala bayi masih sangat sensitif. Terdapat beberapa cara perawatan rambut kering pada balita yang bisa kamu coba:

  1. Melembabkan rambut balita

Kamu bisa melembabkan rambut balita dengan cara menambahkan pelembab pada air saat membilas rambut mereka saat mandi. Pelembab alami yang bisa kamu pergunakan diantaranya minyak zaitun, minyak kelapa, shea butter, dan minyak agran. Tambahkan pula saat hendak menata rambut balita sehingga rambut lebih mudah diatur dan tertata rapi.

Baca Juga : Mengatasi Rambut ROntok Dan Gatal Dengan 7 Cara Ini

Baca Juga : 9 Tips Cara Melakukan Perawatan Tubuh Bayi Baru Lahir
  1. Menyisir rambut balita dengan hati-hati

Menyisir rambut balita memang kegiatan yang sulit. Terutama jika kita salah dalam menyisir maka mereka akan merasa kesakitan. Oleh karena itu, gunakan sisir bergerigi jarang saat menyisir rambut mereka. Hindari menyisir rambut kering dan kusut balita menggunakan sisir bergerigi dekat karena akan sangat menyakitkan. Kamu bisa mensiasatinya dengan menyisir sambil diberikan minyak rambut agar lebih mudah dalam menyisirnya.

  1. Menjaga kebersihan kulit kepala

Kamu harus menjaga kebersihan kepala balita. Jika rambut mereka berkeringat, maka segera cuci rambut mereka. Pergunakan shampoo untuk balita yang sesuai dengan kondisi rambut mereka. Hindari penggunaan shampoo yang mengandung minyak mineral karena tidak berguna dalam proses melembabkan rambut balita. Sebaiknya kamu bisa menggunakan minyak jarak untuk membantu menyuburkan rambut.

  1. Menata rambut balita dengan gaya rambut yang tepat

Kamu bisa menata rambut balita dengan berbagai gaya. Usahakan memilih menata dengan gaya rambut yang tepat. Jangan terlalu kencang dalam mengikat rambutnya karena akan membuat mereka kesakitan dan rambut kering makin rontok. Kamu bisa mengoleskan minyak kelapa dan shea butter pada ujung rambut mereka agar rambut tidak pecah dan kering.

  1. Merawat rambut kering pada balita dengan teratur

Pilihlah satu hari untuk merawat rambut kering pada balita. Pada hari tersebut, kamu melakukan proses keramas, penggunaan kondisioner dan minyak alami yang bagus untuk rambut kering pada balita. Perawatan rambut yang teratur akan mendapatkan hasil rambut yang sehat, lembut dan berkilau bagi balita.

  1. Menggunakan produk perawatan rambut yang lembut

Rambut balita sangat berbeda dengan rambut orang dewasa sehingga produk perawatan rambutnya juga berbeda. Untuk merawat rambut balita, gunakan produk lembut dengan bahan-bahan ringan yang diformulasikan khusus untuk rambut balita. Hindari penggunaan produk perawatan rambut orang dewasa yang biasanya berbahan keras dan tidak cocok untuk balita.

Baca Juga : 7 Perawatan Tubuh Ibu Hamil Yang Harus Diperhatikan Untuk Kebaikan Ibu dan Bayi Dalam Kandungan

Baca Juga : Pilihan Produk Perawatan Rambut Kering Terbaik Di Indonesia
  1. Gunakan Produk Personal Cara Khusus Balita

Yang perlu kamu tahu dalam melakukan perawatan rambut kering pada balita itu berbeda dengan orang dewasa. Terutama soal penggunaan produk-produk berbahan kimia. Jangan sampai kamu menggunakan produk orang dewasa untuk balita. Gunakan produk personal care khusus untuk balita. Biasanya kandungan kimia produk perawatan rambut khusus balita itu lebih rendah ketimbang orang dewasa.

Nah itulah beberapa bentuk perawatan rambut kering untuk balita. Kamu bisa lengkapi dengan terus menjaga kebersihan si kecil.