Apakah anda termasuk seorang ibu atau ayah yang baru pertama kali memiliki momongan? Tidak sedikit timbul pertanyaan dari orang tua baru mengenai bagaimana cara perawatan tubuh bayi baru lahir. Bayi yang baru lahir memerlukan perawatan yang khusus. Hal ini dikarenakan tubuh bayi masih sangat sensitif. Perawatan bayi ini penting untuk menjaga kesehatan dan kenyamanannya.

Nah Teman Parasayu mari kita lihat inilah 9 cara perawatan tubuh bayi baru lahir.

Perawatan Tubuh Bayi Baru Lahir

1. Perawatan Mata Bayi
Pada perawatan mata bayi yang baru lahir sumber air matanya belum berproduksi, dengan demikian saluran air mata bayi masih tertutup. Hal ini mengakibatkan air mata yang seharusnya mengalir jadi tergenang. Dengan tergenangnya air mata dapat menimbulkan kuman-kuman yang akhirnya menjadi tahi mata. Untuk itu perlu dilakukan pemijatan pada bayi di area sekitar sudut mata. Pijat dengan lembut dari sudut mata bayi ke bawah dan juga ke arah hidung bayi. Gerakan ini dilakukan sekitar 5 sampai 10 kali. Kegiatan ini dilakukan sekitar 2 minggu, karena pada umumnya saluran air mata bayi telah terbuka dan berfungsi dengan baik.

2. Perawatan Hidung Bayi
Perawatan tubuh bayi baru lahir yang selanjutnya yaitu perawatan hidung bayi, jika pada hidung bayi terdapat cairan atau kotoran yang keluar, maka bersihkan saja pada bagian luarnya. Apabila terdapat lendir pada hidung bayi, cara membersihkannya disedot keluar oleh ibu, caranya dengan mengisapnya secara lembut oleh ibu atau dengan menggunakan alat aspirator hidung bayi.

Baca Juga : 7 Tips Sederhana Melakukan Perawatan Tubuh Untuk Kulit Kering

Baca Juga : Cantik Diusia 30an? Bisa Kok, Ini Dia Perawatan Tubuh Diusia 30an Yang Dapat Kamu Lakukan

3. Perawatan Telinga Bayi
Berikutnya perawatan telinga bayi, pada bagian dalam telinga bayi tidak boleh dibersihkan. Hal ini karena bagian dalam telingan bayi masih rentan dan sensitif. Bersihkan kotoran telinga bayi yang sudah mencapai bagian luar dengan menggunakan cotton bud yang telah dibasahi air hangat. Bersihkan dengan lembut agar tidak melukai kulit telinga bayi.

4. Perawatan Mulut Bayi
Sebenarnya bagian mulut bayi tidak memerlukan perawatan secara khusus. Hanya saja apabila terdapat endapan susu pada permukaan lidah bayi, cukup bayi diberikan air putih untuk dapat membersihkan mulutnya secara alami. Inilah cara perawatan tubuh bayi baru lahir pada bagian mulut bayi.

5. Perawatan Rambut Bayi
Perawatan tubuh bayi baru lahir berikutnya yaitu pada bagian rambut bayi. Cara merawat rambut bayi yang baru lahir yaitu dengan menggunakan shampo bayi yang mengandung Pro-vitamin B5 agar rambut bayi tetap sehat. Pilihlah shampo bayi yang cocok dengan bayi kita agar terhindar dari iritasi mata akibat busa shampo yang masuk ke mata. Untuk menstimulasi pertumbuhan rambut bayi bisa menggunakan daun seledri.

6. Perawatan Kulit Kepala Bayi
Selanjutnya yaitu cara merawat kulit kepala bayi, terkadang muncul cradle crap atau kerak di kulit kepala bayi. Hal ini disebabkan oleh kulit kepala bayi terkena polusi dari udara dan debu. Cara perawatannya bersihkan kulit kepala bayi dengan air matang, usap-usap secara halus kulit kepala bayi, nanti lama kelamaan kerak pada kulit kepala bayi akan bersih. Jika ingin proses yang cepat bisa diberikan obat dari dokter.

7. Perawatan Tubuh Bayi
Bayi masih memiliki tubuh yang lemah dan sensitif. Tulang-tulang bayi yang baru lahir juga masih belum kuat. Untuk itu ketika menggendong bayi harus sangat berhati-hati agar bayi tidak keseleo. Tubuh bayi memiliki tingkat sensitif yang tinggi terhadap suhu udara. Usahakan agar kondisi tubuh bayi selalu hangat. Ketika memandikan bayi, usaplah kulit bayi dengan hati-hati dan lembut. Gunakan air hangat untuk memandikan bayi. Perhatikanlah selah lipatan-lipatan tubuh bayi, seperti lipatan leher, lipatan ketiak, lipatan tangan dan lipatan kaki bayi. Usaplah dengan lembut pada lipatan-lipatan tersebut agar terhindar dari kerak kulit dan iritasi akibat busa sabun mandi yang belum bersih.

Baca Juga : 5 Perawatan Tubuh Iis Dahlia Yang Dapat Membuat Kamu Tambah Cantik

Baca Juga : 6 Perawatan Tubuh Paling Bagus Yang Sering Dilakukan Oleh Para Wanita

8. Perawatan Bokong Bayi
Area dari tubuh bayi yang perlu mandapatkan perhatian lebih adalah bokong bayi. Bokong bayi mudah sekali terkena masalah karena berkontak langsung dengan popok basah. Masalah yang sering timbul adalah iritasi dan gatal-gatal. Apabila terjadi iritasi dan gatal-gatal tentu saja membuat bayi merasa tidak nyaman sehingga bayi bisa merewel sepanjang hari. Cara perawatan bokong bayi yaitu dengan tidak menggunakan popok atau diapers sepanjang hari. Tidak ada salahnya jika sesekali membiarkan bokong bayi terbuka asalkan dengan memastikan suhu udara ruangan cukup hangat.

9. Perawatan Kuku Bayi
Perawatan tubuh bayi baru lahir yang terakhir adalah perawatan kuku bayi. Walau masih bayi, kuku bayi juga sudah mengalami pertumbuhan. Untuk mencegah kuku-kuku bayi menggores bagian tubuh, kita bisa memotong kuku bayi. Ketika memotong kuku bayi harus sangat hati-hati karena takut jika kulit disekitar kuku bayi ikut terpotong. Gunakan gunting kuku khusus bayi yang ujungnya membulat alias tumpul. Selain itu bisa menggunakan sarung tangan bayi.

Inilah 9 cara perawatan tubuh bayi baru lahir yang bisa kita terapkan. Intinya ketika merawat bayi yang baru lahir harus dengan lembut dan ekstra hati-hati karena bayi yang baru lahir masih sangat sensitif.