Tak ada yang menyangkal lagi bahwa rambut adalah mahkota bagi para wanita. Dan tak bisa dipungkiri juga, bahwa untuk merawat rambut itu bukanlah persoalan mudah. Ada saja masalah rambut yang muncul. Percaya atau tidak, meski terlihat sederhana, rambut itu sangat cepat merespon apa yang terjadi pada tubuh kita.  Saat tubuh kelelahan dan kondisi pikiran stress, maka tambut meresponya dengan kerontokan. Saat tubuh kotor, rambut meresponya dengan rasa gatal.

Nah kali ini, Parasayu akan bicara soal bagaimana cara mengatasi rambut rontok dan gatal. Keduanya adalah persoalan yang umum ditemui pada rambut wanita. Penyebabnya ada banyak sekali. Mulai dari kondisi rambut kepala yang tak bersih, berketombe, efek samping obat dan lain sebagainya.

Mengatasi Rambut Rontok Dan Gatal

Selain penyebabnya yang ada banyak, cara mengatasi rambut rontok dan gatal juga ada banyak. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Mengubah shampoo secara berkala

Ada baiknya jika kamu mengubah shampoo dan produk perawatan rambut lainnya secara berkala. Hal ini untuk mengidentifikasi kemungkinan shampoo yang kamu pakai sekarang menjadi penyebab kerusakan rambut kamu. Hindari penggunaan shampoo yang mengandung bahan kimia keras. Shampoo dengan bahan kimia keras dapat menyebabkan kulit kepala mengelupas dan menghilangkan minyak alami rambut. Sebaiknya pilih shampoo berbahan herbal dan anti jamur untuk mencegah gatal pada rambut.

Baca Juga : Pilihan Produk Perawatan Rambut Kering Terbaik Di Indonesia

Baca Juga : 6 Cara Mengatasi Rambut Rontok Akibat Rebonding
  1. Menjaga kebersihan pribadi

Berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rambut rontok dan gatal adalah menjaga kebersihan diri. Usahakan untuk rajin mencuci rambut apabila rambut kotor dan berminyak. Terutama jika kamu selesai beraktivitas di luar rumah. Terkadang ada debu yang menempel di rambut kepala tapi tidak kita katahui. Jadi ada baiknya kita bersihkan kulit kepala sekalipun kita mengira bersih.

  1. Menghindari hair styling rambut berlebihan

Hair styling rambut berlebihan terutama menggunakan alat penata rambut yang panas akan merusak rambut. Rambutmu bisa menjadi kering, gatal dan rontok nantinya. Mulai sekarang jika ingin mengeringkan rambut, gunakan metode alami tanpa hair dryer. Begitu juga untuk mendapatkan rambut lurus, maka dikepang saja tanpa catok.

  1. Mengkonsumsi makanan tinggi vitamin B

Vitamin B sangat bagus untuk pertumbuhan rambut. Jadi sudah sewajarnya kamu mengkonsumsi makanan tinggi vitamin B. Agar kesehatan rambutmu terus terjaga tanpa mengalami permasalahan gatal dan rontok. Bisa juga kamu tambah dengan menggunakan lidah buaya.

  1. Melakukan masker rambut alami

Kamu juga bisa melakukan masker rambut secara alami untuk mengatasi rambut gatal dan rontok. Beberapa bahan bisa dijadikan masker rambut diantaranya santan, jeruk nipis, dan lain-lain. Kamu bisa melakukan masker rambut seminggu sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal pada rambutmu.

  1. Menggunakan minyak atsiri

Minyak atsiri dipercaya dapat digunakan untuk mengurangi rasa gatal pada kulit kepala. Selain itu minyak atsiri juga bagus untuk mengatasi kerontokan. Kamu cukup mengoleskan minyak atsiri pada kulit kepala dan akar hingga ujung rambut. Diamkan beberapa saat agar teresap. Setelahnya bilas menggunakan air dingin yang bersih.

Baca Juga : Kenali Perawatan Rambut Rontok Paling Ampuh Beserta Caranya

Baca Juga : 7 Tatanan dan Perawatan Rambut Kering Keriting
  1. Mengkonsumsi makanan tinggi asam folat

Selain vitamin B, asam folat juga bagus untuk kesehatan rambut. Jadi kamu juga harus mengkonsumsi makanan tinggi asam folat. Asam folat terdapat pada biji-bijian, kacangan, dan lain-lain.

Nah itulah beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi rambut rontok dan gatal. Selama di luar ruangan, jangan lupa menggunakan penutup kepala untuk menjaga kebersihan rambut dan terhindar dari sinar matahari secara langsung.