Nah, kali ini kita bahas soal mengatasi rambut rontok berlebihan akibat pewarna dengan cara memanfaatkan bahan-bahan di sekitar rumah. Setelah sebelumnya, di artikel yang lain kita pernah bahas soal cara modern mengatasi rambut rontok akibat pewarna.

Ya, memang benar selain menggunakan cara modern, mengatasi rambut rontok berlebihan juga bisa menggunakan bahan alami. Meski memang, cara alami biasanya lebih lama proses penyembuhanya. Tetapi tingkat keamanan bahan alami jauh lebih terjamin.

Cara Perawatan Rambut Rontok Berlebihan

Cara ini dapat menjadi alternative apabila cara-cara modern tidak juga dapat mengatasi kerontokan rambut kita. Atau bisa juga menjadi pilihan, jika kita tidak menyukai bahan-bahan kimia. Berikut beberapa cara mengatasi rambut rontok akibat pewarnaan yang dapat kita terapkan.

  1. Lidah Buaya

Telah kita ketahui bahwa lidah buaya sangat bagus untuk membuat rambut menjadi hitam dan sehat. Selain itu, ternyata lidah buaya juga mampu merangsang pertumbuhan rambut kita.

Cara menggunakannya pun relative lebih mudah. Pertama, basahi rambut terlebih dahulu dan tunggu hingga setengah kering. Kedua, usapkan lendir yang terdapat pada daging lidah buaya pada rambut dan kulit kepala. Tunggu 15 sampai 20 menit. Setelah itu cuci sampai bersih. Lakukan 2 sampai 3 kali dalam seminngu.

Baca Juga : 3 Cara Efektif Perawatan Rambut Kering Dengan Cara Tradisional Sejak Dulu
  1. Kemiri

Sama halnya dengan lidah buaya, kandungan minyak kemiri juga dapat membuat rambut menjadi hitam, sehat, kuat, merangsang pertumbuhan rambutĀ  dan mampu mengatasai kerontokan.

Cara menggunakannya pun cukup simple yaitu dengan menyangrai minyak kemiri, tumbuk sampai halus hingga mengeluarkan minyak, oleskan pada rambut, tunggu 15-20 menit, setelah itu keramas dengan shampoo.

  1. Alpukat

Buah alpukat dapat digunakan untuk masker rambut. Buah ini mempunyai kandungan protein yang sangat efektif untuk menguatkan dan menutrisi rambut.

Cara membuat masker alpukat juga gampang yaitu dengan menghaluskan alpukat. Kemudian, oleskan pada rambut dan kulit kepala. Diamkan 20 menit, terakhir bilas engan shampo sampai bersih.

  1. Yogurt

Seperti yang telah kita ketahui bahwa yogurt adalah susu fermentasi yang banyak mengandung vitamin dan protein yang dapat kita gunakan untuk mengatasi kerontokan.

Caranya pun sangat mudah, yaitu dengan mengoleskan yogurt pada rambut dan kulit kepala. Tunggu 10-15 menit, kemudian bilas dengan shampoo. Lakukan hal ini secara rutin 2-3 kali dalam seminggu sampai kita mendapatkan hasil yang maksimal

  1. Minyak Esensial

Beberapa contoh minyak esensial yang telah terbukti mengatasi kerontokan rambut adalah minyak zaitun, minyak wijen dan minyak kelapa.

Caranya dengan membalutkan minyak esensial pada rambut dan kulit kepala secara merata, pijat pelan-pelan, tunggu 10-20 menit, dan bersihkan dengan shampoo. Hal ini dapat dilakukan 2 kali dalam seminggu.

  1. Bawang Putih

Bawang putih nyatanya juga mampu mengatasi kerontokasn rambut berlebihan akibat pewarna. Hal ini tak lepas dari kandungan yang ada di dalam bawang putih.

Cara menggunakanya, cukup haluskan bawang putih dan oleskan pada rambut dan kulit kepala secara merata. Tunggu hingga beberapa menit, dan bersihkan dengan shampoo.

  1. Teh Hijau

Teh hijau memiliki segudang manfaat untuk kevantikan. Tak terkecuali untuk mengatasi rambut rontoh berlebihan akibat pewarna. Caranya seduh the seperti biasa dan tunggu hingga dingin. Kemudian basuhkan air teh pada seluruh bagian rambut. Tunggu sampai 1 jam. Bilas dengan menggunakan shampoo.

Dari beberapa cara untuk mengatasi rambut rontok berlebihan akibat pewarna di atas pilihlah sesuai dengan selera. Apapun cara yang kita gunakan jika kita melakukannya dengan rutih akan didapatkan hasil yang maksimal. Jaga rambut indahmu, karena rambutmu adalah mahkotamu. Selamat mencoba.

Baca Juga ; Perawatan Rambut Rontok Pasca Melahirkan

Baca Juga : 7 Tips Cantik Ketika Difoto, Ini Harus Kamu Lakukan!