Jika kamu termasuk orang yang mementingkan kesehatan termasuk kesehatan rambut, tentu kamu tidak akan diam saja ketika melihat rambut kamu sudah mulai rusak. Rambut kamu sudah mulai kering misalnya. Ya, rambut kering juga termasuk salah satu tanda kerusakan rambut dan sudah selayaknya kamu akan mencari tahu juga bagaimana cara melakukan perawatan rambut kering dengan cara tradisional atau alami tanpa efek samping.

Penyebab Rambut Kering

Rambut kering memang bisa jadi disebabkan oleh faktor usia yang memperngaruhi berkurangnya produksi minyak pada kulit kepala yang notabene berfungsi untuk melembabkan rambut secara alami. Selain itu, rambut kering juga bisa disebabkan oleh seringnya menggunakan pengering rambut, catok, semir rambut, dan hairspray sehingga akan merusak lapisan kutikula yang notabene berfungsi sebagai penjaga kelembaban rambut kamu.

Paparan sinar matahari secara langsung dan polusi udara juga bisa menyebabkan rambut kamu kering lho. Untuk kamu yang keluar rumah menggunakan tutup kepala, aman dalam hal satu ini. Selain dua hal ini, jika kamu sering menggunakan produk kimia perawatan rambut, ternyata juga tidak baik efeknya buat rambut kamu, lho.

Terlalu banyak zat kimia juga akan menyebabkan rambut kamu kering. Nah, makanya akan jauh lebih aman jika kita menggunakan bahan-bahan alami untuk merawat rambut kita, termasuk ketika rambut kita mulai kering.

Cara Perawatan Rambut Kering Dengan Cara Tradisional

Untungnya, perawatan rambut kering secara tradisional bisa dilakukan. Dengan cara ini, rambut kepala kamu tidak harus bersentuhan dengan zat kimia. Nah, berikut ini merupakan beberapa cara merawat rambut kering kamu secara tradisional yang bisa dipastikan akan jauh lebih aman jika dibandingkan dengan menggunakan produk perawatan rambut kimia. Yuk, simak!

  1. Menggunakan madu

Madu

Madu memang begitu banyak manfaatnya, mulai untuk perawatan wajah, mengobati bibir yang pecah-pecah, untuk kesehatan tubuh, dan masih banyak manfaat madu lainnya termasuk untuk merawat rambut kamu yang kering. Kandungan antioksidan yang terdapat dalam madu memang tak bisa diragukan lagi manfaatnya.

Nah, cara merawat rambut kering kamu dengan menggunakan madu juga sangat sederhana lho. Sebelumnya kamu bisa melakukan keramas terlebih dahulu agar rambut kamu bersih. Setelah itu kamu tinggal balurkan madu ke rambut kamu secara merata, pijat-pijat juga agar meresap ke kulit kepala, kemudian tunggu sekitar 30 menit. Seletah itu, kamu tinggal bilas dengan air sampai bersih.

  1. Menggunakan minyak zaitun

Minyak Zaitun

Seperti halnya madu, minyak zaitun juga begitu banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh kita, untuk perawatan wajah misalnya. Selain dapat membantu merawat wajah kita, ternyata minyak zaitun juga dapat digunakan sebagai obat untuk rambut kering kamu lho.

Minyak zaitun yang menggandung vitamin E ini, dipercaya dapat menjaga kelembapan rambut kamu dan dapat memperbaiki lapisan rambut kamu yang mulai rusak. Caranya pun sangat sederhananya.

Untuk merawat rambut kering kamu dengan menggunakan minyak zaitun, kamu cukup balurkan minyak zaitun secara merata pada rambut kamu yang setengah kering setelah keramas. Pijat-pijat kepala kamu agar merata pada kulit kepala. Tunggu selama sekitar 40 menit, lalu bilas rambut kamu dengan air hangat sampai bersih.

  1. Menggunakan minyak kelapa

Minyak Kelapa

Jika kamu pernah mendengar bahwa orang tua zaman dulu sering menggunakan minyak kelapa untuk merawat rambut mereka, ternyata benar lho. Ya, seperti halnya minyak zaitun, minyak kelapa pun bisa membantu mengatasi rambut kering kamu. Minyak kelapa ini bisa menjadi pilihan kamu untuk mengobati rambut kering kamu jika kamu sulit mencari minyak zaitun, meski sekarang sudah banyak juga yang menjual minyak zaitun.

Padahal cara perawatan rambut kering dengan cara tradisional menggunakan minyak kelapa sebenarnya adalah cara yang paling sempurna. Bahkan manfaatnya bisa langsung kamu rasakan setelah pemakaian. Ada sensasi dingin dan ringan, begitu kamu telah mengusapkan minyak kelapa ke rambut kepala kamu.

Cara merawat rambut kering dengan minyak kelapa sangat sederhana, sebelumnya kamu bersihkan dulu rambut kamu dengan melakukan keramas. Setelah rambut setengah kering, balurkan minyak kelapa pada rambut kamu secara merata. Kamu bisa sambil memijat-mijat kepala kamu agar minyak meresap ke kulit kepala. Setelah itu kamu bisa bilas dengan air hangat sampai bersih.

Bagaimana? Kamu ingin mencobanya? Semoga tips yang sudah dipaparkan bermanfaat untuk kamu ya..

Baca Juga : Cara Mengetahui Jenis Rambut dan Tips Untuk Mengurangi Kerusakan Rambut