PARASAYU

KARENA PENAMPILAN YANG PERTAMA

Perawatan Rambut

Perawatan Rambut Rontok Pasca Melahirkan

Rambut Rontok

Salah satu perubahan fisik pada wanita pasca melahirkan adalah merontoknya rambut. Bagi Anda yang mengalami hal ini, Anda tidak perlu khawatir atau cemas, karena ini adalah hal yang wajar dan sifatnya sementara. Perawatan rambut rontok pasca melahirkan bisa kamu lakukan.

Faktor penyebab rambut rontok pasca melahirkan salah satunya adalah hormonal. Pada saat wanita melalui proses persalinan, kadar estrogen menurun menyebabkan banyak rambut memasuki fase istirahat lebih cepat dari fase pertumbuhannya. Akibatnya rambut menjadi rapuh dan mudah rontok. Siklus ini akan berangsur angsur normal kembali setelah 6-12 bulan pasca melahirkan.

Walaupun itu sifatnya sementara, tentu akan sangat mengganggu jika hari demi hari rambut anda akan semakin menipis, nah agar kertontokan rambut Anda tidak semakin parah, berikut ada beberapa tips perawatan alami bagi wanita yang mengalami kerontokan rambut pasca melahirkan dan beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kerontokan rambut tidak semakin parah

Perawatan Alami Rambut Rontok Pasca Melahirkan

Yang pertama anda bisa menggunakan daging dari tanaman lidah buaya. Untuk sementara, gunakan itu sebagai pengganti shampoo. Cara memakainya seperti memakai shampoo biasa. Lakukan hal ini secara teratur,misalnya dua atau tiga hari sekali, karena lidah buaya sangat baik bagi rambut, kulit, kepala, dan wajah Anda.

Baca Juga : 7 Cara Perawatan Rambut Rontok Yang Berjilbab

Baca Juga : Perawatan Rambut Rontok Pasca Melahirkan

Yang kedua anda juga bisa menggunakan jeruk  nipis untuk perawatan rambut. Caranya siapkan jeruk nipis satu atau secukupnya, kemudian potong menjadi bagian. Lalu gosok dan oleskan jeruk nipis pada rambut anda sampai airnya meresap dalam pori-pori kulit kepala. Lalu bilas dengan air bersih.

Ketiga yaitu dengan menggunakan buah alpukat. Buah ini selain rasanya enak, ternyata memiliki khasiat yang baik untuk rambut rontok setelah melahirkan atau saat menyusui. Anda bisa menggunakannya sebagai shampoo alami. Caranya yaitu dengan menumbuk buah alpukat sampai halus dan meratakannya pada rambut. Setelah itu bilas dengan air bersih.

Selanjutnya yang keempat yaitu dengan menggunakan jus bawang putih. Mungkin kedengarannya agak aneh, namun cara ini mungkin perlu anda coba, caranya yaitu dengan mengaplikasikan jus bawang putih ini ke seluruh permukaan kulit kepala dan rambut saat malam hari sebelum tidur. Biarkanlah kondisi tersebut semalaman dan jangan dibilas. Setelah keesokan harinya Anda bisa langsung membilasnya. Cara yang sama  bisa anda gunakan untuk jus jahe.

Kelima, lengkapi dengan cara berikut. Nah selain perawatan tersebut, ada beberapa tips yang mungkin bermanfaat untuk anda lakukan untuk mencegah dan juga mengatasi kerontokan rambut pasca melahirkan agar tidak semakin parah:

  1. Hindari menguncir rambut dengan ikatan yang sangat kencang, juga mengepang, blow rambut, lebih baik sementara dihindari karena akan memperparah kerontokan rambut.
  2. Banyak-banyaklah mengkonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi yang berperan untuk melindungi dan merangsang pertumbuhan rambut seperti sayur, buah, dan sebagainya.
  3. Gunakan shampoo dan conditioner atau vitamin yang mengandung biotin dan silica untuk mengurangi kerontokan rambut. Dan lakukanlah secara rutin.
  4. Jangan gunakan sisir yang bergigi rapat karena akan meningkatkn kerontokan rambut, dan jangan menyisir rambut saat rambut masih basah.
  5. Hindari penggunaan alat – alat yang sifatnya sebagai pemanas rambut seperti hair dryer, stem rambut, alat catok rambut, dll
  6. Konsumsilah suplemen makanan yang bisa merangsang pertumbuhan dan memproteksi rambut, seperti vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E, biotin, Zinc, asam folat, dll
  7. Jika masalah kerontokan rambut tidak berangsur membaik dan semakinmemberat, sebaiknya anda konultasikan dengan dokter kulit perihal untuk memastikan penyebab kerontokan rambut anda misalnya karena ketidaksembangan hormonal dan lain-lain.
  8. Jangan terlalu stress dan memiliki kekhawatiran yang berlebih. Selalulah berpikir positif dan optimis, dan nikmatilah massa massa menjadi ibu dengan rileks dan bahagia.

Dari beberapa perawatan rambut rontok pasca melahirkan tersebut pilihlah cara yang menurut anda paling mudah digunakan. Dan karena ini pengobatan alami, maka Anda harus secara rutin melakukannya dan tentu bersabar untuk menunggu hasilnya.

Baca Juga : Cara Mengetahui Jenis Rambut dan Tips Untuk Mengurangi Kerusakan Rambut

1 Comment

  1. Archie

    Artikel yang bagus dan menarik 😊

Comments are Closed

Theme by Anders Norén