Memiliki rambut yang sehat berkilau memang menjadi dambaan bagi semua orang. Dengan mempunyai rambut yang sehat dapat membuat kita lebih percaya diri. Rambut rontok merupakan salah satu masalah yang sering terjadi pada semua orang, ada banyak faktor yang menyebabkan rambut menjadi rontok. Faktor dari dalam tubuh maupun dari luar bisa menjadi salah satu penyebab rambut menjadi rontok. Untuk itu pada pembahasan kali ini, kita akan membahas tentang faktor rambut menjadi rontok yang disebabkan oleh faktor dari tubuh maupun luar tubuh.

Penyebab Rambut Menjadi Rontok

Rambut rontok bisa dialami orang setiap manusia, ada beberapa faktor yang menyebabkan rambut menjadi mudah rontok. Untuk lebih lengkapnya simak dibawah ini ya penyebab rambut menjadi rontok.

  1. Faktor Usia

Usia memang tidak bisa dibohongi, ketika umur sudah semakin tua daya tahan tubuh juga akan menjadi melemah. Seiring usia yang makin menua, rambut mudah berguguran karena faktor saraf dalam tubuh yang sudah melemah. Untuk itu, mengkonsumsi makan-makanan yang sehat terutama protein dan zinc dapat membantu mengurangi rambut yang rontok.

  1. Penyebab Rambut Rontok Karena Faktor Keturunan atau Genetika

Mempunyai gen bawaan merupakan salah satu penyebab dari kerontokan rambut dini. Hal ini sangat sering terjadi karena, jika kita mempunyai turunan keatas yang mengalami kebotakan, maka kita akan mudah mengalami hal kebotakan tersebut. Dengan mengkonsumsi makan-makanan yang sehat serta pola hidup yang sehat akan mengurangi kerontokan rambut karena faktor keturanan atau genetik.

Baca Juga : 5 Cara Modern Untuk Melakukan Perawatan Rambut Rontok Dan Rusak

Baca Juga : Cara Mudah Mengatasi Rambut Rontok Akibat Ketombe Menggunakan Bahan Alami
  1. Tubuh Kekurang Asupan Gizi Seperti Protein dan Zinc

Asupan terhadap tubuh mempunyai peran yang cukup penting dalam kesehatan rambut. Rambut rontok dapat terjadi karena tubuh kita kekurangan protein dan zink, maka dari itu asupan yang baik untuk tubuh dapat membuat rambut kita menjadi sehat dan kuat. Mengkonsumsi makan-makan dengan protein yang cukup serta mengkonsumsi makanan yang banyak menggung zinc dapat meminimalisir kerusakan yang terjadi pada rambut.

  1. Efek Samping Dari Obat-Obatan atau Prosedur Medis

Obat tidak hanya baik untuk mengatasi penyakit yang diderita oleh seseorang, namun obat juga mempunyai efek negatif seperti menyebabkan kerontokan rambut. Bagi seseorang yang sedang dalam kondisi lemah, mengkonsumsi obat dapat menimbulkan efek lainnya seperti kerontokan rambut dan alergi pada kulit.

Prosedur medis juga dapat menimbulkan kerontokan pada rambut, prosedur medis seperti kemoterapi, radioterapi dan imunoteripi yang sedang kita dilakukan dapat menyebabkan kondisi rambut menjadi rontok.

  1. Faktor Stres dan Depresi

Beban masalah yang begitu berat terkadang membuat orang menjadi stress bahkan depresi. Beban pikiran yang dialami oleh sesorang secara tidak langsung akan mengakibatkan rambut menjadi rontok. berfikir telalu berlebihan menyebabkan kita menjadi tegang sehingga dapat menghambat sirkulasi darah ke kepala, hal itu menyebabkan rambut kita menjadi rontok.

  1. Mempunyai Penyakit Tertentu

Tubuh yang sehat menjadikan saraf dan organ tubuh kita menjadi lancar, sehingga sirkulasi dalam tubuh juga menjadi lancar. Namun hal tersebut tidak terjadi disaat sesorang mempunyai penyakit yang dideritanya dalam tubuh. Penyakit seperti diabetes, lupus eritematosus dan sebagainya dapat mempengaruhi rambut kita menjadi rontok. Oleh sebab itu ketika sesorang mempunyai penyakit tersebut akan mudah mengalami kerontokan pada rambut.

  1. Menggunakan Perawatan Rambut Yang Dapat Merusak Rambut

Aktifitas kita dalam melakukan perawatan rambut dapat menjadi penyebab kerusakan rambut kita. Sering menggunakan pomed, mengecat rambut, menggunakan pelurus rambut dan sebagainya akan menyebabkan kerusakan terhadap rambut. Dengan meminimalisir penggunaan perawatan rambut kita dapat mengurangi dampak dari kerusakan rambut.

  1. Rambut Rontok Pada Saat Hamil

Perubahan hormon yang begitu signifikan yang dialami oleh wanita yang sedang hamll menyebabkan rambut mengalami kerontokan. Hormon yang dialami oleh wanita hamil memang wajar, bagi kamu yang mengalami kerontokan rambut pada saat hamil jangan terlalu khawati karena ini memang terjadi secara alami. Adaupun perawatan yang harus kamu lakukan yaitu mengkonsumsi makan-makanan yang banyak mengadung protein dan zink untuk meminimalisr kerontokan yang terjadi pada rambut.

Nah itu dia 8 faktor penyebab rambut menjadi rontok. Setelah mengetahui penyebab rambut rontok yang kamu alami, alangkah baiknya jika kamu langsung melakukan perawatan rambut yang dapat meminimalisir kerontokan rambut. Semoga informasi ini bermanfaat dan sampai jumpa pada pembahasan selanjutnya ya.

Baca Juga : 4 Jenis Minyak Perawatan Rambut Rontok Dan Kering