Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Cepat

Kutu rambut adalah hewan kecil berkaki 6 yang biasa hidup di kulit kepala dan rambut manusia. Kutu rambut ini hidup dan berkembang biak dengan menghisap sedikit darah manusia melalui kulit kepala. Keberadaan kutu rambut ini pasti sangat mengganggu karena selain gatal, kutu rambut pasti meninggalkan telur yang akan mengganggu penampilan rambut. Nah untuk anda yang berniat untuk menghilangkan kutu rambut, simak beberapa cara menghilangkan kutu rambut dengan cepat.

Cara Menghilangkan Kutu Rambut

  1. Menggunakan Serit

Serit adalah salah satu jenis sisir yang memiliki gigi rapat. Sisir serit ini bisa anda dapatkan di toko alat-alat rumah tangga atau toko kosmetik. Cara ini adalah cara tradisional paling sederhana yang bisa anda coba. Gunakan sisir serit ini secara rutin agar kutu rambut segera hilang dari rambut anda.

  1. Menggunakan Minyak Zaitun

Cara menghilangkan kutu rambut selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak zaitun. Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan minyak zaitun di kulit kepala setelah melakukan keramas dan mengeringkan rambut. Setelah mengoleskan minyak zaitun dengan merata, tutupi rambut anda menggunakan shower cap dan biarkan selama semalaman. Setelah bangun tidur, keramas kembali menggunakan shampoo. Lakukan hal ini 3-4 kali seminggu secara rutin hingga kutu rambut menghilang.

  1. Menggunakan Lemon

Air perasaan buah lemon memiliki kadar asam tinggi sehingga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan kutu rambut. Caranya adalah dengan mencampurkan perasan air lemon (dari 2 buah lemon) dengan 100 ml air. Teteskan atau semprotkan cairan tersebut pada rambut secara merata dan diamkan selama 30-40 menit kemudian keramasilah rambut anda menggunakan air hangat.

  1. Menggunakan Asam Cuka

Sama seperti air lemon, tingkat keasaman cuka bisa menghilangkan kutu rambut dan telurnya dari kulit kepala. Namun karena sifatnya memang sangat asam, anda harus berhati hati saat mengaplikasikannya agar tidak terkena iritasi. Cara menghilangkan kutu rambut menggunakan asam cuka adalah dengan mencampurkannya (2 sdm) dengan minyak kelapa dengan jumlah yang sama. Oleskan cairan tersebut secara merata di kulit kepala kemudian tutup rambut menggunakan shower cap dan diamkan selama semalaman. Paginya, anda bisa melakukan keramas seperti biasa.

  1. Menggunakan Mouthwash

Mouthwash selain bisa digunakan untuk membersihkan mulut, ternyata juga bisa digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan kutu rambut yang efektif. Caranya adalah dengan mengoleskan mouthwash pada kulit kepala secukupnya dan mendiamkannya selama kurang lebih 2-3 jam. Setelah itu anda bisa mengeramasi rambut anda. lakukan dengan rutin saat jadwal anda keramas agar hasilnya lebih maksimal.

  1. Menggunakan Bawang Putih

Bawang putih memang dikenal sebagai bahan masak penuh manfaat. Salah satu manfaat bawang putih yang tersembunyi adalah bisa digunakan sebagai cara menghilangkan kutu rambut. Caranya adalah dengan memblender 10 siung bawang putih dan mencampurnya dengan menggunakan 3 sendok teh air perasan jeruk nipis. Oleskan pada kulit kepala hingga merata dan diamkan selama 30 menit. Jika sudah, bilas rambut menggunakan shampoo hingga bersih dan tidak berbau.

  1. Menggunakan Alkohol

Alkohol ternyata bisa digunakan untuk menghilangkan kutu rambut loh. Oleskan atau semprotkan alkohol dengan kadar 70% pada rambut dan pijat pijat dengan lembut. Diamkan rambut selama 20-30 menit. Kemudian gunakan shareit untuk menjatuhkan kutu dan telur kutu dari rambut. Setelahnya, lakukan keramas hingga rambut bersih. Karena sedikit ekstrim, anda bisa menggunakan cara ini seminggu sekali saja.

Demikian penjelasan lengkap tentang cara menghilangkan kutu rambut dengan cepat. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

mua parasayu