Olahraga nyatanya menjadi bentuk perawatan tubuh agar tetap fit paling efektif dan mudah dilakukan. Tetapi kesibukan manusia yang dipenuhi tuntutan membuat kebanyakan orang pada umumnya melupakan kegiatan berolahraga. Entah tuntutan dari pekerjaan, tugas kuliah, maupun karena hal lainya.

Padahal olahraga sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Karena dengan berolahraga membuat kita bisa tetap merasa sehat bahkan bisa membuat kita menjadi lebih produktif dalam melakukan berbagai hal. Sebenarnya ada pelbagai macam cara olahraga yang cukup untuk membuat tubuh kita menjadi bugar. Diantaranya:

  1. Jogging 15 menit, push 12 x 3, sit up 12 x3

Dengan olahraga ringan seperti itu saja juga sudah membuat tubuh kita tetap terjaga dan sehat sepanjang hari.  Olahraga tersebut bisa dilakukan secara rutin baik pada pagi hari, sore hari, atau pada malam hari. Sangat tidak dianjurkan berolahraga pada siang hari. Alih-alih mendapat tubuh yang sehat malah membuat tubuh kita kekurangan cairan atau biasa disebut dihidrasi.

Pada umunya masyarakat menganggap bahwa dengan berolahraga di siang hari efektif untuk membakar lemak di tubih terutama bagian perut. Dengan panasnya matahari beserta mengenakan pakaian yang panas, sebut saja menggunakan jas hujan yang aslinya di gunakan pada musim hujan, malah digunakan untuk berolahraga siang hari, tentu saja hal tersebut sangat tidak boleh dilakukan.

Karena jika dilakukan saat tubuh kita mengalami dihidrasi baik ringan, sedang, maupun berat, tubuh kita akan kehilangan 2 kg berat badan tubuh kita, dan kondisi tersebut dapat membuat tubuh kita drop jika sering dilakukan.Lalu jika tidak bisa melakukan kegiatan olahraga diluar seperti yang di jelaksan diparagraf sebelumnya.

Baca Juga : 5 Pilihan Merek Bedak Yang Bagus Produksi Lokal
  1. Olahraga Dimana Saja, Ini Caranya

Memang olaharaga adalah sesuatu yang bisa dilakukan dimana saja, yang terpenting adalah niat dari dalam diri kita masing-masing. Semisal seorang pekerja kantor bisa menggunakan kursinya untuk melakukan gerakan push up, scout jump, dan gerakan lainnya. Sehingga ketika di kantor saat kita jenuh melakukan pekerjaan serta harus menatap layar computer dengan cukup lama, membuat tubuh menjadi kaku dan tidak fit.

Bagi para perempuan yang pada umumnya bekerja sebagai ibu rumah tangga, pasti sangat malas untuk melakukan olahraga rutin. Tapi hal tersebut juga bisa disiasati dengan melakukan berbagai gerakan ringan seperti, naik turun tangga di kursi kecil sebanyak 15 kali repetisi, melakukan squot yang bersandar pada tembok sekitar 30 detik, melakukan variasi gerakan plank diantaranya, plank miring kanan ataupun kiri, plank dengan mengangkat kaki secara bergantian, plank ini dilakukan selama 30 detik sebanyak tiga kali repetisi. Plank ini sangat efektif membakar lemak diperut dan meratakan bentuk perut.

Nah sudah bisa diketahui bahwa olahraga tidak harus menyita banyak waktu dan bisa dilakukan dimanapun karena memang olahraga sangat fleksibel tergantug niat dari diri seseorang masing-masing. Juga yang terpenting dari olahraga tersebut harus dilakukan secara rutin. Yakni bisa dilakukan tiga kali atau empat kali dalam seminggu, sudah bisa membuat tubuh kita menjadi bugra sehat dan fit sepanjang hari.

  1. Imbangi dengan konsumsi makanan yang tepat

Olahraga teratur saja masih belum cukup jika tidak dibarengi dengan asupan makanan yang mengandung zat gizi yang diperlukan oleh tubuh. Bahkan bisa dikatakan olaharaga kita sia-sia ketika pola makan kita juga sembarangan. Karena pada dasarnya penyakit yang sering ditimbulkan penyebabnya adalah pola makan yang tidak baik.

Banyak sekali jajanan di pinggir jalan yang kurang memperhatikan kebersihan oleh sebab itu baiknya kita selektif dalam memilih makanan untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Lalu seperti apa pola makan yang benar untuk perawatan tubuh agar retap fit? pola makan yang sehat adalah pola makan yang disesuaikan dengan kebutuhan kalori kita dalam sehari saat melakukan kegiatan, dan jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh juga akan berbeda berdasar jenis kelamin, berat badan, dan ukuran kegiatan baik kegitan yang ringan, sedang, serta berat.

Jadi intinya adalah cara membuat tubuh kita tetap bugar dan fit adalah melakukan olahraga secar rutin beserta menjalankan pola makan yang sehat.

Baca Juga : Perawatan Tubuh dan Tips-Tipsnya

Baca Juga : Perawatan Tubuh Ketika Hamil