Sahabat, pernahkah anda merasa disibukkan dengan permasalahan rambut yang mau tidak mau harus anda atasi? Pernahkah anda dibuat tidak percaya diri karena kondisi rambut kita? nah bagi kaum hawa, masalah rambut ini memang banyak menyedot perhatian. Walaupun memang diluar sana banyak orang yang cuek dengan kondisi rambutnya, tapi ada juga orang orang yang bahkan rela mengeluarkan banyak uang demi keindahan setiap jengkal rambutnya. Sebenarnya banyak orang yang belum mengetahui jika merawat rambut akan lebih baik jika disesuaikan dengan jenis rambut, karena selain akan maksimal, hal ini juga menghindarkan masalah yang lebih serius yang mungkin muncul karena jenis rambut atau kulit kepala kita ternyata tidak cocok.

Nah pada artikel kali ini, saya akan memberikan sedikit tips yang mungkin bermanfaat  untuk mengetahui tentang bagaimana cara merawat rambut sesuai dengan jenisnya.

1.   Rambut Normal

Yang pertama ada rambut jenis normal. Disebut sebagai rambut normal, karena produksi minyak pada kulit kepala tidak kurang dan tidak berlebih. Rambut ini sering kita jumpai pada orang yang berkulit putih. Walaupun begitu, tidak menutup kemungkinan rambut normal bebas dari masalah kerusakan rambut. Oleh karena itu, perawatan yang cocok tetap perlu untuk diperhatikan.

Cara perawatan dari rambut normal ini umumnya mudah. Gunakan shampoo yang komposisinya mengandung ekstrak lidah buaya, vitamin C, dan asam amino. Karena zat ini bisa memperkuat rambut dan membantu pertumbuhan. Selain itu dalam satu minggu minimal kita harus keramas sebanyak 3 kali. Jangan sampai kita berhari hari tidak keramas ya, karena itu bisa jadi sarang kuman dan kotoran. Jika kita ingin melembutkan rambut, maka gunakan conditioner seperlunya, dan jangan menggunakan cat rambut atau mengkriting rambut, karena bisa menyebabkan berubahnya produksi minyak pada kulit kepala.

Baca Juga : 6 Cara Modern Mengatasi Rambut Rontok Akibat Pewarna

Baca Juga : 7 Bahan Alami Solusi Untuk Merawat Rambut Kering Agar Lembab

2. Rambut Kering

Apakah rambut anda sulit diatur/disisir, gampang kusut dan rapuh? Jika iya, maka jenis rambut anda adalah jenis rambut kering. Ya rambut kering ini umumnya sering rontok dan mudah patah. Kandungan minyak pada rambut yang berfungsi melembutkan sangat kurang sehingga rambut terlihat kusam dan kadang ujungnya patah patah.

Jika anda memiliki rambut jenis kering, kurang lebih begini cara perawatannya, pertama dalam hal pemilihan shampoo, pilihlah shampoo yang mengandung ekstrak merang sebab ini akan berfungsi membersihkan kotoran dan lemah pada kulit kepala. Jika anda kesulitan mendapat shampoo dengan kandungan seperti itu, anda juga bisa membuat sendiri yaitu dengan mencampurkan minyak zaitu dan madu. Selain itu gunakan conditioner seperlunya saja, jangan berlebihan. Dan juga hindari alat penata rambut seperti hair dryer, karena akan menurunkan kadar protein, sehingga rambut akan terlihat kering jika terlalu sering digunakan.

3.  Rambut Berminyak

Jenis rambut berminyak adalah kebalikan dari rambut kering. Pada rambut berminyak justru produksi minyak berlebihan, dengan begitu, rambut berminyak seringnya cepat lengket dan mudah dihinggapi kotoran. Rambut berminyak ini bisa disebabkan oleh factor hormonal.

Untuk perawatannya sendiri, tidak jauh berbeda dengan jenis rambut yang lain. Hanya saja gunakan shampoo yang mengandung asam seperti ekstrak lemon, yang fungsinya mengurangi produksi minyak pada kulit kepala. Untuk menyegarkan rambut gunakan penyegar atau yang sering disebut toner. Dan jangan lupakan conditioner untuk melembutkan rambut anda. Namun cara pemakaian conditioner yang benar adalah mengoleskannya di bagian tengah dan ujung rambut saja. Dan jangan terlalu sering mengkonsumsi makanan yang mengandung minyak berlebihan.

4. Rambut Kombinasi

Rambut kombinasi ini adalah gabungan dari rambut kering dan rambut berminyak. Apa rambut anda berminyak di bagian kulit kepala dan ujung rambutnya patah patah? Jika iya kemungkinan maka rambut anda berjenis kombinasi. Factor keturunan atau ketedakseimbangan hormonal menjadi penyebab rambut berjenis ini.

Namun, tidak usah khawatir, karena terdapat perawatan untuk rambut jeins ini, diantaranya yaitu hindari pemakaian air panas saat keramas, gunakan air dingin saja. Untuk shampoo sebaiknya memakai shampoo untuk shampoo rambut normal saja, hal ini karena jika anda menggunakan shampoo rambut berminyak, maka rambut anda akan semaki kering. Dan jangan lupa jika memakai conditioner, pakailah pada bagian ujung rambut saja, jangan pada kulit kepala, karena jika iya, kulit kepala anda akan semakin berminyak.

5. Rambut Berketombe

Pasti anda kurang percaya diri jika banyak menemukan ketombe anda pada baju. Nah jika anda sering berketombe maka jenis rambut anda mungkin masuk rambut berketombe. Ketombe sendiri itu merupakan pengelupasan kulit mati pada kulit kepala. Peneyebabnya bisa saja karena jarang keramas, dan mungkin rambut jrang terawat. Tapi tenang saja, berikut perawatan yang mungkin bisa anda lakukan untuk mengurangi ketombe pada rambut anda.

Pemilihan shampoo khususnya, pilihlah shampoo yang memiliki kandungan menthol, yang fungsinya untuk memperlambat pertumbuhan jamur pada kulit kepala. Selain itu, sering seringlah keramas dan menyisir rambut, atau jika ingin memakai conditioner juga diperbolehkan, dengan anda rajin merawat rambut, maka sedikit demi sedikit rambut anda akan bebas dari ketombe.

Nah demikianlah artikel cara merawat rambut sesuai dengan jenis rambut, semoga bermanfaat untuk anda,,sampai jumpa dengan artikel berikutnya.

Baca Juga : Tips Untuk Mengurangi Kerusakan Rambut