Memiliki rambut yang indah, lebat, dan bebas masalah adalah idaman bagi setiap orang. Namun kebanyakan orang, cenderung abai dalam merawat rambut. Beberapa orang tidak melakukan perawatan rambut yang baik. Beberapa lainnya bahkan sama sekali tidak merawat rambutnya. Akibatnya timbul berbagai masalah pada rambut, mulai dari rambut mudah patah, memerah, muncul ubah dan lain sebagainya. termasuk juga rambut rontok.

Perawatan Rambut Rontok Paling Ampuh

Kerontokan rambut jika dibiarkan tanpa dilakukan perawatan rambut untuk mengatasinya akan menimbulkan masalah lebih serius. Sebagai contohnya adalah masalah kebotakan. Bukankah tidak lucu, apabila usiamu belum tua tetapi kamu sudah mengalami kebotakan. Oleh karena itu, ada baiknya kamu melakukan perawatan rambut rontok agar terhindari dari kebotakan. Beberapa perawatan rambut rontok paling ampuh yang bisa kamu lakukan di rumah:

  1. Merawat rambut rontok dengan lidah buaya

Perawatan Rambut

Selama ini lidah buaya sudah dikenal sebagai herbal alami yang berguna untuk kesehatan rambut. Kandungan vitamin dan mineralnya bagus untuk menutrisi rambutmu. Lidah buaya ini memiliki manfaat untuk merangsang pertumbuhan akar rambut baru, memperbaiki sel dan jaringan rambut yang telah rusak, dan menghitamkan rambut secara alami. Kamu bisa merawat rambut rontokmu dengan lidah buaya, caranya:

  • Sediakan beberapa lidah buaya yang segar.
  • Lalu belah menjadi dua bagian untuk mengambil gel di dalamnya.
  • Gel tersebut usap-usapkan ke seluruh kulit kepala setelah kamu keramas.
  • Setelahnya kamu diamkan selama setengah jam, tunggu sampai mengering.
  • Setelah kering, kamu bisa membilasnya menggunakan air dingin hingga bersih.
Baca Juga : 7 Tatanan dan Perawatan Rambut Kering Keriting

Baca Juga : 7 Cara Mengatasi Rambut Rontok Akibat Smoothing
  1. Merawat rambut rontok dengan minyak kemiri
Perawatan Rambut

Sumber Gambar : minyak-kemiri.com

Kemiri yang populer sebagai bumbu dapur, nyatanya berguna untuk kesehatan rambut. Sebab di dalam kemiri terdapat minyak-minyak esensial alami yang bagus sekali untuk menyuburkan rambut maupun alis, kumis dan jenggot. Kamu bisa merawat rontok dengan minyak kemiri buatan pabrik maupun membuatnya sendiri. Jika ingin merawat rambut rontok dengan minyak kemiri buatan sendiri adalah:

  • Siapkan beberapa kemiri dan sangrai hingga keluar minyaknya.
  • Teteskan minyak tersebut kepada bagian rambut yang mengalami kerontokan. Usahakan kamu sudah keramas terlebih dahulu.
  • Lakukan pemijatan yang ringan agar meresap sempurna.
  • Selanjutnya kamu diamkan selama 1-2 jam.
  • Lalu kamu bilas menggunakan air dingin hingga bersih.
Baca Juga : Langkah-Langkah Perawatan Rambut Rontok Berinyak

Baca Juga : 7 Cara Perawatan Rambut Rontok Pada Ibu Menyusui
  1. Merawat rambut rontok dengan santan

Perawatan Rambut

Santan juga bagus digunakan sebagai perawatan rambut rontok. Santan mengandung beberapa mineral, vitamin B, protein, zat besi, dan masih banyak lain. Semuanya bagus untuk kesehatan rambut dan juga membuat rambutmu berkilau. Kamu cukup merawat rambut rontok dengan santan yaitu:

  • Sediakan ½ buah kelapa lalu peras hingga menjadi santan siap pakai segelas.
  • Lalu kamu bersihkan rambutmu dengan berkeramas.
  • Oleskan santan ke seluruh kulit kepala dan rambut. Lalukan pemijatan ringan untuk membantu santan meresap ke dalam kulit.
  • Kamu diamkan selama 1 jam sambil dibalut dengan handuk hangat. Handuk hangat didapat dari handuk yang sudah dicelupkan pada air hangat.
  • Setelah ada 1 jam, kamu bisa membuka balutan handuk di kepalamu. Dan kamu bisa membilasnya dengan air dingin hingga bersih.
Baca Juga : Tips Cantik Rambut Pendek Ala Artis Korea Park Shin Hye dan Lainnya

Baca Juga : 10 Tips Cara Melakukan Perawatan Rambut Kering Rontok Bercabang

Nah itulah beberapa perawatan rambut rontok paling ampuh beserta caranya. Selain itu juga masih ada beberapa bentuk perawatan rambut rontok yang bisa kamu gunakan. Silakan baca beberapa tulisan lain yang punya topik sama tentang rambut rontok pada laman ini.