Apapun kondisi rambut kamu, syukuri saja. Jangan mengeluh hanya karena tidak memiliki rambut hitam lurus. Toh ada banyak cara yang bisa kita gunakan untuk membuat rambut menjadi lebih indah, termasuk perawatan rambut kering keriting.

Rambut kering keriting juga bisa disulap menjadi tatanan rambut yang oke dan tepat dengan tampilan muka. Walau memang cara mengaturnya sedikit lebih sulit jika dibandingkan dengan rambut lurus.

Perawatan Rambut Kering Keriting

Kamu bisa melakukan beberapa bentuk perawatan rambut kering keriting kamu dengan cara berikut. Yang terpenting, agar rambut tidak terlalu kering, ada baiknya kamu rajin menggunakan vitami rambut untuk menjaga kesehatanya. Berikut beberapa tips perawatan rambut kering keriting yang bisa kamu lakukan.

  1. Memperhatikan potongan rambut

Ada banyak jenis potong rambut yang bisa kita pilih. Tapi untuk pemilik rambut keriting, pilihanya hanya terbatas. Rambut kering keriting akan lebih tampak indah dan eksotis jika dipotong dengan tepat. Potong rambut panjangmu dengan model layer. Gaya rambut yang bertingkat ini akan membuat rambut mudah diatur dan tidak mengembang. Usahakan kamu rajin memotong rambut keritingmu agar mengurangi tingkat kekeritinganta. Biasanya sekitar 10-20 minggu sekali.

Baca Juga : 7 Cara Mengatasi Rambut Rontok Akibat Smoothing

Baca Juga : 9 Tips Cantik Rambut Keriting Yang Dapat Membuat Kamu Terlihat Lebih Cantik
  1. Menggunakan kondisioner dan vitamin rambut yang cocok

Peggunaan kondisioner dan vitamin untuk kondisi rambut kering keriting sangat penting. Jangan pernah lupa menggunakan kondisioner sehabis berkeramas. Kondisioner bermanfaat membuat rambutmu lebih mudah diatur. Oleskan juga vitamin rambut agar rambut tampak berkilau dan tidak kering. Dengan perawatan yang tepat, rambut kering keriting akan lebih mudah ditata dan tekstur rambut keritingnya lebih indah.

  1. Jangan menggunakan hair dryer

Sebisa mungkin pemilik rambut kering keriting dilarang menggunakan hair dryer saat mengeringkan rambut. Lebih baik mengeringkan rambut dengan cara sederhana. Cukup dengan menepuk-nepuk pelan rambut dengan handuk lembut. Dan biarkan mengerig dengan sendirinya. Mengeringkan rambut dengan hair dryer hanya akan merusak rambut keriting dan menyulitkan menata rambut nantinya.

  1. Menyisir dengan perlahan

Gunakan sisir bergerigi jarang dan pelan saat menyisir rambut keriting. Hal ini untuk menghindari terjadinya rambut rontok saat menyisir. Jika rambut keriting tebal dan padat, kamu bisa menyisirinya hanya dengan jari. Saat menyisir, ada baiknya kamu gunakan minyak rambut agar mengurangi tingkat kekeringanya sekaligus juga untuk menghindari rambut patah.

  1. Mengepang rambut

Mengepang rambut keriting merupakan cara menata rambut yang tepat bagi rambut keriting. Mengepang rambut keriting akan membuat rambut lebih rapi, tipis, dan tidak mengembang, serta mudah teratur. Ingat, jangan pernah iri pada mereka yang punya rambut lurus lalu kamu coba membiarkan rambut kam terurai.

  1. Jangan menggunakan alat pelurus rambut

Biasanya pemilik rambut keriting ingin memiliki rambut lurus. Akhirnya mereka meluruskan rambut mereka menggunakan alat pelurus rambut. Alat pelurus rambut ini hanya akan merusak kesehatan rambutmu dan tampilan rambutmu menjadi jelek. Kamu bisa tampil dengan rambut keritingmu dengan indah asalkan melakukan perawatan rambut yang tepat. Jadi jangan menggunakan alat pelurus rambut. Yang keriting biarlah tetap keriting, kita hanya perlu mengaturnya bukan mengubahnya.

Baca Juga : Cara Mudah dan Sederhana Melakukan Perawatan Rambut Kering dan Keriting Yang Dapat Kamu Coba

Baca Juga : 6 Bentuk Perawatan Rambut Kering Setelah Smoothing
  1. Menghindari penggunakan produk rambut yang mengandung alcohol

Produk rambut yang mengandung alcohol hanya akan membuat rambut keritingmu makin kering. Jadi hendak memilih produk rambut yang tepat terutama saat proses hair styling. Kalau perlu gunakan saja produk berbahan alami. Misalnya yang terbuat dari lidah buaya atau bahan alami lainya.

Nah itulah beberapa bentuk perawatan rambut kering keriting. Penting untuk kamu ingat, biar kondisi rambut kamu tidak semakin kering, usahakan untuk selalu menggunakan penutup kepala ketika berada di luar rumah dan terkena paparan sinar matahari secara langsung.