Perawatan Rambut
Sumber Gambar : allthingshair.com

6 Cara Mengatasi Rambut Rontok Akibat Rebonding

Posted on

Rambut lurus masih menjadi impian banyak perempuan Indonesia. Memang, memiliki rambut lurus bisa membuat tampilan jadi makin mengesankan. Maka tak salah bila banyak perawatan rambut bisa kita pilih untuk membuat rambut jadi lurus. Salah satunya adalah rebonding. Apalagi jika melihat iklan di televisi, pasti kebanyakan menggunakan bintang iklan dengan rambut hitam lurus.

Dengan rebonding, kita bisa mendapatkan rambut lurus secara instan. Sayangnya, perawatan rambut lurus yang satu ini bukanlah tanpa resiko. Melakukan rebonding pada rambut bisa menyebabkan beberapa masalah, misalnya rambut kering, bercabang dan mudah rontok. Hal ini tak lepas dari penggunaan bahan kimia yang berlebihan saat melakukan rebonding. Apalagi saat rebonding, rambut juga terkena suhu panas yang berlebihan.

Mengatasi Rambut Rontok Akibat Rebonding

          Hal tersebut tentu akan mengakibatkan berbagai persoalan pada rambut. Terutama bila tidak dirawat dengan intensif. Untuk itu, kita harus melakukan beberapa perawatan rambut dan mengatasi rambut rontok akibat rebonding. Beberapa cara tersebut misalnya:

  1. Memotong ujung-ujung rambutmu yang bercabang

Rambut yang direbonding cenderung memiliki ujung bercabang. Potonglah ujung rambut tersebut. Hal ini bertujuan untuk membuang bagian rambut yang rusak. Memotong ujung rambut yang rusak, bisa kamu lakukan setiap saat kala kamu menemukan ujung yang bercabang. Tapi biasanya setelah dipotong rambut akan tumbuh secara normal kembali.

Baca Juga : Kenali Perawatan Rambut Rontok Paling Ampuh Beserta Caranya

Baca Juga : 7 Tatanan dan Perawatan Rambut Kering Keriting
  1. Menggunakan masker alami dengan lidah buaya

Lidah buaya dikenal sebagai herbal yang bagus untuk kesehatan rambut. Lidah buaya juga menyuburkan rambut. Sehingga bagus untuk mengatasi masalah rambut rontok akibat rebonding. Cara pengaplikasikannya juga mudah. Kamu hanya perlu membelah lidah buaya menjadi dua bagian. Lalu kamu ambil gelnya. Setelah itu oleskan gel lidah buaya tersebut ke seluruh bagian rambut dan kulit kepala. Diamkan selama 1 jam dengan dibalut handuk hangat. Terakhir bilaslah menggunakan air dingin yang bersih. Untuk menghilangkan bau tidak sedap pada lidah buaya, bisa ditambahkan minyak zaitun. Cara ini cukup ampuh untuk mengatasi rambut rontok akibat rebonding.

  1. Menggunakan vitamin rambut

Kamu bisa menggunakan vitamin rambut yang dijual bebas di pasaran. Gunakan vitamin rambut yang mengandung vitamin B3 dan E untuk rambut rontok akibat rebonding. Vitamin B3 dan E ini bagus untuk anti oksidan tinggi dan memperlancar sirkulasi peredaran darah di kepala. Vitamin rambut bisa kamu dapatkan di apotek terdekat.

Baca Juga : 8 Cara Merawat Rambut Kering Habis Rebonding Agar Rambut Kembali Sehat

Baca Juga : Bahaya Rebonding Yang Tidak Disadari dan Cara Perawatan Rambut Akibat Rebonding
  1. Melakukan creambath secara rutin

Creambath dilakukan untuk memberikan asupan nutrisi pada rambut. Rambut rebonding cenderung rusak sehingga perlu diberikan nutrisi rambut yang banyak. Creambath juga memberikan manfaat melembutkan rambut dan juga mendinginkan kepala. Oleh karena itu perlu dilakukan creambat secara rutin, misalnya satu bulan sekali.

  1. Menggunakan shampoo khusus rambut rebonding

Ada baiknya kamu menggunakan shampoo khusus rambut rebonding. Pasalnya shampoo dengan jenis ini sudah disesuaikan dengan kondisi rambut rebonding. Ada baiknya mencuci rambut dengan air dingin bukan air hangat.

Baca Juga : 7 Cara Mengatasi Rambut Rontok Akibat Smoothing

Baca Juga : 6 Bentuk Perawatan Rambut Kering Setelah Smoothing
  1. Rutin memotong rambut

Fungsi memotong rambut dengan rutin hampir sama dengan memotong ujung rambut. Namun yang membedakan jika memotong ujung rambut untuk mengawali perawatan rambut. Maka rutin memotong rambut untuk mencegah rambut rontok akibat rebonding kembali.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi rambut rontok akibat rebonding. Ada baiknya kamu tetap menjaga kesehatan dan kebersihan rambut. Gunakanlah penutup kepala saat kamu beraktivitas di luar rumah. Setidaknya rambut kamu akan terhindar dari paparan sinar matahari secara langsung.