Bagian mata merupakan hal yang paling penting ketika bermakeup. Makeup mata merupakan kunci utama kesuksesan hasil suatu makeup. Maka jangan heran jika sebagaian besar wanita lebih memperhatikan makeup pada bagian matanya. Makeup bagian mata meliputi pengaplikasian eyeshadow, eyeliner, maskara dan alis. Sama seperti fungsi makeup mata lainnya, eyeliner berfungsi untuk mempercantik tampilan mata. Walaupun memiliki peran yang penting dalam menentukan hasil makeup, namun sayangnya masih banyak wanita yang belum bisa menggunakan eyeliner dengan benar sesuai dengan bentuk matanya. Dengan demikian diperlukan tips cantik memakai eyeliner sesuai dengan bentuk mata. Sebelum kita mengaplikasikan eyeliner, alangkah baiknya jika kita mengetahui apa saja jenis-jenis eyeliner itu.

  1. Eyeliner Pensil
Makeup

Eyeliner Pensil

Bentuk eyeliner yang paling populer adalah eyeliner pensil. Eyeliner pensil mudah untuk digunakan, tetapi cenderung tidak tahan lama sehingga perlu pengaplikasian ulang.

  1. Eyeliner Liquid
Makeup

Eyeliner Liquid

Eyeliner liquid atau cair biasanya dikemas dalam botol kecil yang dilengkapi dengan tutup disertakan kuas berbentuk sikat tipis dan runcing untuk memudahkan aplikasi. Jenis eyeliner ini memiliki warna yang lebih pekat dan tahan lama dibandingkan dengan eyeliner pensil.

Baca Juga : Cara Makeup Simple Tapi Cantik Untuk Digunakan Sehari-hari

Baca Juga : 11 Rekomendasi Pensil Alis Yang Bagus Yang Dapat Kamu Coba
  1. Liquid Pencil Eyeliner

Makeup

Liquid pencil eyeliner memiliki bentuk yang hampir sama dengan eyeliner cair, hanya sedikit yang membedakannya yaitu kuas dan kemasannya menyatu membentuk pensil. Jenis eyeliner ini lebih praktis dan mudah digunakan.

  1. Eyeliner Gel
Makeup

Eyeliner Gel

Eyeliner gel dikemas dalam sebuah pot kecil. Jenis eyeliner ini mirip dengan eyeliner cair, namun lebih kental. Cara pengaplikasian eyeliner gel yaitu dengan menggunakan kuas tipis dan runcing.

  1. Eyeliner Cake
Makeup

Eyeliner Cake

Eyeliner cake lebih banyak dipakai oleh para profesional makeup atau makeup artist, karena formulanya yang padat sehingga memungkinkan untuk bereksplorasi dengan berbagai gaya riasan. Cara penggunaanya yaitu sebelum diaplikasikan kuas harus dibasahi terlebih dahulu.

Setelah kita mengetahui jenis-jenis eyeliner, maka kita dapat mengaplikasikannya sesuai dengan kebutuhan bentuk mata kita. Inilah tips cantik memakai eyeliner sesuai dengan bentuk mata.

Baca Juga : 8 Produk Maskara Yang Bagus, Wajib Kamu Coba

Baca Juga : 6 Pilihan Eyeliner Favorit Yang Membuat Mata Kamu Tambah Cantik

Tips Cantik Memakai Eyeliner

  1. Mata Bulat

Seseorang yang memiliki bentuk mata bulat cocok menggunakan model eyeliner apa saja. Tips cantik memakai eyeliner jika kamu ingin mendapatkan hasil yang sempurna, aplikasikan eyeliner tipis hingga sedang pada bagian atas kelopak mata dan bawah kelopak mata. Sedangkan untuk memberikan efek panjang pada mata, bentuk garis panjang seperti sayap ke arah luar pada bagian kelopak mata.

  1. Mata Sipit

Bentuk mata sipit biasanya tidak memiliki lipatan pada kelopak mata. Bagi kamu pemilik mata sipit dengan menggunakan eyeliner maka dapat membuat bentuk mata terlihat lebih besar. Tips cantik memakai eyeliner untuk mata sipit dengan cara pengaplikasiannya yaitu bentuk garis eyeliner dengan sedikit tebal tepat di atas bulu mata. Selain itu, untuk mendapatkan tampilan yang lebih cantik kamu bisa membentuk eyeliner dengan bentuk cat eye.

  1. Mata Besar

Tips cantik memakai eyeliner berikutnya adalah untuk mata besar. Sama seperti mata bulat, seseorang yang memiliki mata besar cocok dengan bentuk eyeliner apa saja. Jika kamu ingin membuat tampilan matamu menjadi lebih kecil, cara yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan garis pada bagian bawah dan juga atas mata. Untuk tampilan mata yang lebih menarik kamu bisa membetuk eyeliner bentuk eye cat.

  1. Mata Turun

Bentuk mata turun atau mata sayu adalah mata dengan bentuk yang menurun pada bagian ujung luarnya. Untuk kamu yang memiliki bentuk mata ini, tips cantik memakai eyeliner untuk mata turun agar mata terlihat lebih naik yaitu dengan cara pengaplikasian tarikan garis eyeliner yang mengarah ke atas. Dengan menggunakan teknik ini dapat membantu tampilan mata terlihat lebih tajam dan lebih naik.

Baca Juga : Cantik Dengan Makeup Natural Tanpa Eyeliner? Apakah Bisa?

Baca Juga : Ingin Cantik Seperti Cinta Laura? Ini Dia Tips Cantik Ala Cinta Laura
  1. Mata Menonjol

Tips cantik memakai eyeliner untuk mata menonjol yaitu gunakanlah eyeliner tebal di bagian atas mata, kemudian bentuklah garis sudut mengarah ke luar agar mata terlihat lebih proposional. Teknik tersebut dapat membuat tampilan mata menjadi indah dengan kelopak yang lebih kecil.

  1. Mata Asimetris

Tips cantik memakai eyeliner yang terakhir yaitu untuk kamu yang memiliki mata asimetris atau mata tidak sama satu dengan yang lainnya. Cara pengaplikasian eyelinernya adalah bentuklah satu mata sehingga menyerupai bentuk mata yang satunya. Banyak wanita yang memiliki jenis mata asimetris. Dengan menggunakan teknik riasan mata tersebut dapat membantu membuat tampilan mata seimbang antara mata kanan dan mata kiri.