Kecantikan

10 Manfaat Kunyit Untuk Kecantikan, Cukup Ambil Dari Dapur

Manfaat Kunyit Untuk Kecantikan

Memiliki wajah cantik dan kulit yang sehat menjadi dambaan setiap orang, terutama wanita. Pelbagai cara dilakukan demi mendapat hasil yang maksimal. Belakangan ini juga, masker organik menjadi primadona untuk melengkapi serangkaian perawatan kecantikan dan kulit.

Salah satu bahan alami yang digunakan adalah kunyit. Rempah khas Asia Tenggara ini, rupanya sering menjadi bahan utama dalam membuat masker wajah karena manfaatnya.

Manfaat Kunyit Untuk Kecantikan

Kamu pasti penasaran kan apa saja manfaat kunyit untuk kecantikan? Simak baik-baik ya penjelasan di bawah ini.

1. Memiliki sifat anti-inflamasi

1 5 - 10 Manfaat Kunyit Untuk Kecantikan, Cukup Ambil Dari Dapur

Kunyit bersifat anti-inflamasi serta anti-bakteri yang bekerja sangat baik untuk mengobati berbagai jenis masalah pada kondisi kulit. Hal ini juga membantu mencegah kerusakan-kerusakan pada kulit wajah.

Sifat lain dari kunyit adalah mengandung anti-oksidan dan anti-septik yang tentunya memberi banyak manfaat untuk memperbaiki kulit wajah.

2. Membantu menghilangkan jerawat

2 4 - 10 Manfaat Kunyit Untuk Kecantikan, Cukup Ambil Dari Dapur

Manfaat utama kunyit adalah membantu menghilangkan jerawat bahkan yang membandel sekalipun. Kunyit bersifat anti-septik yang membantu berbagai permasalahan kulit, termasuk mengecilkan pori-pori, mengontrol produksi minyak atau sebum berlebih dan menenangkan kulit berjerawat.

Tak hanya itu, kunyit dapat bekerja lebih cepat jika di kombinasikan dengan cuka apel yang mengandung zat astringen, yang dapat dijadikan sebagai toner.

Kamu dapat menggunakan masker kunyit untuk perawatan kulit jerawat. Dengan menggunakan bubuk kunyit yang dicampurkan dengan satu sendok cuka apel kemudian aplikasikan pada wajah. Diamkan selama 15 menit, lalu bilaslah dengan air. Jangan lupa untuk memakai moisturizer setelahnya, agar kulitmu tetap lembab.

3. Menyamarkan bekas atau noda hitam jerawat

3 4 - 10 Manfaat Kunyit Untuk Kecantikan, Cukup Ambil Dari Dapur

Jerawat yang mulai mengempis tentu meninggalkan bekas-bekas seperti bintik atau noda hitam, bahkan tak jarang untuk jerawat batu akan meninggalkan bopeng-bopeng pada wajah.

Untuk mengatasinya, kamu dapat menggunakan masker kunyit. Karena kandungan sifat anti-radang pada kunyit membantu menyamarkan bekas jerawat. Selain anti-radang, kunyit juga mengandung kurkumin, yang bermanfaat mencerahkan kulit dan memudarkan bekas luka pada wajah.

Jika ingin hasil yang maksimal, kamu bisa menggunakan masker kunyit secara rutin, dua minggu sekali.

4. Mencegah keriput dan tanda penuaan dini

4 4 - 10 Manfaat Kunyit Untuk Kecantikan, Cukup Ambil Dari Dapur

Siapa sih yang ingin punya keriput di wajah? Tentu akan sangat mengganggu. Semakin bertambah usia, tentunya sangat berpengaruh pada kondisi kulit. Muncul garis-garis atau keriput halus pada wajah, misalnya. Nah, untuk mengatasi hal ini, kamu juga bisa loh menggunakan masker alami berbahan kunyit secara rutin.

Kandungan anti-inflamasi pada kunyit dapat memperbaiki kondisi kulit secara menyeluruh. Tentunya, ini juga berpengaruh pada garis-garis keriput pada wajah.

5. Membantu mencerahkan kulit

5 3 - 10 Manfaat Kunyit Untuk Kecantikan, Cukup Ambil Dari Dapur

Tidak ada salahnya jika kamu mencoba menjadikan kunyit, sebagai bahan alami untuk mendapatkan kulit wajah yang cerah, bukan? Sifat anti-inflamasi dan anti-oksidan pada kunyit menjadi kunci utama dalam membantu mencerahkan kulit. Selain itu, kunyit juga membantu menghilangkan area-area tertentu pada wajah yang terlihat kusam menjadi lebih baik.

Untuk membuat masker ini, kamu perlu mencampurkan bubuk kunyit secukupnya dengan satu sendok susu atau yogurt. Kedua bahan ini juga sangat ampuh untuk mencerahkan kulit wajah. Gunakanlah secara rutin dua minggu sekali untuk hasil yang memuaskan.

6. Melindungi kulit wajah dari sinar matahari

6 4 - 10 Manfaat Kunyit Untuk Kecantikan, Cukup Ambil Dari Dapur

Berdasarkan hasil penelitian oleh American Academy of Dermatology (AAD) mengatakan, bahwa sebuah krim pelembab yang mengandung kunyit, mempunyai khasiat yang berguna untuk memperbaiki garis halus atau bintik-bintik coklat yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

Selain itu, kunyit juga dapat mencegah hilangnya elastisitas kulit yang terkena paparan sinar UVB dalam jangka waktu yang panjang. Kamu dapat membuat masker sendiri dengan cara mencampurkan setengah sendok teh bubuk kunyit dengan satu sendok teh madu. Diamkan 10 menit, lalu bilaslah dengan air hangat.

7. Mengurangi lingkaran hitam pada mata

7 5 - 10 Manfaat Kunyit Untuk Kecantikan, Cukup Ambil Dari Dapur

Nah, untuk kamu yang mudah mendapatkan lingkaran area mata menjadi hitam, atau biasa dikenal dengan sebutan mata panda, kamu tidak perlu khawatir. Rempah dapur yang satu ini dipercaya dapat mengatasi mata pandamu, loh!

Kamu dapat mengandalkan kunyit sebagai perawatan lingkaran hitam pada mata. Selain dapat mencerahkan kulitmu, kunyit yang memiliki sifat anti-inflamasi ini, dapat merangsang sirkulasi, sehingga membantu mengurangi lingkaran hitam di area mata yang disebabkan oleh sirkulasi yang buruk.

8. Membantu melembabkan kulit kering

8 5 - 10 Manfaat Kunyit Untuk Kecantikan, Cukup Ambil Dari Dapur

Kunyit juga dapat melembabkan dan merevitalisasi kulit sehingga mengurangi dampak kulit kering. Secara alami, manfaat ini juga dapat membantu mempercepat proses pengangkatan sel kulit mati dan menggantinya dengan kulit yang lebih sehat  serta melindungi kulit pada kerusakan lebih lanjut.

Tak hanya masker, kamu juga perlu mengonsumsi kunyit dalam bentuk teh atau sebagai tambahan pada bahan makanan. Tentunya perawatan dari dalam dapat menunjang manfaat lebih banyak untuk wajah.

9. Memutihkan gigi secara alami

9 5 - 10 Manfaat Kunyit Untuk Kecantikan, Cukup Ambil Dari Dapur

Kamu pasti akan kaget saat mengetahui jika warna kuning serta efek pedas pada kunyit, ternyata ampuh untuk digunakan sebagai pemutih gigi. Bahan yang satu ini memiliki kekuatan secara alami untuk memutihkan gigi, serta meringankan radang gusi.

Manfaat kunyit untuk kecantikan adalah dapat menjadi pasta gigi alami tanpa fluoride, dan dapat menangkal bakteri. Untuk membuat DIY pasta gigi kunyit, kamu dapat mencampurkan empat sendok makan bubuk kunyit, dua sendok makan baking soda, dan satu sendok makan minyak kelapa. Gunakan seperti pasta gigi biasa selama tiga menit, lalu bilaslah dengan air yang mengalir.

10. Mengangkat sel kulit mati

10 5 - 10 Manfaat Kunyit Untuk Kecantikan, Cukup Ambil Dari Dapur

Manfaat kunyit untuk kecantikan yang terakhir adalah untuk menghilangkan sel kulit mati. Terutama bila kamu gunakan sebagai masker. Hal ini sudah terbukti sejak dulu. Hebatnya lagi, menggunakan kunyit sangat aman karena tidak meninggalkan bekas.

So, kamu tertarik untuk menjadikan kunyit sebagai alternatif perawatanmu di rumah? Silakan temukan manfaat kunyit untuk kecantikanmu.

Comments are Closed

Theme by Anders Norén