Kecantikan

Tak Cuma Sehat, Ada Juga 12 Manfaat Cuka Apel untuk Kecantikan

manfaat cuka apel untuk kecantikan

Jika kamu mencari tahu apa manfaat cuka apel untuk kecantikan di YouTube, pasti banyak ditemukan review tentang cuka apel yang digunakan sebagai toner. Kepopuleran cuka apel juga sampai ke Indonesia.

Bahkan, artis internasional sekelas Scarlett Johansson – salah satu pemeran di avenger pun menggunakan cuka apel ini sebagai toner. Toner cuka apel dipercaya dapat menghilangkan jerawat dan mencegah jerawat datang lagi. Dan tidak hanya sebagai toner, cuka apel juga punya banyak manfaat kecantikan lainya:

Manfaat Cuka Apel untuk Kecantikan

Berikut parasayu coba sajikan beberapa manfaat cuka apel untuk kecantikan yang terbukti dalam dunia medis:

1. Membantu Menyeimbangkan pH Kulit

1 4 - Tak Cuma Sehat, Ada Juga 12 Manfaat Cuka Apel untuk Kecantikan

Cuka apel banyak dimanfaatkan untuk membantu menyeimbangkan pH kulit. Khusus untuk kulit kepala, pH yang seimbang bisa menghindari kulit kepala kamu dari masalah ketombe dan berbagai masalah lainya.

Selain itu, pH yang seimbang akan mencegah timbulnya jerawat. Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu bisa menggunakan cuka apel sebagai toner dengan perbandingan 1 banding 2 dengan air. Bisa pula kamu konsumsi langsung.

2. Menyembuhkan Jerawat yang Meradang

2 3 - Tak Cuma Sehat, Ada Juga 12 Manfaat Cuka Apel untuk Kecantikan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, cuka apel dapat membantu menyembuhkan jerawat. Hal ini dikarenakan cuka apel mampu menyeimbangkan pH kulit. Selain itu, sifat cuka apel yang sangat asam bisa membantu penyembuhan dan pengeringan jerawat yang sedang meradang.

Asam suksinat pada cuka apel dapat membantu meredakan peradangan sehingga jaringan parut tidak terbentuk. Sedangkan asam laknat memperbaiki kondisi kulit si penderita jerawat.

3. Memutihkan gigi

3 3 - Tak Cuma Sehat, Ada Juga 12 Manfaat Cuka Apel untuk Kecantikan

Selain menghilangkan bau mulut, manfaat cuka apel untuk kecantikan juga dapat membantu menghilangkan noda dan memutihkan gigi. Itu karena cuka apel bersifat asam. Hanya saja karena saking asamnya, kamu perlu mencampurnya dengan air agar tidak berisiko merusak enamel.

Proporsi yang tepat: satu bagian cuka sari apel dan dua bagian air atau satu banding dua. Berkumur sekitar 60 detik; bilas mulut secara menyeluruh dengan air, dan tunggu setidaknya 30 menit sebelum menyikat gigi.

4. Melembutkan kulit

4 3 - Tak Cuma Sehat, Ada Juga 12 Manfaat Cuka Apel untuk Kecantikan

Siapa yang tidak suka berendam santai sebelum tidur? Tingkatkan manfaat kecantikan saat kamu mandi dengan menuangkan cuka sari apel. Kandungan vitamin B1, B2, B6, dan C dalam cuka apel sangat bagus untuk memelihara dan melembutkan kulit. Inilah alasan mengapa kamu harus mulai mandi dengan campuran cuka apel.

5. Membantu Menghilangkan Bekas Jerawat

5 2 - Tak Cuma Sehat, Ada Juga 12 Manfaat Cuka Apel untuk Kecantikan

Selain menyembuhkan jerawat, perawatan wajah dengan cuka apel juga bisa menghilangkan bekas jerawat. Dengan begitu, wajah Anda akan terlihat mulus kembali tanpa bekas. Kandungan asam suksinat di dalam cuka apel membantu proses pengelupasan sel kulit mati.

6. Mengecilkan Pori-pori Wajah

6 3 - Tak Cuma Sehat, Ada Juga 12 Manfaat Cuka Apel untuk Kecantikan

Untuk membantu mengecilkan pori-pori, kamu juga dapat menggunakan cuka apel sebagai masker. Campurkan cuka apel dengan tepung beras dan mengoleskannya pada wajah. Setelah itu, diamkan selama 10 hinga 1 menit lalu bilas wajah sampai bersih.

Selain itu, bisa juga dengan mencampurkan satu sendok makan cuka apel dengan satu gelas air. Kemudian celupkan kapas ke dalam gelas dan gunakan untuk membersihkan wajah. Campuran cairan cuka apel dengan air ini dapat membantu mengencangkan kulit dan melancarkan sirkulasi darah kandungan asam asetat.

7. Membuat Rambut Lebih Sehat Berkilau

7 4 - Tak Cuma Sehat, Ada Juga 12 Manfaat Cuka Apel untuk Kecantikan

Jika kamu memiliki masalah rambut yang tidak sehat atau tidak berkilau, maka cuka apel bisa jadi solusi. Caranya dengan mencampurkan ½ sendok makan cuka apel dengan 1 cangkir air. Cairan ini bisa digunakan untuk tonik rambut, pijat lembut dan diamkan selama sekian menit kemudian dibilas.

8. Menghilangkan Bekas Produk Kimia di Rambut

8 4 - Tak Cuma Sehat, Ada Juga 12 Manfaat Cuka Apel untuk Kecantikan

Penumpukan produk kimia dapat membebani rambut, membuatnya terlihat kusam dan tidak rapi. Tentu, kamu bisa menggunakan sampo pembersih yang ada di toko, tetapi mengapa tidak mencoba buah obat racikan sendiri.

Campurkan dua sendok makan cuka apel dengan satu cangkir air suling. Setelah keramas, tuangkan larutan rambut. Bilas sampai bersih, dan lanjutkan dengan kondisioner hanya pada ujung rambut. Asam asetat dalam cuka apel mampu menghilangkan residu dan mengembalikan kilau.

9. Mengatasi Masalah Kulit Akibat Sengatan Matahari

9 4 - Tak Cuma Sehat, Ada Juga 12 Manfaat Cuka Apel untuk Kecantikan

Manfaat cuka apel untuk kecantikan berikutnya adalah dapat membantu mengatasi masalah kulit yang rusak akibat sinar matahari. Tidak hanya sebagai anti-inflamasi, tetapi juga mengandung kalium yang membantu mempercepat pemulihan.

Campurkan satu gelas cuka apel dan empat gelas air suling; rendam waslap dalam campuran dan oleskan ke daerah yang bermasalah untuk mengurangi kemerahan dan pembengkakan. Juga mampu untuk mencegah lecet dan mengelupas.

10. Membantu Program Diet Lebih Lancar

10 4 - Tak Cuma Sehat, Ada Juga 12 Manfaat Cuka Apel untuk Kecantikan

Cuka apel juga mampu membantu pembakaran lemak. Hal ini dibuktikan dengan penelitian di European Journal of Clinical Nutrition, cuka apel dapat mengurangi kalori yang ada pada makanan yang dikonsumsi sekitar 200 hingga 75 kalori. Selain itu, minum campuran cuka apel setiap hari juga dapat menekan nafsu makan sehingga betah tidak makan dalam waktu yang lebih lama.

11. Meningkatkan Kualitas Sistem Pencernaan

11 - Tak Cuma Sehat, Ada Juga 12 Manfaat Cuka Apel untuk Kecantikan

Mengkonsumsi cuka apel juga dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan karena adanya kandungan pektin pada cuka apel. Anda bisa mencapurkan atau menuangkan cuka apel ke dalam salad sayuran.

Hal ini akan bermanfaat untuk membersihkan pencernaan dan menjadikannya lebih sehat. Sistem pencernaan yang sehat, sama dengan menjaga bentuk tubuh yang ideal.

12. Memperkuat Kuku

12 - Tak Cuma Sehat, Ada Juga 12 Manfaat Cuka Apel untuk Kecantikan

Rajin merendam kuku dengan cuka apel setiap seminggu sekali ditambah dengan rendaman minyak sayur dapat membantu memperkuat kuku yang rapuh. Selain itu, juga mampu membantu menghilangkan noda kuning dan mencegah infeksi.

Selain itu, manfaat cuka apel untuk kecantikan lainya adalah mampu mengatasi eksim dan psoriasis. Juga bisa digunakan untuk bersihkan kuas makeup, cobalah.

Comments are Closed

Theme by Anders Norén