7 Tips Memilih Aksesoris Anting Wanita Terbaru yang Benar

Memilih aksesoris anting wanita terbaru bukanlah persoalan yang gampang. Soalnya setiap wanita memiliki selera masing-masing dan kecenderungan yang berbeda pada sesuatu. Belum lagi ditambah, di luar sana ada banyak sekali pilihan. Makin banyak pilihan, makin sulit pula menentukan salah satunya.

Anting, diperkirakan digunakan pertama kali sekitar 5.000 tahun yang lalu. Bukti sejarahnya berupa lukisan dinding dari masa Persia Kuno. Terlukis para tentara Persia yang mengenakan anting di kedua telinganya. Di masa lalu, anting juga digunakan sebagai penanda kelas sosial di masyarakat.

Model-Model Anting

Dengan berkembangnya jaman, anting-anting kini tidak hanya diperuntukkan bagi kaum yang berada aaja. Siapapun bisa menggunakannya. Fungsinya pun lebih sebagai pelengkap fesyen, bukan lagi penanda kelas sosial. Apa saja model anting wanita yang sering digunakan para wanita? Ini dia 5 di antaranya.

  • Anting Hoops. Ini bentuk anting klasik yang melingkari cupung telinga. Ukurannya bisa kecil maupun besar. Biasanya bayi atau anak-anak yang baru ditindik akan mengenakan anting hoops ukuran kecil. Sementara untuk fesyen, biasanya wanita memilih hoops ukuran besar.
  • Anting Studs. Bentuk anting-anting klasik lainnya adalah studs. Yang merupakan anting tusuk biasa. Biasanya modelnya sangat simpel, dengan batu atau manik-manik kecil menempel di cuping telinga. Ukurannya bisa sangat kecil atau agak besar. Anting studs adalah jenis yang paling biasa digunakan sehari-hari.
  • Anting Cluster. Anting cluster memiliki hiasan yang menggantung di bawah cuping telinga. Biasanya hiasannya tidak besar dan masih cocok untuk digunakan sehari-hari. Bisa berupa rhinestones, gemstones, dan lain-lain.
  • Anting Dangles. Anting jenis ini menjuntai di bawah cuping telinga, biasanya berukuran cukup besar. Bentuknya bisa beragam, mulai dari manik-manik, tassel, bulat, kotak, dan lain-lain. Desain dangles beragam. Mulai dari yang anggun, futuristik, sampai edgy.
  • Anting Teardrops. Ukuran anting teardrops bisa sedang maupun besar. Modelnya menyerupai tetesan air mata. Biasanya digunakan untuk pesta.

Baca Juga : Model Anting Wanita Terpopuler Sepanjang Masa, Cocok Buat Kado

Baca Juga : Jenis Sepatu yang Wajib Dimiliki Wanita, Sudah Punya?

Cara Memilih Aksesoris Anting

Nah setelah mengetahui bentuk-bentuk aksesoris anting, kamu mungkin masih bingung memilih salah satunya. Untuk memilihnya, kamu bisa melihat berdasarkan bentuk wajah, dan lain sebaganya.

  1. Pilih Anting Tusuk atau Jepit

Sebagian wanita sudah ditindik sejak bayi. Namun ada juga yang hingga dewasa tidak berani ditindik. Apa kamu salah satunya? Jangan kuatir, karena kamu masih bisa mengenakan anting untuk mempercantik penampilan. Cukup pilih jenis anting jepit. Sehingga tidak perlu tindikan di telinga.

Sebaiknya gunakan anting jepit dalam hitungan jam saja, agar cuping telinga tidak terlalu sakit. Gunakan anting jepit untuk acara tertentu saja. Jangan lupa lepaskan anting saat sudah tiba di rumah.

  1. Pilih Material Anting

Beruntung jika kulitmu tidak alergi terhadap bahan anting apapun. Karena banyak juga yang alergi terhadap besi, emas, atau perak. Bagi kamu yang memiliki alergi ini, masih bisa mengenakan anting, lho. Pilih saja anting dari bahan plastik, baik yang tusuk ataupun jepit.

  1. Pilih yang Berkualitas

Jangan lupa perhatikan kualitas anting. Terutama jika yang modelnya cukup rumit, seperti anting berjuntai, teardrops, dan dangles. Perhatikan apalah juntaiannya kuat dan bahannya bagus. Jangan sampai anting terlepas saat digunakan di acara penting. Setidaknya pilih yang bahannya cukup kuat.

  1. Wajah Bulat

Untuk si wajah bulat, sebaiknya menghindari penggunaan anting yang terlalu besar. Karena hanya akan membuat wajah terlihat lebih besar. Tetapi tenang, kamu masih bisa menggunakan anting teardrops dan dangles yang bentuknya memanjang dan berukuran sedang. Untuk sehari-hari, jami bisa gunakan anting studs berukuran kecil hingga sedang.

  1. Wajah Kotak

Bila kamu berwajah kotak, bisa memilih anting yang menjuntai panjang untuk ke pesta. Baik dari manik-manik ataupun tassel. Anting jenis hoops dengan segala ukuran juga cocok untuk wajah kotak. Hoops ukuran besar sangat cantik dipakai ke pesta atau bersantai dengan teman-teman.

Sementara untuk sehari-hari, gunakan anting hoops atau anting studs berukuran kecil. Gunakan bahan yang tidak terlalu mencolok agar bisa digunakan kemana saja dan tidak terlihat berlebihan.

  1. Wajah Oval

Beruntung jika kamu memiliki bentuk wajah oval. Karena bisa cocok dengan hampir semua jenis anting. Namun, jenis anting menjuntai memang sangat cocok untuk wajah oval. Kamu bisa mengenakannya saat ke pesta.

Selain itu, anting dengan drop berbetuk oval dan teardrop juga sangat cantik digunakan si wajah oval. Untuk sehari-hari m gunakan yang ukurannya kecil saja dengan bahan yang sederhana. Sementara untuk ke pesta, kamu bisa pilih dengan ukuran lebih besar dengan bahan yang lebih berkilau.

  1. Wajah Hati

Jika kamu memiliki bentuk wajah hati, paling cocok menggunakan anting dengan model memanjang dan menjuntai. Jenis anting yang cocok untuk si wajah hati adalah teardrops dan dangles.

Nah itu tips memilih aksesoris anting wanita terbaru. Dengan beragamnya pilihan model anting, bisa dengan mudah menyesuaikannya dengan bentuk wajahmu. Jadi, mau pilih anting model apa hari ini?