Begini Bunyi Doa Pernikahan Dari Sebelum Menikah Hingga Malam Pertama

Pernikahan merupakan salah satu bentuk ibadah yang suci dan mulia. Doa pernikahan juga merupakan amalan yang dianjurkan. Ada doa yang sempurna menurut Islam yang diucapkan rekan dan kerabat yang menghandiri pernikahan, maupun doa yang diucapkan oleh pengantin sendiri. Begini bunyi doa pernikahan tersebut:

1. Doa bagi Mempelai yang Melangsungkan Akad Nikah

doa pernikahan

Kalau kamu menghadiri undangan pernikahan seseorang, entah itu sahabat, rekan sekerja, ataupun kerabatmu sebaiknya kamu memanjatkan doa bagi kebaikan kedua mempelai yang sedang berbahagia tersebut.

Ada banyak ucapan doa yang dianjurkan untuk dilafalkan oleh para undangan yang hadir saat pelaksanaan akad nikah. Berbagai doa diperbolehkan, asalkan isinya meminta kebaikan dan disertai dengan niat yang benar.

Berikut teks doa pernikahan yang baik menurut ajaran Islam untuk kamu panjatkan bagi pasangan pengantin yang berbahagia:

Bârakallâhu laka, wa bâraka ‘alaika, wa jama’a bainakumâ fî khairin wa ‘afiyah.

Lafalan doa diatas mengandung harapan, semoga Allah Swt memberi berkah dan kebahagiaan atas mempelai, dan menyatukan kedua mempelai dalam kebaikan dan ‘afiyah.

Atau kamu bisa mengucapkan bacaan doa yang lebih lengkap, yaitu:

Bârakallâhu laka wa jama’a bainakumâ fî khairin. Bârakallahu likulli wâhidin minkumâ fî shâhibihi wa jama’a bainakumâ fî khairin.

Kalimat pertama dalam lafaz doa diatas mengandung harapan semoga berkah Allah Swt tercurah bagi mempelai dan semoga Allah Swt mengumpulkan kedua mempelai dalam kebaikan.

Sedangkan kalimat kedua mengandung makna: Semoga berkah Allah Swt tercurah bagi masing-masing mempelai atas pasangannya dan semoga Allah Swt mengumpulkan kedua mempelai dalam kebaikan.

2. Doa Mempelai Pria Setelah Akad

doa pernikahan

Ada pula bacaan doa dalam Islam yang disarankan untuk diucapkan mempelai pria setelah sah menjadi pasangan suami istri. Sebagiknya doa ini dipanjatkan sambil memegang ubun-ubun istrinya. Berikut bunyi bacaan doa pernikahan tersebut:

Allahumma inni as’aluka min khoirihaa wa khoirimaa jabaltahaa ‘alaih. Wa a’udzubika min syarrihaa wa syarrimaa jabaltaha ‘alaih.”

Lafaz doa diatas mengandung permohonan kepada Allah Swt. Memohon kebaikan dirinya (sang istri) dan kebaikan yang Allah tentukan atas dirinya (sang istri). Kalimat kedua memohon perlindungan dari kejelekan dirinya (sang istri) serta kejelekan yang Allah tetapkan atas dirinya (sang istri).

3. Doa Pasangan Pengantin Sebelum Berhubungan Intim

doa pernikahan

Sebelum berhubungan intim, ada pula doa yang sebaiknya diucapkan pasangan suami istri menurut Islam. Bunyi doa tersebut adalah sebagai berikut:

“Allahumma jannibnaasy syaythoona, wajannibisy syaythoona maa rozaqtanaa.”

Bacaan doa tersebut mengandung makna bahwa dengan menyebut nama Allah, memohon agar Allah menjauhkan kami dari gangguan setan, dan menjauhkan setan dari rezeki yang Allah anugerahkan kepada kami.

4. Doa Permohonan Keturunan

Kalau kamu ingin segera mendapatkan momongan, pasangan pengantin sebaiknya membaca doa yang dituliskan dalam QS. As-Shafat: 100. Begini bunyi doanya:

“Robbi hablii minash shoolihiin.”

Dengan memanjatkan lafaz doa tersebut, kamu dan istrimu meminta kepada Allah agar menganugerahkan anak yang saleh kepadamu.

Artinya: ya Allah, anugerahkanlah kepadaku anak yang saleh.”

Tak salah juga kalau kamu membaca doa yang dipanjatkan Nabi Zakaria AS ketika memohon dikaruniai keturunan. Berikut lafaz doanya:

“Ya Allah, berilah aku keturunan yang baik, anugerahkanlah aku keturunan yang saleh.”

Itulah bunyi doa pernikahan yang sempurna merurut Islam yang sebaiknya kamu ucapkan bagi pasangan pengantin yang kamu hadiri pernikahannya, atau yang sebaiknya kamu ucapkan sebagai pasangan suami atau istri yang taat pada Allah Swt.