20 Cara Membuat Bunga dari Kertas

Bunga kertas (paper flower) merupakan alternatif dekorasi yang patut kalian gunakan karena bunga satu ini cukup mudah dibuat dan memiliki harga yang terjangkau. Sayangnya, meskipun cara membuat bunga dari kertas sebenarnya sangat mudah tapi belum banyak orang tahu bagaimana membuatnya dengan benar. Padahal, kerajinan tangan satu ini tidak membutuhkan keterampilan khusus.

Jenis-jenis kertas untuk membuat bunga

Orang juga bertanya apakah semua jenis kertas bisa digunakan sebagai kerajinan tangan. Hal tersebut sebenarnya tidak sepenuhnya benar sebab ada beberapa kertas yang populer digunakan.  Hal ini dikarenakan tiap kertas memiliki tekstur serta ketebalan yang berbeda-beda. Untuk kerajinan paper flower sendiri terdapat beberapa jenis kertas yang cocok digunakan.

Kertas origami

cara membuat bunga dari kertas

gambar via tokopedia.com

Kertas origami merupakan kertas yang banyak dipilih untuk membuat kerajinan kertas termasuk bunga kertas oleh orang biasa. Kualitas bahannya yang bagus serta berwarna-warni membuatnya banyak disukai sebagai bahan dekorasi.  Jika kalian baru belajar, sebaiknya gunakan kertas ini untuk membuat bunga.

Kertas karton

cara membuat bunga dari kertas

gambar via importer.co.id

Meski memiliki tekstur seperti kertas HVS tapi kertas karton memiliki ukuran ynag lebih besar serta warna yang lebih bervariasi. Selain itu, ketebalan kertas ini juga lebih besardibandingkan dengan kertas lain sehingga dapat dibentuk dengan mudah. Kertas ini dapat kalian temukan di toko alat tulis dengan harga yang cukup terjangkau.

Kertas jasmine

cara membuat bunga dari kertas

gambar via importir.co.id

Kertas ini sering digunakan untuk membuat paper flower oleh para profesional. Oleh sebab itu cara membuat bunga dari kertas ini juga cukup rumit dan bervariasi. Tampilannya yang terkesan mewah, glamor dan mengilat membuat kertas ini cocok dijadikan bahan kerajinan untuk pesta. Oleh sebab itu, kertas ini memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan jenis kertas lainnya.

20 Cara membuat bunga dari kertas untuk hiasan

Kerajinan bunga dari kertas ini memiliki bentuk yang bermacam-macam. Mulai dari bentuknya yang sangat sederhana sampai yang rumit. Semua tergantung ketelatenan kalian yang membuatnya. Bila kalian ingin mencoba membuatnya, berikut ini ada beberapa cara membuat bunga dari kertas yang patut kalian coba.

  1. Bunga kertas sederhana

cara membuat bunga dari kertas

gambar via pinterest.com

Siapkan kertas origami dengan berbagai warna lalu gunting membentuk kelopak bunga yang besar. Buat lagi beberapa kelopak dengan ukuran yang lebih kecil dan usahakan memiliki warna yang berbeda. Satukan kelopak yang besar dengan kelopak yang lebih kecil dengan posisi kelopak yang kecil di atas kelopak yang lebih besar. Sediakan tangkai yang sudah dilapisi selotip warna-warni kemudian masukan tangkai tersebut ke tengah-tengah bunga. Buat sampul di ujung tangkai agar tangki tersebut tidak mudah lepas dari kelopak bunga nya.

  1. Bunga mawar

cara membuat bunga dari kertas

gambar via merdeka.com

Sediakan kertas berukuran 20×20 cm. Pilih kertas yang memiliki 2 warna berbeda lalu garisi kertas tersebut menjadi 16 kotak dengan menggunakan tanda di tengah-tengah kertas agar lebih mudah saat melipatnya. Lipat kertas mengikuti pola yang ada kemudian buka lipatan dan tarik sudut kanan kertas, lipat lagi secara diagonal hingga bertemu dengan lipatan di atasnya. Ulangi semua proses tersebut pada keempat sisinya lalu buat lipatan lain di tiap diagonalnya dengan melipat bagian bawah 4 sudut lainnya. Terakhir, buat kelopak bunga mawar berdasarkan garis-garis kecil yang timbul di kertas tersebut.

  1. Bunga tulip

cara membuat bunga dari kertas

gambar via diadona.id

Gunakan kertas origami yang sesuai dengan ukuran bunga yang ingin dibuat. Selanjutnya lipat kertas dengan garis menyilang pada tiap sisinya. Buka kembali lipatannya lalu buat lipatan baru dengan arah yang berlawanan. Lipat kembali kertas hingga membentuk segitiga sama kaki. Lipat lagi kertas hingga menjadi bentuk diamond. Usahakan agar bunga yang dibuat menggembung pada bagian atasnya.

  1. Bunga matahari

cara membuat bunga dari kertas

gambar via idntimes.com

Gunakan kertas dengan 2 warna berbeda lalu bagi kertas menjadi 4 bagian. Pilih  kertas yang berukuran lebih kecil, lipat menjadi 2 bagian menyerupai segitiga. Lipat ujung kertas yang meruncing kemudian lipat ujungnya hingga keluar. Lakukan hal yang sama hingga kalian memiliki 8 buah.

Gunting kertas asturo dengan bentuk lingkaran yang cukup kecil kemudian rekatkan pada kertas origami yang telah kalian bentuk setengah lingkaran. Terakhir beri tangkai bunga dari sedotan di bagian belakang bunga tersebut.

  1. Lavender

cara membuat bunga dari kertas

gambar via pinterest.com

Siapkan kertas berwarna hijau berukuran 9 x 30 cm serta 7×8 cm dan kertas warna-warni berukuran  8×30 cm. Gulung kertas berwarna hijau yang lebih besar sehingga membentuk tangkai. Rekatkan ujung tangkai serta potong sedikit di kedua ujungnya. Lipat kertas secara horizontal lalu potong bagian yang membentuk rumbai-rumbai. Buka lipatan kertas, lipat secara horizontal di sisi sebaliknya lalu rekatkan. Gulung kertas dengan tangkai lalu rekatkan. Tutup bagian bawah bunga dengan kertas hijau yang telah dibentuk menyerupai daun.

  1. Krisan

cara membuat bunga dari kertas

gambar via pinterest.com

Siapkan kertas berbagai warna lalu lidi sebagai tangkai bunga. Potong kertas menyerupai mahkota bunga, lingkaran bunga, benang sari dan juga tangkainya. Gulungan kertas origami yang akan digunakan untuk membuat tangkai bunga pada  lidi dan rekatkan. Lipat kertas menjadi 2 lalu gunting berjajar. Untuk membentuk mahkota bunga, lipat kertas origami dengan warna lain menjadi beberapa lipatan lalu gunting membentuk mahkota bunga, lilitkan kertas tersebut pada tangkai menggunakan lem tembak. Buat kelopak bunga sebagai dasar bunga dengan menggunting kertas berwarna hijau tua lalu bentuk menjadi bintang dan buat lubang ditengahnya.

  1. Dahlia

cara membuat bunga dari kertas

gambar via wewo.co.id

Siapkan kardus lalu gambar lingkaran dengan diameter 20 cm kemudian potong. Linting kertas origami berukuran 15×15 cm hingga membentuk cone. Ulangi hingga tercipta 45 cone lalu rekatkan  tiap ujung cone pada kardus tadi. Susun bersilang agar tampak penuh lalu atur warnanya agar sesuai selera. Terakhir berikan double tape pada bagian belakang agar bisa ditempel ke dinding.

  1. Kelopak bunga

cara membuat bunga dari kertas

gambar via uprint.id

Siapkan kertas lalu lipat dengan menggunakan teknik lipatan yang menyerupai kipas. Satukan bagian tengah dengan staples lalu bentuk menyerupai kelopak bunga dengan gunting kemudian rekatkan bagian tengahnya. Tambahkan hiasan berupa kancing di bagian tengah bunga lalu pasang double tape di bagian belakang agar bisa direkatkan ke dinding.

  1. Lily

cara membuat bunga dari kertas

gambar via pinterest.com

Lipat kertas berukuran 6 inchi menjadi 2 bagian sehingga membentuk segitiga. Ambil salah satu sudut lalu lipat simetris hingga bertemu dengan sudut lainnya yang memiliki potongan. Ulangi lipatan tersebut sehingga membentuk sudut layang-layang. Tekung pinggir layang-layang ke tengah lalu buka lagi. Lipat bagian bawah lalu buka lagi. Perhatikan bekas lipatannya, taruh jari dibawah titik yangleih rendah lalu lipat keatas hingga membentuk bunga lili.   Ulangi langkah tersebut untuk kelopak lain lalu lipat hingga menyerupai berlian lalu seret bagian atas ke tengah lalu ulangi untuk sisi yang lain. Untuk bagian dibaliknya, lipat keluar kelopak hingga menyerupai bunga lili asli.

  1. Nasturtium wreath

cara membuat bunga dari kertas

gambar via pinterest.com

Potong kertas krep berwarnamnyerupai kelopak bunga lalu potong kertas lain yang berwarna hijau untuk bagian daun. Tempelkan kertas tersebut pada ujung kawat lalu bentuk hingga menyerupai bunga dan daun. Agar daun terlihat lebih besar, tempelkan batang yang dibungkus kertas pada daun dengan posisi sejajar lalu tekuk batang tersebut sehingga membentuk sudut 90°.

  1. Plate flower

cara membuat bunga dari kertas

gambar via diadona.id

Lipat paper plate menjadi 4 bagian lalu gunting kertas tersebut dengan pola tertentu sesuai selera kalian. Lipat lalu potong kertas lagi kertas dengan cara yang sama namun dengan ukuran yang lebih kecil.  Tapi jangan buang sisi potongan kertasnya.

Gunakan sisa potongan kertas tersebut dengan cara melipatnya menjadi 2 bagian lalu potong bagian bawah menyerupai rumbai-rumbai. Lubangi bagian tengah bunga lalu susun berdasarkan ukuran kemudian ikat dengan tali lalu gulung pinggiran kelopak bunga agar sedikit melengkung.

  1. Paper flower dari kertas krep

cara membuat bunga dari kertas

gambar via pinterest.com

Potong kertas krep dengan berbagai bentuk kelopak bunga sesuai keinginan kalian. Tempelkan kelopak tersebut dengan cara memutar bagian bawahnya pada ujung batang hingga mencapai ukuran yang diinginkan. Rekatkan bagian bawah agar tidak mudah lepas.

  1. Paper flower untuk kotak

Paper flower untuk kotak

gambar via maubelajarapa.com

Potong kertas menjadi seperti kelopak bunga mawar dengan ukuran yang cukup besar. Potong bagian tengah dari bawah kelopak hingga mencapai setengah dari ketinggian kelopak lalu tekuk ujungnya dan rekatkan. Gulung bagian ujung kelopak yang lain dengan sebuah pulpen hingga melengkung. Ulangi hingga kalian mendapat banyak kelopak. Terakhir, susun kelopak tersebut dengan cara melingkar.

  1. Persimmon rose

Persimmon rose

gambar via diadona.id

Popong kertas dengan bentuk lingkaran yang cukup besar serta pinggirannya berbentuk kelopak kecil berbentuk setengah lingkaran. Sisakan bagian yang berbentuk persegi panjang pada salah satu sisi kelopak lalu rekatkan dengan kawat dan lem tembak. Putar kelopak tersebut hingga menyerupai gulungan dengan ukuran yang diinginkan.

  1. Bunga dari kertas Quilling

Bunga dari kertas Quilling

gambar via shopee.co.id

Buat sebuah gulungan kecil dari kertas Quilling hingga membentuk tetesan air. Ulangi hingga kalian mendapat gulungan cukup banyak. Ambil 3 buah gulungan lalu temple dengan posisi berdampingan seperti bunga.  Lakukan berulang-ulang hingga mencapai jumlah bunga yang diinginkan.

  1. Bunga dari kertas kado

Bunga dari kertas kado

gambar via bp-guide.id

Siapkan kertas kado berbentuk segi empat yang simetris lalu buat garis melingkar seperti obat nyamuk namun tidak beraturan kemudian gunting dengan mengikuti pola yang telah ada. Gulung kertas tersebut mulai dari pangkal lalu rekatkan dengan lem. Tancapkan kawat yang dilapisi kertas kado di tengah kelopak kemudian rekatkan lagi. Tambahkan hiasan berbentuk daun agar lebih bagus.

  1. Bunga dari kertas manila

17

gambar via liputan6.com

Potong kertas menjadi ukuran 1×10 cm. Ambil kertas lagi dengan warna yang berbeda kemudian potong berukuran 5×10 cm. Lipat lalu gunting menjadi 5 bagian dengan bentuk memanjang seperti bunga sakura. Bentuk kertas yang lebih kecil menjadi seperti putik lalu rekatkan satu-persatu membentuk mahkota. Tutupi bagian putik dengan kertas berwarna hijau. Ulangi langkah tersebut sehingga menghasilkan bunga yang cukup besar.

  1. Bunga dari kertas krep

18

gambar via liputan6.com

Potong kertas krep seperti kelopak bunga. Lengkungkan bagian tepi sehingga mirip dengan kelopak asli. Buat tangkai dengan menggunakan kertas karton yang digulung dan direkatkan dengan lem. Rekatkan bagian ujung kelopak bunga pada ujung tangkai dengan cara melingkar membentuk bunga. Lengkapi bagian dasar kelopak bunga dengan kertas berwarna coklat atau hijau tua sebagai dasar bunga.

  1. Bunga dari kertas minyak

19

gambar via bp-guide.id

Siapkan kertas minyak dengan 2 warna berbeda. Potong salah satunya dengan bentuk memanjang sepanjang 10 cm. lipat menjadi 2 bagian lalu potong bagian sudutnya. Lipat kertas seperti kalian membuat kipas kertas. Letakan kawat kecil di tengah-tengah bagian bunga yang dilipat tadi. Buka kertas secara perlahan agar tidak sobek. Ambil kertas warna lain lalu lipat menjadi 5, potong runcing kemudian lilitkan seperti kelopak. Buat melingkar lalu rekatkan. Tunggu hingga kering lalu hias dengan kertas warna hijau sebagai daun.

  1. Bunga dari koran bekas

kreativitas dari koran bekas

gambar via udsregep.com

Potong koran menjadi 2 lalu potong kembali menjadi 4 bagian. Tumpuk beberapa potongan koran, lipat dan rapikan ujungnya dengan guntung hingga berbentuk setengah lingkaran. Gabungkan tengah-tengah lipatan kertas dengan batang sebagai tangkai lalu ikat dengan benang agar mudah digabungkan dengan kelopak lain. Buka perlahan-lahan tumpukan koran tadi mulai dari atas agar tidak robek. Rapikan bagian ujung dan tengah agar bunga menjadi satu.

Baca rekomendasi lain untuk menemukan berbagai cara membuat bunga dari kertas

Setiap kertas tentu memberikan hasil yang berbeda-beda. ada kertas yang cocok digunakan sebagai kerajinan tangan namun ada juga yang tidak. Agar kalian bisa melatih kemampuan kalian dalam membuat hiasan bunga maka tidak ada salahnya jika kalian melihat berbagai artikel serupa sebagai rekomendasi.

Kesimpulan

Cara membuat bunga dari kertas memang tidak bisa dikatakan mudah. Tapi sebenarnya ada banyak cara sederhana yang bisa kalian lakukan sebagai permulaan. Deretan bunga kertas tadi tidak hanya bisa digunakan untuk hiasan pribadi tapi juga bisa menjadi lahan bisnis yang cukup menjanjikan.