20 Ide Kreatif Kerajinan Tanah Liat

Kerajinan tanah liat merupakan salah satu karya seni yang sangat unik dan menarik dengan memanfaatkan tanah liat yang mudah untuk proses pembuatannya. Untuk anda yang memiliki waktu luang bisa mencoba membuat karya seni kerajinan tangan dari tanah liat yang satu ini. Berikut ini adalah beberapa tips pembuatannya.

Contoh Ide Kreatif Kerajinan Tanah Liat

Tanah liat bisa dibuat untuk membuat kerajinan tangan yang bernilai lebih. Banyak sekali peluang ide bisnis jika kita bisa mengolah tanah liat. Berikut ini adalah beberapa contoh kerajinan dari tanah liat.

  1. Hiasan bunga mawar

kerajinan tanah liat

gambar via id.wikihow.com

Kerajinan tangan yang pertama adalah hiasan bunga mawar. Proses pembuatannya sangatlah mudah. Anda hanya cukup menyusun tanah liat yang sudah di bentuk seperti kelopak bunga kemudian digulung dengan menggunakan kayu panjang sebagai batang bunga tersebut. Hiasan ini bisa diwarnai sesuai dengan keinginan anda dan bisa juga digunakan untuk dekorasi rumah.

  1. Asbak

kerajinan tanah liat

gambar via rplwirausaha2.blogspot.com

Asbak adalah salah satu kerajinan tangan yang sangat mudah untuk dibuat dengan menggunakan tanah liat. Anda juga bisa membuat kreasi lagi menjadi lebih menarik. Seperti halnya, anda bisa menambahkan ornamen seperti naga, kepala kucing, bunga mawar, dan lain-lain. Anda juga bisa mewarnainya dengan yang lebih cerah sehingga menjadi lebih unik dan menarik.

  1. Gelas atau cangkir

kerajinan tanah liat

gambar via sharingconten.com

Gelas atau cangkir juga bisa anda buat dari tanah liat. Anda bisa menambahkan ornamen di gelas atau cangkir tersebut agar lebih indah dan cantik. Pembuatannya juga terbilang sangat mudah anda bisa mencobanya di rumah.

  1. Mangkok

kerajinan tanah liat

gambar via shopee.co.id

Kerajinan tanah liat selanjutnya yang bisa anda coba adalah membuat mangkok. Anda bisa membuat berbagai bentuk mangkuk dari ukuran yang besar sampai yang kecil. Cara pembuatannya juga sangat sederhana, anda bisa menambahkan lukisan unik di mangkuk tersebut supaya terlihat lebih menarik.

  1. Piring

kerajinan tanah liat

gambar via sharingconten.com

Selain mangkok anda juga bisa membuat piring dari tanah liat. Tidak harus berbentuk bulat, anda bisa membentuk piring menjadi seperti daun, oval, petak atau yang lainnya. Ukurannya juga bisa anda sesuaikan dengan selera anda bisa ukuran kecil maupun besar. Anda juga bisa menambahkan warna pada piring yang anda buat misalnya seperti warna merah.

  1. Sendok

kerajinan tanah liat

gambar via failfaire.org

Selain piring anda juga bisa membuat peralatan makan seperti sendok yang terbuat dari tanah liat. Kerajinan ini dapat digunakan untuk makan secara langsung jika anda tidak mau memakai tangan. Tidak hanya untuk peralatan makan sendok yang terbuat dari tanah liat juga bisa sebagai hiasan rumah anda. Anda bisa membuat sendok dengan ukuran yang besar atau kecil sesuai dengan keinginan anda.

  1. Cobek

kerajinan tanah liat

gambar via shopee.co.id

Cobek juga bisa anda buat dari tanah liat. Cara pembuatannya juga sangat mudah, anda hanya perlu membuat piringan buat dan agak lebih cekung sedikit. Cobek juga bisa anda hias di bagian luarnya dengan lukisan yang akan mempercantik alat masak anda.

  1. Miniatur hewan

kerajinan tanah liat

gambar via failfaire.org

Kerajinan tanah liat selanjutnya adalah membuat miniatur hewan. Apalagi anda yang mempunyai anak kecil dirumah, pengenalan akan hewan ini sangat penting untuknya. Anda bisa membuat kerajinan tangan miniatur hewan dari tanah liat dengan bentuk yang bermacam-macam misalnya kura-kura, sapi, gajah, ular, jerapah dan lain-lain sebagainya.

  1. Teko kecil

kerajinan tanah liat

gambar via nurdian.com

Kerajinan tangan dari tanah liat juga bisa anda membuat teko kecil. Anda bisa membuat teko dengan ukuran yang besar dan kecil sesuai dengan keinginan anda. Teko juga bisa anda hias dengan melukis pada bagian depan dengan corak batik dan apa saja yang membuatnya terlihat lebih menarik.

  1. Pot bunga

kerajinan tanah liat

gambar via liputan6.com

Selain teko anda juga bisa membuat pot bunga dari tanah liat. Anda juga  bisa mewarnainya sesuai dengan selera anda. Pot bunga dari tanah liat bisa berbentuk kaktus, jerapah, dan lain-lain.

  1. Tungku

kerajinan tanah liat

gambar via failfaire.org

Selanjutnya adalah kerajinan tangan berbentuk tungku. Walaupun saat ini sudah jarang yang memakai tungku, akan tetapi tidak ada salahnya jika anda membuatnya untuk mengisi waktu luang anda. Tungku berfungsi untuk memasak dan bukan hanya itu saja, jika anda melukisnya menjadi lebih menarik maka tungku bisa dijadikan hiasan rumah anda.

  1. Hiasan dinding

kerajinan tanah liat

gambar via kumparan.com

Kerajinan tangan yang terbuat dari tanah liat selanjutnya adalah hiasan dinding. Anda bisa membuat hiasan piring ukuran cukup besar kemudian dilukis motif sehingga menjadi lebih unik dan menarik. Hiasan bisa anda gantung di tembok rumah anda, dengan perpaduan warna khas tradisional yang akan membuat rumah anda menjadi semakin terlihat kaya akan warna dan juga ide-ide kreatifnya.

  1. Tempat pensil

Tempat pensil

gambar via odnsk.ru

Tempat pensil juga bisa anda buat dari tanah liat lho. Untuk anda para pemula, membuat tempat pensil bisa menjadi dasar awalannya. Tetapi, untuk anda yang sudah mempunyai kemampuan yang lebih anda bisa menambahkan ornamen semacam pahatan. Dengan ornamen tersebut tempat pensil akan menjadi lebih bagus.

  1. Vas bunga

Vas bunga

gambar via bukalapak.com

Ide kerajinan tangan selanjutnya adalah membuat vas bunga. Anda bisa membuat vas bunga dan mengkreasikannya sesuai dengan keinginan anda. Bentuk vas bunga juga berbeda-beda ada yang melengkung atau lurus kotak sehingga dapat terlihat minimalis dengan menonjolkan sisi geometrinya. Vas bunga bisa anda warnai sesuai dengan keinginan anda.

  1. Celengan

Celengan

gambar via sharingconten.com

Selanjutnya anda juga bisa membuat kerajinan tangan dari tanah liat yang berbentuk celengan. Anda bisa membuat celengan dengan berbagai bentuk misalnya seperti nanas, ayam, dan lai-lain sebagainya. Anda juga bisa mewarnainya sesuai dengan keinginan anda.

  1. Jam dinding

Jam dinding

gambar via brainly.co.id

Tidak hanya celengan anda juga bisa membuat jam dinding dari tanah liat. Proses pembuatannya juga cukup rumit sehingga tidak semua orang bisa membuatnya. Oleh sebab itu nilai seni untuk kerajinan ini juga sangat mahal. Dan tidak  banyak orang yang mempunyai jam dinding tersebut.

  1. Manik manik

Manik manik

gambar via shopee.co.id

Selanjutnya adalah membuat manik-manik dari tanah liat. Anda hanya cukup membuat butiran-butiran tanah liat setelah itu melubanginya dengan lidi atau apa saja yang memungkinkan. Ketika sudah mulai mengering, manik-manik bisa dirangkai dengan menggunakan tali elastis sesuai dengan selera anda.

  1. Guci

Guci

gambar via mello.id

Kerajinan tangan dari tanah liat berbentuk guci ini selalu menjadi pelengkap dekorasi rumah anda. Guci mempunyai akses dekoratif yang sangat kental sehingga sangat penting untuk memperhatikan kulit luarnya. Anda bisa menambahkan motif batik atau warna yang akan membuat guci menjadi lebih menarik.

  1. Tatakan gelas

Tatakan gelas

gambar via shopee.co.id

Anda bisa membuat tatakan gelas dari tanah liat. Tatanan gelas ini memiliki tekstur yang kuat sedangkan cara pembuatannya sangatlah mudah karena ukurannya yang tidak besar sehingga sangat bagus untuk anda gunakan oleh para pembaca.

  1. Wajan untuk sangrai

Wajan untuk sangrai

gambar via sofiakeramik.blogspot.com

Kerajinan tanah liat yang terakhir adalah pembuatan wajan untuk sangrai. Wajan mempunyai fungsi untuk menyangrai makanan. Wajan yang terbuat dari tanah liat bisa digunakan untuk aksen dekorasi hunian. Anda juga bisa memadukan warna sesuai dengan keinginan anda.

Nah itu dia beberapa kerajinan tanah liat yang keren dan mempunyai nilai ekonomis. Jika kamu mempunyai barang bekas yang tidak terpakai, kamu juga bisa membuat kerajinan dari barang bekas yang keren lho. Dan jika kamu menyukai kerajinan dari bahan kayu, kamu juga bisa membaca ulasan kerajinan dari kayu yang keren. Semoga informasi ini bermanfaat ya.