Contoh Kata Pengantar Skripsi, Proposal, dan Buku

Suatu karya tulis, baik itu untuk karya ilmiah, buku, dan lainnya biasanya didahului dengan kata pengantar. Kata ini merupakan suatu ungkapan dari penulis berupa tulisan yang berisi tentang rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, rasa terima kasih kepada orang yang dikasihi, serta pemberitahuan seputar saran maupun kritik kepada penulis. Kata ini biasanya terdapat di halaman awal dalam suatu karya tulis. Lantas, sebenarnya apakah fungsi dari penulisan kata ini? Apa saja contoh penulisan dari kata ini yang benar? Untuk mendapatkan jawaban tentang hal ini, mari simak penjelasannya seperti berikut.

Apakah fungsi dari penulisan kata pengantar?

Sobat Parasayu, penulisan dari pengantar ini berfungsi untuk memberikan gambaran umum tentang tema pembahasan dalam suatu karya ilmiah. Bagian pengantar juga diisi dengan ajakan bagi para pembaca supaya berkenan membaca karya ilmiah yang sudah dibuat oleh penulis.

Apa saja contoh kata pengantar yang bagus itu?

Contoh dari tulisan tangan pengantar dari suatu karya tulis ini ada beberapa macam. Adapun beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Kata Pengantar untuk Skripsi

Kata pengantar skripsi dapat Anda buat dengan contoh seperti berikut:

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah Swt. karena dengan segala ridho dan izin-Nya akhirnya skripsi dengan judul Bahasa Jargon dalam Digital Marketing telah selesai ditulis.

Dalam skripsi ini, diuraikan tentang berbagai istilah dalam digital marketing, cara pelaksanaanya, serta beragam bisnis yang berkaitan dengan teknologi marketing di era milenial. Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah sebagai salah satu syarat kelulusan dari program Strata I (S1) Program Bahasa dan Sastra Inggris Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta. Adapun untuk bahan penulisan, diambil dari berbagai sumber literatur, hasil penelitian, dan observasi.

Penulis menyadari bahwa tanpa dukungan dari semua pihak maka skripsi ini tidak bisa selesai dengan baik. Maka dari itu, izinkanlah penulis menyampaikan rasa terima kasih kepada:

  1. Dosen pembimbing skripsi Bapak Anwar Sujono.
  2. Kepala Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris Universitas Ahmad Dahlan.
  3. Bapak dan ibu dosen di jurusan Bahasa dan Sastra Inggris Universitas Ahmad Dahlan.

   4. Orang tua tercinta dan keluarga yang selalu memberikan doa dan semangat kepada penulis.

  1. Para sahabat terkasih angkatan tahun 2018 yang saling mendukung dalam pembuatan skripsi ini.
  1. Kata Pengantar untuk Laporan Hasil Observasi

Kata pengantar laporan juga bisa ditulis dengan cara seperti berikut:

Segala ungkapan rasa syukur kami panjatkan ke hadirat Allah Swt. Terima kasih yang tak terkira karena atas berkat rahmat dan hidayah-Nya laporan hasil observasi ini telah selesai dibuat. Shalawat dan salam juga selalu diberikan kepada junjungan umat Islam, Nabi Muhammad Saw.

Laporan ini kami buat dari hasil observasi yang kami lakukan selama sebulan di SD Inpres Sukamaju 2, Banjarmasin. Kami mengucapkan terima kasih kepada kepala sekolah Bapak Santoso Wijaya, S.pd, para guru, dan siswa-siswi di sekolah yang telah membantu dan memberikan dukungan dalam pembuatan laporan observasi ini.

Kami menyadari bahwa masih terdapat kekurangan dalam pembuatan laporan ini. Maka dari itu, kami juga mengharapkan saran dan kritik dari semua pihak supaya kami bisa membuat laporan berikutnya yang lebih baik. Kami berharap semoga laporan ini bermanfaat bagi para pembaca.

  1. Kata Pengantar untuk Proposal

Kata pengantar proposal dapat Anda tulis dengan contoh seperti berikut:

Ucapan rasa syukur kepada Allah Swt. kami sampaikan karena atas berkat keridhoan-Nya, akhirnya proposal tentang Pembangunan Masjid di Desa Sukamaju ini telah selesai dengan baik. Shalawat dan salam juga selalu tercurah untuk nabi kami tercinta, Muhammad Saw beserta para sahabat Rasulullah.

Proposal ini kami buat agar para donatur bersedia membiayai pembangunan dari masjid ini dengan ikhlas. Dalam proposal ini, juga terdapat rincian biaya dan beragam perlengkapan yang dibutuhkan untuk pembangunan masjid. Kami menyadari bahwa terdapat beberapa kekurangan dalam proposal ini sehingga kami menerima setiap saran dan kritik yang diberikan oleh pihak manapun.

Oleh karena itu, dalam kesempatan ini, kami mengucapkan terima kasih kepada kepala desa desa Sukamaju, Bapak Teguh Santoso dan semua pihak yang telah membantu pembuatan proposal ini. Demikian pengajuan proposal dari kami dan semoga bermanfaat bagi pembaca.

  1. Kata Pengantar untuk Makalah Perorangan

Kata pengantar makalah untuk perorangan dapat Anda tulis dengan cara berikut:

Dengan menyebut nama Tuhan Yang Maha Kuasa, kami ucapkan rasa syukur kepada-Nya yang telah memberikan rahmat dan hidayah-nya sehingga kami bisa menyelesaikan makalah seputar Cara Budidaya Lele di Kolam Terpal.

Kami telah berusaha untuk menulis makalah ini dari hasil pengamatan secara langsung yang telah kami lakukan selama beberapa bulan dalam pembudidayaan lele. Maka dari itu, kami juga menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penulisan makalah ini.

Kami menyadari bahwa dalam makalah ini masih terdapat kekurangan sehingga kami menerima setiap saran dan kritik yang membangun dari semua pihak. Akhir kata, semoga makalah ini bermanfaat dan bisa menambah ilmu bagi para pembaca.

  1. Kata Pengantar untuk Buku

Contoh kata pengantar buku dapat Anda tulis dengan cara penulisan sebagai berikut:

Puja dan puji syukur selalu tercurah kepada Allah Swt. Sebab, atas berkat rahmat dan hidayah-Nya akhirnya pembuatan buku ini bisa selesai dengan baik. Shalawat dan salam juga disampaikan kepada junjungan kita Nabi Muhammad Saw.

Buku ini membahas tentang kiat sukses lolos tes CPNS. Di dalamnya terdapat beberapa pembahasan yang menjadi materi ujian CPNS. Selain itu, terdapat beberapa latihan soal yang dijamin sering keluar saat tes CPNS.

Terima kasih kepada banyak pihak yang telah membantu pembuatan buku. Penulis menyadari bahwa buku ini terdapat kekurangan dalam penulisannya. Maka dari itu, kami juga menerima saran dan kritik dari berbagai pihak demi kebaikan buku ini. Terima kasih dan semoga bermanfaat untuk pembaca sekalian.

  1. Kata Pengantar untuk Laporan Praktikum

Kata pengantar untuk laporan praktikum dapat Anda tulis seperti berikut:

Rasa syukur yang tak terhingga kehadirat Allah Swt. karena berkat rahmat dan izin-Nya kami dapat menyelesaikan tugas praktikum jurnalistik ini dengan baik.

Dalam pengerjaan praktikum ini, kami menemukan beberapa kesulitan. Namun, berkat kerja keras maupun motivasi dari berbagai pihak maka akhirnya kami bisa menyelesaikan tugas praktikum ini.

Maka dari itu, kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu pembuatan tugas praktikum ini. Kami juga menerima setiap saran dan kritik yang membangun agar kami dapat membuat laporan yang lebih baik.

Akhir kata, kami berharap semoga laporan ini bermanfaat bagi para pembaca dan bisa menjadi tambahan informasi bagi pembaca yang ingin mengerjakan tugas praktikum jurnalistik.

  1. Kata Pengantar untuk Makalah Penelitian

Segala rasa syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Atas berkat rahmat dan kuasa dari-Nya akhirnya kami bisa menyelesaikan makalah dengan judul Budidaya Jamur Merang di Desa Sukamaju ini sebaik mungkin.

Makalah ini berisi tentang cara budidaya jamur merang dari awal pertumbuhan jamur hingga berhasil dipanen untuk industri rumah tangga. Dalam pembuatannya, juga terdapat beberapa kendala sehingga kami menerima saran dan kritik yang membangun dari berbagai pihak supaya kami bisa membuat makalah yang lebih baik di waktu yang akan datang.

Akhir kata, kami mengucapkan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu menyelesaikan skripsi ini. Semoga Tuhan memberkati. Amin.

  1. Kata Pengantar untuk Kliping

Puja dan puji syukur kehadirat Allah Swt. karena atas rahmat dan hidayah-Nya kami diberikan kekuatan dan kesempatan untuk menyelesaikan kliping ini dengan baik.

Penulis juga mengucapkan terima kasih kepada dosen pembimbing maupun semua pihak yang telah membantu pembuatan kliping ini. Penulis juga menyadari bahwa masih terdapat kekurangan dalam pembuatan kliping ini sehingga kami siap menerima saran dan kritik dari pihak manapun. Semoga karya ini bermanfaat bagi semua orang dan selamat membaca!

  1. Kata Pengantar untuk Makalah Biologi

Ucapan rasa syukur kami curahkan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa karena atas rahmat dan pertolongan-Nya makalah biologi dengan judul Siklus Daur Hidup Katak ini telah diselesaikan dengan baik.

Dalam makalah ini, dijelaskan tentang tahapan perkembangbiakan mulai dari telur hingga menjadi katak dewasa, waktu yang diperlukan bagi katak untuk tumbuhkembangnya, serta cara adaptasi katak terhadap lingkungan.

Kami menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu pembuatan makalah ini. Semoga makalah ini bisa bermanfaat bagi pembaca. Kami juga menerima saran dan kritik dari berbagai pihak supaya dapat menulis makalah yang lebih baik lagi di lain waktu.

  1. Kata Pengantar untuk Laporan Keuangan Karang Taruna

Kami mengucapkan rasa syukur yang tak terhingga karena berkat kasih dan rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa, akhirnya laporan keuangan Karang Taruna di Desa Sukamaju ini selesai dibuat dengan baik.

Dalam laporan keuangan ini, terdapat rincian penggunaan anggaran keuangan selama periode kepengurusan Karang Taruna tahun 2019-2020. Kami telah berusaha untuk menggunakan dana tersebut sebaik mungkin dan supaya tepat sasaran. Meskipun begitu, kami menyadari bahwa masih terdapat beberapa kekurangan dalam penyusunan laporan keuangan ini. Oleh karena itu, kami menerima saran maupun kritik membangun yang diberikan oleh berbagai pihak agar kelak kami bisa membuat laporan yang lebih baik lagi.

Tidak lupa kami juga mengucapkan terima kasih kepada bapak Budi Gunawan selaku kepala desa Sukamaju dan muda-mudi anggota Karang Taruna yang telah memberikan dukungan penuh dan bantuan dalam proses pembuatan laporan ini.

  1. Kata Pengantar untuk Laporan Pertanggungjawaban

Alhamdulillahirabbilalamin. Ungkapan rasa syukur kami panjatkan kehadirat Allah Swt. Sebab, atas berkat bimbingan dan petunjuk dari-Nya, akhirnya kami bisa menyelesaikan Laporan Pertanggungjawaban OSIS di SLTP 4 Sukamaju, Banjarmasin tahun ajaran 2019-2020. Shalawat serta salam juga selalu kami panjatkan khusus untuk baginda Nabi Muhammad Saw. bersama para sahabat.

Laporan pertanggungjawaban ini berisi tentang berbagai kegiatan yang kami adakan selama periode satu tahun pelajaran. Di samping itu, kami juga melampirkan rincian penggunaan dana yang kami gunakan untuk biaya operasional program kerja OSIS.

Pada kesempatan ini, izinkanlah kami selaku pengurus OSIS mengucapkan terima kasih kepada:

  1. Bapak Gunawan Abdullah selaku kepala sekolah SLTP 4 Sukamaju, Banjarmasin.
  2. Bapak Yusuf Budiman selaku guru penasihat OSIS.
  3. Rekan-rekan pengurus OSIS yang telah membantu dalam penyusunan laporan pertanggungjawaban ini.

Kami menyadari bahwa masih terdapat kekurangan dalam pelaksanaan program kerja OSIS masa bakti 2019-2020. Maka dari itu, kami menerima setiap saran dan kritik yang membangun supaya kami bisa menjalankan program kerja yang lebih baik lagi pada kepengurusan berikutnya. Sekian laporan pertanggungjawaban dari kami dan semoga laporan ini bermanfaat bagi para pembaca di lingkungan sekolah SLTP 4 Sukamaju.

  1. Kata Pengantar untuk Makalah Kelompok

Segala rasa syukur kami selalu panjatkan kepada Allah Swt. karena atas rahmat dan hidayah-Nya akhirnya kami bisa menyelesaikan pembuatan makalah dengan judul Cara Membuat Kerajinan dari Kertas Bekas. Shalawat dan salam juga selalu kami panjatkan kepada Rasulullah Muhammad Saw dan para sahabat beliau.

Dalam makalah ini, dijabarkan tentang beragam macam kertas bekas yang bisa dijadikan sebagai bahan baku untuk pembuatan kerajinan. Selain itu, dijelaskan pula tentang berbagai kerajinan yang bisa dibentuk dari kertas bekas tersebut.

Kami mengakui bahwa masih ada kekurangan dalam pembuatan makalah ini. Maka dari itu, kami juga menerima setiap saran dan kritik dari berbagai pihak agar kami bisa membuat makalah berikutnya yang lebih baik lagi.

Tidak lupa kami juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu penyelesaian dari makalah ini. Semoga informasi yang diberikan dalam makalah ini bisa memberikan tambahan ilmu bagi para pembaca.

  1. Kata Pengantar untuk Proposal Study Tour

Ucapkan rasa syukur kami tujukan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa karena atas petunjuk dan kasih sayang-Nya akhirnya kami bisa menyelesaikan pengajuan Proposal Study Tour ke Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta. Ucapan shalawat dan salam juga diberikan kepada junjungan kami Nabi Muhammad Saw.

Pembuatan proposal ini bertujuan supaya siswa-siswa di SD Sukamaju 2, Banyuwangi bisa mengenal tentang berbagai rumah adat dan budaya lainnya yang ada di Indonesia. Selain itu, terdapat pula rincian anggaran untuk biaya operasional dalam pelaksanaan kegiatan study tour.

Kami menyadari bahwa penulisan proposal ini masih terdapat beberapa kekurangan. Karena itu, kami juga menerima setiap saran dan kritik yang diberikan oleh pihak manapun. Kami juga menyampaikan terima kasih kepada beberapa pihak, di antaranya:

  1. Bapak Tono Budiman, SPd. selaku kepala sekolah di SD Sukamaju 2, Banyuwangi.
  2. Ibu Susi Setyowati, S.Pd. selaku guru penasehat OSIS.
  3. Para sahabat pengurus OSIS yang telah banyak berkontribusi dalam penyusunan proposal ini.

Demikian proposal ini kami buat dan semoga bisa bermanfaat dalam menyukseskan kegiatan study tour yang akan kami adakan pada bulan Februari tahun 2021.

Selamat membaca pembahasan seputar berbagai contoh kata pengantar. Semoga ulasan ini bisa menginspirasi Anda untuk membuat suatu karya tulis yang bagus. Silahkan pilih sendiri contoh dari tulisan pengantar tersebut yang sesuai dengan selera Anda. Buatlah karya tulis dengan pembahasan yang sesuai dengan topik suatu permasalahan. Dengan begitu, tujuan yang Anda inginkan dalam penulisan suatu karya tulis bisa tercapai dan memuaskan.

mua parasayu