20 Kisah Inspiratif Kehidupan Nyata

Terkadang kita butuh yang namanya kisah inspiratif kehidupan nyata sebagai bahan motivasi tatkala hidup terasa berat untuk dilewati. Novel romantis menjadi salah satu media penyampaian kisah cerita inspiratif yang banyak digunakan. Tapi tak semua kisah motivasional terjadi antara dua sejoli yang dilanda asmara, bisa juga hubungan anak dan orang tua, perjalanan hidup yang keras, dan lain sebagainya.

Kisah Inspiratif Kehidupan Nyata

  1. Stephen Hawking

Cendekiawan asal Inggris bernama Stephen Hawking lahir pada tanggal 8 Januari 1942. Pernah mencatatkan namanya sebagai penemu Teori Big Bang, Stephen yang pernah menjalani studinya di Oxford dan Cambridge ini didiagnosa dengan ALS atau Amyotrophic Lateral Sclerosis, yakni sebuah penyakit yang merusak fungsi otak dan melemahkan otot.

Sempat mengalami depresi berat, Ia bangkit dan mulai berkarya demi kemajuan ilmu pengetahuan kala itu.

  1. Anak 3 Tahun Merawat Orang Tua yang Sakit

Anak berusia 3 tahun asal Ruzhou, Henan, Tiongkok bernama Qianqian menjadi figur inspiratif baru yang menyentuh hati. Disaat anak lain seumurannya asyik bercanda ria dan bermain, gadis mungil ini harus merawat ibunya yang mengalami lumpuh akibat kecelakaan yang menimpanya.

  1. Oprah Winfrey

Presenter kondang asal Amerika Serikat Oprah Winfrey banyak menghadapi cobaan sebelum akhirnya bisa duduk di posisi sukses saat ini.

Perceraian orang tuanya, didikan nenek yang keras, hingga sempat mengalami pelecehan selama beberapa tahun, menjadi problematika terbesar bagi Oprah yang kala itu masih berusia 9 tahun.

Di usianya yang ke-14, ia harus melahirkan seorang anak dari pelaku pelecehan seksual yang pernah ditemuinya. Sayangnya anak itu harus meninggal setelah 2 minggu bersamanya.

  1. Wang Fuman

‘Snowflake Boy’. mungkin itu julukan yang paling tepat bagi seorang anak laki-laki bernama Wang Fuman asal Kota Shaotong, Yunan, Cina.

Di awal tahun 2018, Wang Fuman harus menempuh perjalanan sejauh 4,5 km dalam suhu -9 derajat Celcius untuk tiba di sekolah. Dengan mantel yang sudah usang, ia selalu menjadi bahan bercandaan kawan-kawannya karena rambutnya yang membeku.

  1. Anak Tukang Becak Jadi Dosen

Di tahun 2014 lalu, viral seorang wisudawati bernama Raeni yang diantarkan oleh ayahnya dengan becak di hari wisudanya. Berasal dari keluarga kurang mampu tak menghentikan Raeni dalam belajar dan mewujudkan ekonomi keluarga yang lebih baik.

  1. Ashley Dawn Loggins

Diusianya yang masih sangat muda, Ashley Dawn Loggins ditelantarkan oleh orang tuanya yang notabene merupakan pecandu narkoba. Ia kemudian pindah dan hidup bersama neneknya dalam keterbatasan. Bukan hanya tak bisa mengenakan pakaian layak, untuk mandi saja Ashley harus menempuh perjalanan jauh ke taman kota.

Ejekan dan hinaan menjadi hal yang sering didapatnya di sekolah. Hidupnya kemudian berubah saat rasa iba gurunya, Robyn Putnam, memberikan bantuan beberapa pakaian dan pekerjaan sebagai petugas kebersihan sekolah.

  1. Nanda Mei Sholihah

Sebagai penyandang disabilitas, Nanda tak lantas menyerah akan hidupnya. Ia bahkan terjun sebagai atlet dalam ajang paralympic. Tak tanggung-tanggung, saat mengikuti kejuaraan ASEAN Para Games 2015 di Singapura, Ia berhasil memperoleh 3 medali emas. Berlanjut pada tahun 2017, di ajang yang sama, Nanda kembali mendapatkan 3 medali emas.

  1. Kisah Inspiratif Kehidupan Nyata Soal Kesadaran Hidup

Shinta, seorang gadis gempal dengan tinggi 160 cm dan bobot mencapai 80 kg. Tak hanya minder atau menjadi bahan olokan teman sejawatnya, Shinta mulai mendapati masalah serius pada kesehatannya.

Ternyata jantung Shinta terbungkus oleh lemak, sehingga dirinya harus melakukan diet agar bisa bertahan hidup. Tak disangka, dalam upayanya menurunkan berat badannya, ia malah jade dekat dengan pria satu sekolah yang selama ini ditaksirnya secara diam-diam.

  1. Reza Nurhilman

Reza Nurhilman, pengusaha mudah sukses yang menjajakan produk keripik pedas bertajuk Maicih. Sebelum mencapai kesuksesannya, ia harus bergelut dengan banyak problematika yang sulit dipecahkannya saat itu. Mulai dari jualan kerupuk hingga produk elektronik, semuanya pernah dicicipinya. Sayangnya, berbagai usaha yang dijalankannya itu belum cukup untuk membiayai kuliahnya.

  1. Merawat Istri yang Lumpuh

Seorang wirausaha bernama Suyatno harus menelan pil pahit setelah mendapati istrinya mengalami lumpuh seusai melahirkan anak keempatnya. Dalam dua tahun terakhir, kondisinya tak membaik, dan bahkan semakin memburuk. Istrinya mulai kehilangan kemampuan berbicaranya hanya dapat berkomunikasi lewat senyuman dan tatapan matanya saja.

  1. Malala Yousafzai

Miris dengan kondisi yang terjadi di negaranya, gadis muda cerdas bernama Malala Yousafzai berniat untuk merubah keadaan itu. Terhitung pada tahun 2009, Malala secara anonim menuliskan keluh kesahnya tentang ancaman Taliban dan larangan bersekolah untuk anak perempuan di sebuah blog.

  1. Mengajar Anak-Anak di Penampungan

Ryan Sucipto, begitu sapaan akrabnya, pria tertutup yang hampir tidak pernah bergaul selain di sekolahnya kerap membuatnya merasa kesepian.

Suatu ketika, untuk pertama kalinya Ryan mengunjungi panti asuhan. Disana dirinya menemani anak-anak untuk membuat origami dan menuliskan harapan mereka. Ada satu tulisan yang membuatnya tertegun, ada anak yang berkeinginan untuk menjadi orang bermanfaat agar temannya yang lain tak mengalami penderitaannya.

Bermula dari tulisan tersebut, Ryan tergerak untuk mewujudkan harapan itu dengan mengunjungi desa di kawasan Tangerang dan mulai mengajari anak-anak disana dengan pelajaran seni.

  1. Jack Ma

Pemilik perusahaan kawak Alibaba, Jack Ma, sempat mengalami berbagai kendala sebelum sukses. Dirinya dikabarkan pernah ditolak berkali-kali oleh universitas idamannya, bahkan setelah lulus kuliah pun ia masih harus menenggak penolakan dari perusahaan yang dilamarnya.

  1. Mengadopsi Anak Berkebutuhan Khusus

Seorang petugas kebersihan di salah satu rumah sakit Tiongkok bernama Li Huanmei menemukan bayi mungil di lorong rumah sakit tanpa kehadiran orang tua atau wali di sekitarnya. Karena merasa tidak tega, Li Huanmei memutuskan untuk membawa pulang bayi tersebut dan merawatnya dengan penuh kasih sayang.

  1. K Rowling

Sebelum terkenal seperti saat ini, novelis J.K.Rowling sempat melewati masa-masa terburuk dalam hidupnya. Wanita yang sebelumnya hidup sangat miskin di daratan Inggris ini kehilangan ibunya di usia 25 tahun lantaran penyakit Multiple Sclerosis. Tak sampai disitu saja, ia bahkan menderita depresi klinis dan harus memperjuangkan hidupnya sebagai single parent.

  1. Chris Gardner

Ialah seorang gelandangan yang berubah menjadi pialang saham sukses berkat keuletan dan kerja kerasnya.

  1. Steve Jobs

Sempat ditolak sebagai pegawai Apple di tahun 1980an, Steve Jobs membagikan kisah inspiratif kehidupan nyata saat kembali bekerja untuk Apple dan merombak perusahaan raksasa tersebut.

  1. Howard Schultz

Pimpinan sekaligus CEO dari Starbucks dikabarkan pernah tinggal di rumah susun saat masih kecil. Howard Schultz akhirnya berhasil keluar dari jeratan kemiskinannya berkat prestasi atletik yang dimilikinya. Ia kemudian memperoleh beasiswa dan menjadi figur pertama dalam keluarganya yang bisa duduk di bangku kuliah.

  1. Michael Jordan

Pebasket profesional yang handal sekelas Michael Jordan pun pernah mengalami penolakan. Saat masih berada di perguruan tinggi, Ia ditolak sebagai anggota tim basket lantaran tingginya yang tidak memenuhi standar tim.

  1. Thomas Alva Edison

Semasa hidupnya, pria yang lahir di Milan, Ohio banyak melakukan penelitian hingga akhirnya berhasil menjadi penemu terhebat di Amerika. Berkat jasa dan kerja kerasnya, dunia menjadi terang benderang seperti saat ini.

Itulah beberapa kisah inspiratif kehidupan nyata yang bisa dijadikan sebagai motivasi bagi Anda untuk menjalani hidup yang terasa berat.