20 Kuliner Nusantara yang Sedap dan Mendunia

Kuliner Nusantara dari negeri kita, Indonesia memang selalu menarik untuk dibahas. Hal ini karena makanan nusantara memiliki cita rasa khas, yaitu kaya dengan bumbu rempah sehingga menghasilkan suatu rasa makanan yang super sedap. Di samping itu, setiap daerah di Indonesia juga memiliki budaya dan kuliner yang berbeda. Itulah sebabnya banyak wisatawan lokal dan mancanegara tertarik untuk mencicipi ragam kuliner khas dari nusantara. Penasaran kan dengan berbagai macam kuliner dari negeri ini? Maka dari itu, yuk simak pembahasannya yang lengkap seperti berikut.

Apakah makna dari Kuliner Nusantara itu?

Sobat Parasayu, pasti ingin tahu bukan tentang apa yang dimaksud dengan kuliner nusantara itu? Kuliner nusantara Indonesia sebenarnya adalah berbagai ragam makanan yang dihasilkan dari beberapa daerah di tanah air. Banyaknya jenis kuliner yang ada di Indonesia tidak lain adalah karena negeri ini terdiri atas ribuan pulau yang dipisahkan oleh lautan dan daratan. Perbedaan wilayah tersebut menimbulkan perbedaan budaya, keanekaragaman hayati, dan perbedaan jenis fauna yang akhirnya juga mempengaruhi lahirnya kuliner khas dari daerah tertentu.

Macam Kuliner Nusantara apa saja yang paling populer?

Di berbagai media massa, baik cetak, elektronik, maupun media online banyak yang membahas seputar kuliner dari Indonesia. Bahkan, beberapa kuliner dari negeri ini pernah di-review oleh salah satu media terkenal di dunia. Lantas, apa saja kuliner nusantara itu? Berikut akan diterangkan tentang macam-macam kuliner nusantara tersebut:

  1. Rendang

Rendang merupakan salah satu masakan nusantara yang berasal dari daerah Padang, Sumatera Barat. Makanan ini bahan dasarnya adalah daging, santan kelapa, disertai dengan perpaduan bumbu-bumbu rempah pilihan sehingga menghasilkan cita rasa makanan yang sangat nikmat.

  1. Sate Madura

Di lihat dari namanya saja Anda pasti sudah tahu kalau sate ini memang berasal dari daerah Madura. Sate ini bahan dasarnya adalah daging yang dipotong kecil-kecil, lalu ditusukkan ke dalam tusukan dari bambu atau lidi. Daging yang sudah ditusuk tersebut kemudian akan dilumuri dengan berbagai jenis bumbu rempah, kemudian dibakar hingga daging matang berwarna kecokelatan dan mengeluarkan aroma yang sangat menggoda selera.

  1. Mie Aceh

Mie Aceh juga merupakan salah satu masakan tradisional yang berasal dari Daerah istimewa Aceh. Bahan dasar dari makanan tradisional ini adalah mie yang dicampur dengan beragam bumbu tertentu, kemudian diberi jenis sayuran tertentu sehingga rasanya begitu nikmat.

  1. Bika Ambon

Banyak orang yang menganggap bahwa Bika Ambon berasal dari Ambon. Namun, nyatanya kuliner ini aslinya adalah dari daerah Medan, Sumatera utara. Makanan ini merupakan kue tradisional yang dibuat dengan menggunakan beberapa bahan, seperti gula pasir, santan, tepung, dan telur. Kue ini rasanya manis dan terkadang diberi topping coklat, kacang, maupun keju sehingga rasanya sangat enak.

  1. Rujak Cingur

Rujak Cingur asalnya dari daerah Jawa Timur yang terkenal memiliki rasa pedas dan sangat nikmat ketika disantap.

  1. Gudeg

Gudeg adalah makanan tradisional yang berasal dari Jogja dan dibuat dengan bahan dasar nangka yang masih muda. Nangka muda akan diiris-iris, diberi santan, dan dicampur dengan bumbu pilihan khas Jogja sehingga rasanya bikin nagih banget.

  1. Tempe Mendoan

Tempe mendoan merupakan makanan tradisional yang banyak ditemukan di daerah Banyumas, Jawa Tengah. Tempe yang dimasak ukurannya lebih besar dibandingkan dengan tempe biasanya. Tempe tersebut akan dimasak dengan bumbu tertentu, diberi daun bawang, dan dibalut dengan adonan tepung sehingga rasanya menggoda.

  1. Gulai Belacan

Gulai belacan adalah makanan tradisional khas Riau. Makanan ini terdiri atas daging, ikan, udang yang diberi campuran terasi dan bumbu rempah pilihan sehingga kuahnya kental dan rasanya sangat lezat saat dimakan.

  1. Gulai Ikan Patin

Makanan tradisional ini sangat populer di daerah Jambi. Bahan dasarnya adalah ikan patin yang dimasak dengan tempoyak (fermentasi durian) dan dicampur dengan bumbu-bumbu rempah yang khas sehingga aromanya begitu sedap dan nikmat ketika disantap.

  1. Mie Bangka

Sesuai dengan namanya, mie ini berasal dari daerah Bangka. Dalam mie ini, terdapat campuran telur, irisan bawang goreng, seledri, dan diberi bumbu rempah yang khas sehingga rasanya begitu enak.

  1. Serabi

Serabi adalah kue tradisional yang banyak ditemukan di daerah Jawa Barat. Bahan dasar dari kue ini adalah tepung beras dicampur dengan santan dan diberi rasa manis maupun gurih.

  1. Bubur Pedas Sambas

Jika Anda ingin makan kuliner khas Kalimantan Barat, maka pilihlah menu Bubur Pedas Sambas. Bubur ini memang rasanya pedas dan dimasak dengan beberapa jenis rempah khas Sambas yang rasanya nikmat.

  1. Juhu Singkah

Rotan yang biasanya digunakan sebagai bahan untuk membuat furniture, ternyata juga bisa dimakan lho. Ya, Juhu Singkah adalah makanan dari Kalimantan Tengah yang bahan dasarnya dari rotan muda. Rotan muda akan diolah sambil dicampur dengan bumbu-bumbu rempah khas dari Kalimantan Tengah sehingga rasanya jadi enak ketika dimakan.

  1. Ayam Betutu

Saat Anda liburan ke daerah Bali, jangan lupa untuk menyantap Ayam Betutu. Kuliner tradisional ini bahan dasarnya adalah ayam dan terasa berbeda dengan olahan ayam lainnya karena dimasak dengan bumbu-bumbu rempah khas daerah Bali sehingga rasanya begitu lezat.

  1. Ayam Taliwang

Bila Anda berkunjung ke daerah Lombok, maka makanan Ayam taliwang adalah hidangan favorit di wilayah tersebut. Makanan ini berbahan dasar ayam yang diberi bumbu-bumbu rempah yang banyak khas dari daerah Lombok yang rasanya gurih dan sangat nikmat.

  1. Catemak Jagung

Sesuai dengan namanya, makanan tradisional ini bahan dasarnya adalah jagung. Jagung yang masih muda akan dimasak dengan diberi bumbu-bumbu rempah khas daerah Nusa Tenggara Timur. Jika sudah matang, maka olahan jagung ini akan terasa gurih dan sedap.

  1. Soto Banjar

Berwisata ke daerah Kalimantan Selatan tidak lengkap rasanya bila belum menikmati olahan kuliner Soto Banjar. Dalam soto ini, terdapat beberapa bumbu rempah pilihan yang dicampur dengan daging ayam. Soto ini tak hanya memiliki rasa yang nikmat, akan tetapi tubuh Anda juga bisa terasa lebih kuat setelah menyantap soto ini.

  1. Ayam Cincane

Ayam cincane adalah saah satu makanan tradisional dari wilayah Kalimantan Timur. Bahan dasar dari makanan ini adalah ayam kampung. Ayam kampung yang sudah disembelih, kemudian akan dicuci bersih dan diberi bumbu-bumbu tertentu supaya rasanya gurih dan pedas. Selanjutnya, ayam akan dimasak hingga matang. Jika Anda mencicipi ayam cincane ini pasti Anda akan ketagihan karena rasanya begitu lezat.

  1. Kepiting Soka

Bagi Anda yang doyan olahan makanan seafood, masakan Kepiting Soka bisa jadi pilihan menu makan siang yang nikmat. Kepiting yang diambil di wilayah perairan Kalimantan Utara ini akan dimasak dan diberi campuran bumbu yang khas supaya menghasilkan kepiting yang rasanya sedap. Untuk mengonsumsinya, Anda bisa membuka cangkang kepiting, kemudian silahkan disantap bagian dagingnya.

  1. Bubur Manado

Bubur ini asalnya adalah dari daerah Manado, Sulawesi Utara. Bubur ini cukup unik karena dicampur dengan beberapa jenis sayur mayur dan lauk tertentu. Bumbu yang digunakan juga begitu khas sehingga rasanya gurih. Untuk memakannya, terkadang bubur diberi topping sambal dan kerupuk supaya lebih nikmat ketika disantap.

Menarik sekali bukan pembahasan seputar ragam kuliner nusantara ini? Apakah Anda juga tertarik untuk mencoba aneka kuliner dari nusantara juga? Jika ya, Anda bisa langsung saja mendatangi warung makan atau restoran yang menyajikan ragam kuliner dari Indonesia yang lezat. Selain itu, apabila Anda melakukan kunjungan wisata ke berbagai daerah, jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas dari daerah tersebut supaya Anda semakin semangat dalam mengenal kekayaan budaya, khususnya dalam bidang kuliner di tanah air.

pop up mua parasayu 02