7 Makanan Khas Sumatera Utara Paling Favorit

Berbicara mengenai daerah Sumatera Utara Anda tentu tidak akan lepas dari bahasan kuliner lezat dan favoritnya. Daerah ini sendiri mempunyai segudang kuliner dengan rasa yang unik dan khas. Tentu, saat mengunjungi daerah tersebut akan terasa kurang jika tidak menikmati salah satu kuliner favoritnya. Lantas apa saja kuliner yang paling favorit dan khas di daerah tersebut? Yuk simak 7 makanan khas Sumatera Utara selengkapnya di bawah ini.

  1. Dekke Na Niura

makanan khas sumatera utara

gambar via google.com

Siapa yang sudah pernah mencicipi makanan khas satu ini? Orang Sumatera Utara tentu sudah tidak asing dengan nama makanan khas tersebut. Makanan ini berarti ikan yang diolah tanpa memakai api namun melalui fermentasi bumbu utama yakni asam Batak atau “Utte Sira”. Olahan makanan tersebut umumnya dibuat dari ikan mujair ataupun ikan mas.

Anda wajib mencicipi makanan khas ini karena rasanya yang sangat segar. Meski diolah dengan cara fermentasi akan tetapi saat memakannya Anda tidak akan mencium bau amis. Akan tetapi Anda akan disuguhkan dengan sensasi rasa getir dan pedas yang dijamin bikin nagih saat memakannya.

  1. Lapet khas Batak

makanan khas sumatera utara

gambar via googel.com

Sebagai orang Batak, tentu tak lengkap apabila belum mengetahui yang namanya Lapet. Lapet adalah ceminal manis tradisional Batak yang juga merupakan kuliner nusantara paling favorit untuk dinikmati. Nantinya, makanan ini dihidangkan dalam bentuk segitiga kerucut ataupun bulat.

Lapet sendiri terbuat dari tepung beras ketan yang didalamnya sudah diisi gula merah maupun kelapa. Tak heran saat Anda mencobanya akan terasa sangat lumer di mulut.

  1. Kue ombus-ombus

makanan khas sumatera utara

gambar via google.com

Merupakan kue yang terdapat di kota kecil bernama Siborong-Borong. Kue ini sendiri adalah kue yang umumnya bisa Anda temukan pada acara ada. Saat menyantapnya sendiri akan terasa jauh lebih nikmat jika disajikan dengan secangkir kopi. Kue ini pun dibuat dengan bahan yang sangat sederhana. Yakni tepung beras yang dicampur bersama gula merah.

Sementara pada penyajiannya sendiri, kue ini dibungkus memakai daun pisang lalu kemudian dikukus sampai matang. Kue ombus-ombus sangat nikmat disantap saat kondisinya masih hangat. Anda bisa menikmati makanan khas ini bersama kopi Toraja.

  1. Mie gomak

makanan khas sumatera utara

gambar via google.com

Anda pecinta mie? Tentu tak lengkap jika belum merasakan makanan khas yang satu ini. Mie gomak merupakan makanan khas daerah Sumatera Utara yang wajib menjadi salah satu daftar incaran kuliner Anda. Mie gomak ini sendiri terbuat dari bahan yang berupa mie spagethi. Yang membedakannya dengan mie spagethi adalah bumbu yang dipakai. Adapun proses perebusannya dilakukan bersama bumbu dan jika sudah matang dapat disajikan.

  1. Bika Ambon

makanan khas sumatera utara

gambar via google.com

Siapa sih yang belum mengenal makanan bika ambon? Bagi kamu yang pecinta kuliner makanan khususnya makanan dari Sumatera Utara, tentu sudah mengenal makanan yang satu ini. Bika ambon merupakan kue khas dari Sumatera Utara yang bahkan seluruh masyarakat Indonesia sudah mengenal makanan tersebut.

  1. Anyang pakis

Anyang pakis

gambar via google.com

Makanan ini terbuat dari tanaman pakis atau tanaman paku yang kemudian diberi bumbu tambahan berupa kelapa sangrai. Makanan ini sendiri bisa nda buat dengan sangat mudah. Anda hanya memerlukan bumbu berupa daun jeruk, serai, ketumbar, dan bawang merah. Haluskan bumbu tersebut kemudian menyangrainya dengan pakis yang sudah dikukus ditambah parutan kelapa.

  1. Arsik

Arsik

gambar via google.com

Makanan khas ini berasal tepatnya di daerah Tapanuli, Sumatera Utara. Terbuat dari bahan dasar ikan mas atau bisa juga dibuat dengan ikan-ikan lain yang memudian diolah dengan bumbu kuning. Untuk mendapatkan cita rasa yang meresap ke dalam ikan, maka bumbu khas yang sudah diolah tersebut dilumurkan ke dalam ikan secara merata kemudian digoreng mengering. Yang menjadi ciri khasnya adalah saat dimasak sisik ikan tidak perlu lagi dibersihkan.

Dari berbagai jenis kuliner nusantara di atas mana yang jadi favorit Anda? Jangan khawatir, karena pada dasarnya makanan tersebut sangat mudah untuk dibuat. Namun, saat mengunjungi daerah tersebut jangan lupa untuk mencicipi beberapa makanan khas seperti di atas.

mua parasayu