Cicipi Ragam Makanan Khas Sulawesi Barat

Sulawesi terkenal dengan berbagai ragam budaya serta adat yang diwariskan turun temurun. Tak terkecuali dalam hal kuliner nusantara, Sulawesi masih memegang teguh cita rasa khas yang menjadi daya tarik penikmat makanan. Berikut akan dibahas beberapa rekomendasi ragam makanan khas Sulawesi Barat yang patut untuk dicoba.

  1. Bau Peapi

makanan khas sulawesi barat

gambar via google.com

Yang pertama adalah Bau Peapi. Jika melihat dari namanya, cukup aneh untuk didengar oleh telinga wisatawan dari luar Sulawesi. Ternyata makanan ini tidak beda jauh dengan ciri khas penyajian hidangan kuah. Bau Peapi sendiri merupakan salah satu makanan khas yang dihadirkan turun temurun dari Suku Mandar,

Hidangan Bau Peapi sendiri berbahan dasar ikan yang diolah bersama dengan minyak kelapa, bawang mandar, kunyit, serta asam mangga. Cita rasa dari makanan ini berupa asam manis yang gurih. Serta umumnya disajikan secara bersamaan dengan Jepa. Yakni sebuah makanan kecil yang terbuat dari singkong.

  1. Roti Pawa

makanan khas sulawesi barat

gambar via google.com

Beralih dari makanan berat, tak ada salahnya untuk mencoba makanan kecil seperti Roti Pawa. Roti ini umumnya sekilas terlihat seperti bapao. Hanya saja Roti Pawa memiliki bahan dasar yang cukup berbeda. Terbuat dari tepung terigu dan tepung beras yang dijadikan satu, Roti ini hadir dengan perpaduan yang gurih dan kenyal.

Isian yang disajikan pun beragam mulai dari gula merah serta gula pasir. Namun di beberapa daerah dapat pula berisi kacang hijau, parutan kelapa, hingga cokelat. Anda dapat menemukan Roti Pawa di sepanjang kuliner Sulawesi Barat. Roti Pawa cukup terkenal dan sering dijadikan makanan oleh-oleh bagi para wisatawan.

  1. Kue Paso

makanan khas sulawesi barat

gambar via google.com

Masih tentang dunia kue, selanjutnya hadir kuliner khas Sulawesi Barat berupa Kue Paso. Terdengar asing bagi para wisatawan luar daerah Sulawesi, ternyata Kue Paso hanya hadir di bulan Ramadhan saja. Kue Paso merupakan istilah dimana bentuk dari kue ini sendiri hampir mirip dengan ilustrasi paku yang lancip.

Digemari oleh banyak masyarakat Sulawesi, cita rasa manis nan legit dari kue ini banyak menarik perhatian wisatawan lokal maupun internasional.

  1. Bolu Paranggi

makanan khas sulawesi barat

gambar via google.com

Selanjutnya akan dibahas mengenai teman kuliner dari bapao, yakni Bolu. Masih menjadi makanan khas dari Suku Mandar, Sulawesi Barat. Bolu Paranggi hadir denga tekstur kue yang lembut dan manis. Umumnya masyarakat Sulawesi menikmati sepotong bolu paranggi dengan secangkir kopi panas atau teh sebagai penghantar senja.

  1. Kue Tetu

Kue Tetu

gambar via google.com

Poin kelima pada pembahasan, terdapat Kue Tetu. Darimana asal ciri khas Kue Tetu? Kue Tetu sendiri merupakan ciri khas kuliner yang hadir dari Suku Mandar, Sulawesi Barat. Umumnya masyarakat Sulawesi menjadikannya sebagai makanan berbuka puasa. Kue Tetu identik denganĀ  bentuknya yang hampir mirip dengan ilustrasi perahu.

  1. Jepa

Jepa

gambar via google.com

Selanjutnya terdapat kuliner camilan berupa Jepa. Jepa identik dengan bentuknya yang bundar tipis serta terbuat dari campuran singkong serta kelapa. Dihadirkan dengan sajian gula aren di bagian tengah, membuat Jepa lebih nikmat dan lezat. Cocok bagi Anda yang ingin membawa oleh-oleh bagi sanak saudara di kampung.

  1. Kue Kui Kui

Kue Kui Kui

gambar via google.com

Yang terakhir untuk rekomendasi makanan khas Sulawesi Barat terdapat Kue Kui Kui. Kue Kui Kui hampir mirip dengan kue pancong yang berada di Jakarta. Kue ini juga masih menjadi resep turun-temurun milik Suku Mandar, Sulawesi Barat. Umumnya disajikan menjadi salah satu hidangan adat Suku Mandar.

mua parasayu