Sebelum Usaha Salon Kecantikan, Siapkan Ini Dulu

Usaha salon kecantikan semakin banyak yang baru buka karena pasar dalam bidang kecantikan selalu ramai. Para wanita selalu membutuhkan perawatan kecantikan setiap bulannya sehingga mereka pasti mengunjungi salon kecantikan secara rutin. Beberapa kalangan bahkan berani membayar sangat mahal

gif,GIF89a%01%00%01%00%80%00%00%00%00%00%FF%FF%FF%21%F9%04%01%00%00%00%00%2C%00%00%00%00%01%00%01%00%00%02%01D%00%3B - Sebelum Usaha Salon Kecantikan, Siapkan Ini Dulu

sumber freepik.com

Membuka usaha salon kecantikan mungkin terlihat sulit karena banyak hal yang harus dipersiapkan. Memang banyak hal yang harus dipersiapkan untuk membuka bisnis ini. Namun, tidak sesulit yang dibayangkan. Berikut hal yang harus kamu persiapkan saat ingin memulai usaha salon kecantikan:

  1. Tentukan Konsep Salon

Sebelum melangkah lebih jauh, tentukan dulu konsep seperti apa yang ingin kamu buat. Ada beberapa jenis konsep salon kecantikan, seperti khusus untuk potong rambut, menghias kuku, atau perawatan wajah.

Untuk membantu menentukan konsep, pilihlah konsep yang sesuai dengan keahlian kamu. Setelah menentukan konsep, mulailah menentukan jenis layanan yang kamu berikan kepada pelanggan.

Kalau kamu ahli dalam memotong rambut dan sudah memilih konsep tersebut, fokus pada pelayanan tersebut untuk awalnya. Kalau kamu merasa keahlian kamu masih kurang, ambil kursus untuk mengasahnya. Rekrut karyawan yang juga ahli dalam bidang yang sama.

  1. Hitung Modal

Langkah selanjutnya, hitung modal yang harus kamu keluarkan untuk menyiapkan segala perlengkapan. Jika ingin membuka salon kecantikan, setidaknya kamu butuh gunting, meja, cermin, kursi, dan tempat mencuci rambut.

Carilah peralatan tersebut dengan harga yang terjangkau oleh modal kamu. Buat perincian modal yang teliti. Rencanakan untuk apa modal tersebut digunakan. Usahakan untuk tidak meminjam uang sebagai modal. Pisahkan juga uang usaha dengan keuangan pribadi.

Buatlah rencana berapa modal awal yang akan kamu keluarkan dan berapa uang yang akan kamu simpan sebagai biaya tetap yang harus dikeluarkan setiap bulannya.

  1. Persiapkan Strategi Pemasaran

Pemasaran adalah ujung tombak dari sebuah bisnis, termasuk bisnis salon kecantikan. Persiapkan strategi pemasaran dengan matang dengan tujuan agar sebanyak mungkin orang yang tertarik dengan salon kamu.

Kamu dapat mencoba strategi pemasaran dengan media sosial, terutama Instagram. Aplikasi pembagi foto tersebut memiliki pengguna yang sangat banyak sehingga pemasaran akan lebih efektif.

Pasanglah konten yang menarik di media sosial tempat kamu memasang iklan. Ajak mereka untuk berinteraksi agar lebih tertarik untuk berkunjung ke salon yang kamu rintis.

  1. Memberikan Pelayanan Terbaik

Kamu adalah penjual jasa yang memberikan pelayanan untuk memperindah rambut pelanggan. Kunci sukses dari bisnis kamu adalah dengan memberikan pelayanan yang memuaskan.

Tidak peduli berapa mahal tarif yang kamu minta, mereka akan kembali lagi jika puas dengan pelayanan sebuah salon. Kamu juga layak mendapatkan harga yang mahal untuk pelayanan yang kamu berikan.

Selain itu, dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, pelanggan dapat mengumumkan pelayanan dari salon kamu. Artinya, ini semacam media promosi secara gratis.

  1. Cari Lokasi

Kamu juga memerlukan lokasi untuk membangun bisnis salon. Pilihlah tempat yang mudah dijangkau oleh semua orang. Kamu bisa membuka salon di dalam mall atau di pusat perkantoran.

Pastikan kalau salon kecantikan yang kamu bangun selalu ramai dilewati orang. Lokasi juga harus sesuai dengan pasar yang kamu bidik. Kalau kamu membidik mahasiswi sebagai target, pilih lokasi di dekat kampus. Kalau orang dewasa, pilih lokasi berdekatan dengan perkantoran.

Membangun sebuah usaha salon kecantikan tidaklah sulit kalau kamu sudah tahu hal-hal yang harus kamu lakukan. Setelah mempelajari kelima langkah di atas, segeralah lakukan pergerakan dan buka segera bisnis salon kecantikan sendiri.