Perawatan Wajah

10 Perawatan Wajah Berjerawat yang Bisa Dilakukan di Rumah

Perawatan wajah berjerawat

Wajah berjerawat memang sangat mengganggu. Selain itu, bekasnya juga akan membuat penampilan menjadi kurang maksimal. Meskipun sudah banyak salon kecantikan yang menawarkan perawatan wajah berjerawat, namun banyak pula yang masih tertarik mencoba perawatan di rumah.

Perawatan wajah berjerawat di rumah pun terbilang mudah. Selain menggunakan bahan-bahan alami, biaya yang dibutuhkan pun lebih terjangkau. Perawatan yang diperlukan pun tak hanya dari luar, namun juga dari dalam tubuh seperti yang akan diulas lebih lanjut berikut ini.

Perawatan Wajah Berjerawat

1. Masker Bawang Putih

1 2 - 10 Perawatan Wajah Berjerawat yang Bisa Dilakukan di Rumah

Zat sulfur yang dimiliki oleh bawang putih sangat efektif untuk mengatasi jerawat secara cepat. Di dalam bawang putih juga terkandung antiseptik yang mampu menghilangkan peradangan kulit dan bakteri penyebab jerawat. Untuk perawatan wajah berjerawat menggunakan bawang putih bisa kamu lakukan dengan:

  • Siapkan 1 siung bawang putih yang telah dikupas dan potong menjadi dua bagian.
  • Gosokkan potongan bawang ke jerawat secara langsung. Tahan efek perih yang dihasilkannya. Diamkan hingga 15 menit.
  • Pasca mengering, bilas wajah menggunakan air hangat hingga bersih.

Gunakan bawang putih secara hati-hati karena akan meninggalkan efek panas. Bagi pemilik kulit sensitif, ada baiknya memilih jenis perawatan lainnya.

2. Menggunakan Tea Tree Oil

2 1 - 10 Perawatan Wajah Berjerawat yang Bisa Dilakukan di Rumah

Sifat anti-inflamasi yang dimiliki tea tree oil sangat efektif untuk mengurangi pembengkakan. Selain itu, minyak pohon teh ini juga efektif mengurangi jumlah luka yang disebabkan karena jerawat ringan hingga sedang.

Kamu dapat mencoba tea tree oil dalam bentuk minyak essensial, gel, maupun krim. Namun jika ingin menggunakan dalam bentuk minyak essensial, encerkan terlebih dahulu sebelum diaplikasikan ke kulit.

3. Masker Madu

3 1 - 10 Perawatan Wajah Berjerawat yang Bisa Dilakukan di Rumah

Madu memiliki kandungan antioksidan yang bermanfaat membersihkan kotoran penyumbat pori-pori. Bagi yang memiliki jerawat batu, masker madu sangat rekomended untuk dicoba.

  • Siapkan madu murni, kemudian oleskan ke seluruh wajah dengan kapas, cotton bud, atau jari.
  • Setelah itu, diamkan 5-10 menit sampai kering dan bilas dengan air bersih.
  • Kamu juga dapat menambahkan madu ke masker bengkoang, masker jeruk nipis, maupun masker wajah lainnya.

4. Masker Lidah Buaya

4 1 - 10 Perawatan Wajah Berjerawat yang Bisa Dilakukan di Rumah

Selain memutihkan kulit dan mampu menebalkan rambut, lidah buaya dengan kandungan vitamin E dan antioksidannya yang tinggi juga efektif untuk mengatasi jerawat. Kandungan anti-bakteri dan anti-inflamasi yang dimilikinya dikenal efektif mengurangi hingga mencegah jerawat muncul kembali.

  • Siapkan satu buah lidah buaya dan belah menjadi dua.
  • Ambil gel lidah buayanya dan oleskan tipis-tipis ke seluruh kulit wajah.
  • Diamkan masker selama 5-10 menit sampai kering. Setelah itu, bersihkan dengan air hingga bersih.

Perawatan wajah berjerawat dengan lidah buaya sangat cocok untuk kulit kering. Kamu juga dapat mencoba produk berbahan dasar lidah buaya jika tidak menemukan tanaman tersebut disekitar rumah.

5. Perawatan dengan Minyak Kelapa

5 - 10 Perawatan Wajah Berjerawat yang Bisa Dilakukan di Rumah

Di dalam minyak kelapa terdapat anti-inflamasi dan anti-bakteri yang bermanfaat menghilangkan jerawat. Selain itu, kedua kandungan tersebut juga ampuh untuk mengurangi efek kemerahan dan pembengkakan karena jerawat.

Menggunakan minyak kelapa untuk mengatasi jerawat juga sangat mudah. Cukup oleskan minyak kelapa dengan kapas ke seluruh permukaan kulit atau ke daerah yang berjerawat.

6. Menggunakan Cuka Apel

6 1 - 10 Perawatan Wajah Berjerawat yang Bisa Dilakukan di Rumah

Cuka apel mengandung asam succinic yang terbukti mampu menekan peradangan yang disebabkan karena P.acnes. Asam lactic yang dikandungnya juga ampuh mengurangi bekas jerawat dan produksi minyak berlebih.

  • Campurkan cuka sari apel dan air biasa dengan perbandingan 1:3. Campuran air harus lebih banyak, terutama jika kulit kamu sensitif.
  • Kemudian siapkan bola kapas dan oleskan campuran cuka sari apel menggunakan bola kapas ke seluruh wajah.
  • Diamkan antara 5-20 detik. Setelah itu bilas dengan air bersih dan keringkan.
  • Ulangi proses tersebut 1-2 kali sehari sesuai dengan kebutuhan kamu.

Penggunaan cuka sari apel mesti dilakukan dengan campuran air. Jangan langsung gunakan cuka sari apel begitu saja karena berpotensi menyebabkan iritasi, terlebih jika kamu memiliki kulit sensitif.

7. Mengonsumsi Suplemen Minyak Ikan

7 2 - 10 Perawatan Wajah Berjerawat yang Bisa Dilakukan di Rumah

Perawatan wajah berjerawat tak hanya dari luar tubuh, dari dalam tubuh juga memerlukan perawatan sehingga pengobatannya semakin optimal. Mengonsumsi minyak ikan bisa menjadi pilihan terbaik.

Minyak ikan kaya akan asam lemak omega 3 yang mampu mempertahankan kadar hidrasi kulit. Tingginya kadar EPA dan DHA yang ada pada minyak ikan ampuh untuk mengurangi risiko peradangan jerawat.

Jika tidak menemukan minyak ikan, kamu bisa mengonsumsi jenis makanan lain yang kaya asam lemak omega-3. Seperti ikan salmon, sarden, teri, kacang kenari, chia seeds, dsb.

8. Rutin Olahraga

8 2 - 10 Perawatan Wajah Berjerawat yang Bisa Dilakukan di Rumah

Banyak yang kerap melupakan poin ini ketika ingin mengatasi jerawat. Sebenarnya olahraga sangat penting sebagai cara efektif melancarkan peredaran darah. Selain itu, dengan berolahraga, keringat akan keluar sehingga racun yang membuat jerawat makin parah akan keluar.

Maka jangan sampai melewatkan waktu tanpa berolahraga. Lakukan olahraga ringan seperti jogging, jalan-jalan santai waktu pagi, atau bersepeda tiap pagi atau sore hari.

9. Masker Mentimun

9 2 - 10 Perawatan Wajah Berjerawat yang Bisa Dilakukan di Rumah

Mentimun merupakan bahan alami yang bermanfaast mengurangi peradangan akibat jerawat, memberikan efek dingin, hingga membantu menyamarkan bekas jerawat. Bagi yang memiliki kulit sensitif, masker mentimun sangat cocok untuk dijadikan perawatan di rumah.

  • Parut mentimun yang telah dibersihkan.
  • Kemudian gunakan parutan mentimun tersebut sebagai masker hingga merata ke seluruh wajah.
  • Diamkan selama 5-10 menit sampai airnya meresap ke wajah. Bilas dengan air hingga bersih.

10. Terapi Es Batu

10 2 - 10 Perawatan Wajah Berjerawat yang Bisa Dilakukan di Rumah

Selain mampu mengecilkan pori-pori, ternyata es batu dapat digunakan sebagai obat jerawat. Efek dingin yang dimilikinya juga mampu mengurangi peradangan yang ditimbulkan akibat jerawat.

Cara menggunakannya yakni dengan membungkus es batu dengan kain bersih. Kemudian tempelkan kain berisi es batu tersebut ke kulit yang berjerawat selama 1 menit. Lakukan secara teratur agar efek kemerahan akibat jerawat mereda.

Imbangi perawatan wajah berjerawat di atas dengan menjalankan pola hidup bersih dan sehat. Cuci wajah secara teratur agar kotoran tidak terlalu lama menempel di wajah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Comments are Closed

Theme by Anders Norén