Inilah 7 Teknik Dasar Renang Gaya Dada

Dalam berenang terdapat beberapa teknik dasar yang harus dikuasai oleh perenang khususnya bagi para pemula yang sedang belajar berenang. Teknik berenang juga sangat beragam diantaranya teknik dasar renang gaya kupu-kupu, teknik dasar gaya renang gaya punggung, teknik dasar renang gaya dada dan lain sebagainya. Teknik renang gaya dada bisa dikatakan sebagai teknik yang cukup sulit untuk dikuasai.

Teknik renang gaya dada sendiri sangat populer dan menjadi salah satu gaya yang mudah dibandingkan dengan gaya-gaya renang lainnya. Namun kembali lagi setiap orang mempunyai kesukaan gaya renang yang berbeda-beda dan dalam berenang sendiri tidak harus menguasai semua gaya. Cukup dengan menguasai satu gaya berenang dengan baik itu sudah lebih dari cukup.

Lalu apa bedanya renang gaya katak dengan gaya dada? Renang gaya dada merupakan renang gaya katak atau juga disebut dengan breast stroke. Sehingga Anda tidak perlu bingung lagi dengan istilah-istilah tersebut.

Seperti Apa Teknik Dasar Renang Gaya Dada Itu?

Bagi para pemula yang ingin belajar tentang bagaimana teknik dasar renang gaya dada sebaiknya perhatikan ulasan lengkap dibawah ini:

  1. Teknik pemanasan

Yang pertama dilakukan sebelum meluncur ke air yaitu pemanasan yang mana pemanasan ini sangat bagus untuk melenturkan otot-otot tubuh terutama bagian otot-otot yang digunakan dalam gerakan renang gaya dada. Otot-otot tubuh mana saja yang berperan dalam melakukan renang gaya dada? Otot-otot tubuh yang mempunyai peran penting dalam melakukan renang gaya dada diantaranya adalah otot tangan, otot lengan, otot kaki, otot dada dan lain sebagainya.

  1. Teknik start atau meluncur

Pada saat melakukan gerakan meluncur pastikan Anda melakukannya dengan benar agar terhindar dari cedera tubuh. Dimana gerakan meluncur diawali dengan berdiri di pinggir kolam dengan satu kaki berada di depan.

Ketika akan meluncur maka posisi tubuh dibungkukkan dan tangan lurus ke arah depan kemudian dorong tubuh masuk ke dalam air kolam renang. Ketika sudah didalam air maka kaki, tangan dan juga tubuh harus lurus ke depan sejajar dengan permukaan air.

  1. Teknik tangan atau lengan

Teknik tangan dan juga renang pada gaya dada ini dibagi menjadi 2 gerakan yaitu gerakan menarik dan juga gerakan istirahat. Bagaimana gerakan menarik itu? Gerakan menarik maksudnya yaitu gerakan menarik kedua telapak tangan dari depan ke arah belakang sampai segaris dengan bahu. Ketika melakukan gerakan menarik sebaiknya lakukan dengan rileks dan sekuat tenaga. Adapun yang dimaksud dengan gerakan istirahat adalah saat posisi lengan dan tangan lurus ke depan.

  1. Teknik kaki dan paha

Cara melakukan teknik kaki ini juga penting diperhatikan dimana dimulai dengan posisi kaki lurus kemudian lakukan tendangan dengan menekuk kaki atau lutut yang kemudian disusul dengan melakukan gerakan pengembangan sehingga posisi kaki sama seperti saat katak berenang. Ketika melakukan gerakan tersebut pastikan Anda melakukannya dengan kuat dan khusus untuk posisi paha harus lurus.

  1. Teknik koordinasi tubuh

Dalam berenang koordinasi antara anggota tubuh satu dengan yang lain sangat dibutuhkan termasuk ketika berenang dengan gaya dada. Saat berenang pastikan gerakan tangan, lengan, dan juga kaki terkoordinasi dengan baik.

  1. Teknik pernapasan gaya dada

Pengambilan napas pada renang gaya dada ini dilakukan ketika kepala atau wajah muncul kedalam permukaan air. Sehingga ketika wajah atau kepala muncul ke dalam permukaan air sebaiknya ambil napas sebanyak mungkin.

  1. Teknik tenang dan rileks

Teknik terakhir yang harus dilakukan ketika melakukan renang gaya dada adalah tenang dan rileks. Tenang dan juga rileks ini sangat penting agar teknik dasar renang gaya dada yang Anda lakukan tidak salah sehingga mengurangi resiko cedera pada tubuh Anda. Semoga bermanfaat.

mua parasayu