Tips Memulai Usaha Dekorasi Pernikahan Yang Sebaiknya Kamu Pertimbangkan

Apa tips memulai usaha dekorasi pernikahan? Strategi seperti apa yang harus dilakukan? Modal berapa yang kamu siapkan? Semua pertanyaan tersebut pasti terbesit dalam kepala kamu ketika ingin memulai bisnis dekorasi pernikahan hingga akhirnya malah membuat bingung.

tips memulai usaha dekorasi pernikahan

sumber easyweddings.com.au

Memulai usaha dekorasi pernikahan tidaklah sulit. Bahkan kamu dapat memulai usaha ini dengan modal yang relatif murah. Bagaimana caranya? Caranya sangat mudah, asalkan kamu mengikuti tips memulai usaha dekorasi pernikahan berikut ini:

  1. Miliki Jiwa Kreatif

Syarat pertama, kamu harus memiliki jiwa kreatif dan inovatif. Untuk mendekorasi ruangan pernikahan hingga terlihat bagus di mata tamu undangan tidaklah mudah. Kamu harus menyesuaikan tema pernikahan, ruangan gedung, dan lain sebagainya.

Pertama kali memulai bisnis dalam bidang ini, mungkin kamu belum memiliki gambaran dekorasi yang bagus. Kamu dapat mencari inspirasi di internet atau melihat dekorasi yang pernah dilakukan.

  1. Jalin Kerja Sama

Masa awal-awal berbisnis merupakan masa tersulit, bahkan untuk bertahan dalam satu tahun. Nama bisnis dekorasi pernikahan kamu belum terlalu dikenal sehingga banyak orang yang masih ragu dengan kualitas dekorasi kamu.

Untuk mengatasi kendala ini, kamu dapat mengakalinya dengan bekerja sama dengan bisnis lain yang masih dalam lingkup pernikahan. Kamu dapat jalin kerja sama dengan wedding organizer untuk menyediakan paket jasa dekorasi.

Selain itu, untuk mendekorasi ruangan pernikahan, kamu membutuhkan bunga hias. Kerja sama juga penjual karangan bunga untuk memberikan harga yang murah. Menjalin kerja sama dengan banyak pihak dapat lebih menguntungkan bisnis kamu.

  1. Mulai Dari Kecil Dulu

Awal merintis bisnis, kamu pasti memiliki sumber daya yang terbatas. Jangan terburu-buru untuk memulai sesuatu yang tidak kamu miliki, bisnis kamu tidak akan pernah berjalan kalau kamu ingin fokus pada skala yang besar. Namun tidak memiliki sumber dayanya.

Mulai mendekorasi pernikahan yang sederhana dahulu, yang tidak membutuhkan peralatan dan perlengkapan yang ribet. Saat usahamu mulai berjalan, cobalah tingkatan sedikit demi sedikit hingga akhirnya mampu bersaing dengan bisnis dekorasi pernikahan yang telah terkenal.

  1. Berikan Ide yang Berbeda

Usaha dekorasi pernikahan sudah menjamur sekarang ini, sehingga kamu harus menunjukkan bahwa kamu unik. Pernikahan merupakan momen paling bahagia dalam hidup sehingga orang ingin memberikan yang hal yang berbeda saat resepsi.

Berikanlah ide yang berbeda dibandingkan kebanyakan sehingga calon pelanggan tertarik. Layani juga jika calon mempelai ingin mengadakan pesta pernikahan dengan tema yang unik, seperti outdoor.

  1. Promosi ke Keluarga

Keluarga merupakan lingkungan yang paling dekat dengan kamu sehingga kamu dapat memulai penjualan ke lingkup keluarga terlebih dahulu. Jangan malu karena mereka akan memberikan toleransi yang lebih terhadap kamu.

Tanyakan saran dan kritik dari keluarga yang telah memakai jasa kamu sehingga kamu dapat meningkatkan pelayanan dari bisnis kamu. Selain itu, mintalah keluarga untuk mempromosikan kepada teman mereka.

  1. Bentuk Tim yang Kompeten

Dalam mendekorasi ruangan pernikahan, kamu tidak akan bisa bekerja sendiri. Kamu membutuhkan tim yang mampu membantu bisnis kamu. Carilah orang untuk posisi riset, pencarian barang, marketing dan promosi, hingga pembuatan kontrak untuk klien.

Bentuk tim dengan mencari orang yang berkompeten dan profesional dalam menjalankan peran yang kamu berikan. Bangun tim yang kompak dan mampu bekerja sama dengan baik.

Itulah beberapa tips memulai usaha dekorasi pernikahan yang patut kamu coba agar bisnis kamu dapat berhasil. Berikan pelayanan yang memuaskan agar klien semakin percaya kepada kamu dan mempromosikan bisnis dekorasi pernikahan kamu kepada kerabatnya.