Tips Merencanakan Pernikahan Tanpa WO, Pasti Berkesan!

Mempelajari tips merencanakan pernikahan sendiri merupakan hal yang wajib bagi pasangan yang mandiri. Ada beberapa keuntungan dengan merencanakan pernikahan sedini mungkin secara mandiri, yaitu hemat biaya dan dapat menyesuaikan konsep serta tema sesuai keinginan.

tips merencanakan pernikahan

sumber hellomagazine.com

Kalau kamu dan pasangan ingin merencanakan pernikahan secara mandiri, banyak hal yang harus kalian persiapkan. Merencanakan pernikahan sendiri tentu sangat sulit. Untuk mempermudahnya, kamu dapat mempelajari beberapa tips merencanakan pernikahan berikut ini:

  1. Catat Anggaran

Suatu acara pernikahan membutuhkan dana yang tidak sedikit. Semakin mewah acara pernikahan yang ingin kamu selenggarakan, semakin mahal biaya yang harus kamu tanggung.

Karena itu, kamu perlu mencatat berapa anggaran yang kamu dan pasangan sediakan untuk melangsungkan resepsi pernikahan. Catat seluruh dana yang ada, mulai dari tabungan sendiri atau bantuan dari orang tua.

Kamu juga perlu mencatat segala pengeluaran yang dibutuhkan. Pastikan kalau uang yang harus kamu keluarkan tidak melebihi dana yang kamu miliki. Jika ternyata kebutuhannya masih melebihi dana yang kamu punya, lakukan penghematan untuk beberapa hal.

Semakin cepat kamu mencatat anggaran, semakin mudah langkah yang harus kamu lakukan selanjutnya. Pencatatan anggaran harus dilakukan setidaknya 1 tahun sebelum pelaksanaan pernikahan.

  1. Menentukan Besarnya Pernikahan

Setelah mengetahui dana yang kalian miliki dan berapa biaya yang harus keluarkan, kini kalian bisa menentukan seberapa mewah resepsi pernikahan kalian akan berlangsung. Tentukan besarnya pernikahan secara realistis sesuai dengan budget yang tersedia.

Pada tahap ini, kalian harus memutuskan tempat pernikahan, konsep pernikahan, banyaknya pengiring pengantin, berapa banyak tamu yang ingin diundang, serta makanan yang akan disajikan.

Baju pengantin, dekorasi, dokumentasi, dan kue pernikahan juga harus kamu pertimbangkan dengan pasangan. Jika ada beberapa hal yang biayanya bisa kamu pangkas, jangan ragu untuk melakukannya. Satu urusan yang kamu hemat, dapat membantu urusan di hal lain.

  1. Pilih Pakaian

Kalau kamu telah menentukan tema, konsep, dan besarnya acara pernikahan kalian, kamu dapat menentukan gaun pengantin. Baju pengantin kamu dan pasangan harus sesuai dengan tema yang kalian usung.

Kamu dapat memilih untuk menyewa baju pengantin atau membuatnya secara langsung. Jika kamu menyewa, kamu dapat menghemat sebagian pengeluaran dan dialokasikan untuk kebutuhan lain. Kalau kamu memilih membuat dan menyimpannya, kamu dapat mengingat momen indah pernikahan kamu suatu saat nanti ketika melihat baju pengantin itu lagi.

Selain baju pengantin, kamu juga harus menentukan baju seragam untuk keluarga. Kamu dapat memberi mereka bahan untuk dijahit atau menyuruh mereka untuk memakai baju dengan warna yang sama.

  1. Cari Vendor Dengan Teliti

Kamu pasti telah menentukan bagaimana tema dan konsep pernikahan, seberapa banyak tamu yang diundang, dan ingin seberapa mewah pernikahan kamu. Kamu juga telah memastikan ingin menyewa baju pengantin atau membuatnya.

Kalau hal-hal itu sudah kamu tentukan, kamu bisa mulai mencari vendor untuk semua hal tersebut. Kamu harus mencari vendor dekorasi, percetakan undangan, fotografer, catering, dan penjahit baju pengantin.

Mencari vendor untuk banyak hal dalam pernikahan harus sabar dan teliti. Kamu dapat mencari vendor melalui kenalan atau internet. Cari yang memberikan promo dan telah terbukti kualitasnya.

  1. Periksa Lagi

Setelah kamu memilih semua vendor, coba cek lagi list yang harus kamu persiapkan. Pastikan tidak ada hal yang kurang. Pastikan juga kalau ada beberapa hal yang dapat kamu hemat.

Merencanakan pernikahan sendiri memang tidak mudah. Namun dengan 5 tips di atas, kamu dapat merencanakan pernikahan dengan lebih mudah. Kerja sama kamu dan pasangan merupakan hal yang penting untuk melangsungkan pernikahan.

mua parasayu