Inilah Tips Memilih Catering Pernikahan Dengan Cerdas

Tips memilih catering pernikahan sering menjadi kata kunci yang dicari oleh pasangan yang ingin menikah. Catering pernikahan merupakan elemen yang penting dalam sebuah acara resepsi dan mencari memang tidaklah gampang. Hal ini sering menyita waktu dan pikiran.

gif,GIF89a%01%00%01%00%80%00%00%00%00%00%FF%FF%FF%21%F9%04%01%00%00%00%00%2C%00%00%00%00%01%00%01%00%00%02%01D%00%3B - Inilah Tips Memilih Catering Pernikahan Dengan Cerdas

sumber papandayanballroomtambun.com

Namun, memilih catering pernikahan akan jadi lebih mudah kalau kamu sudah tahu apa saja hal yang harus dilakukan. Kamu juga tidak boleh hanya asal memilih catering pernikahan. Kamu perlu cara cerdas untuk memilih catering pernikahan, seperti berikut ini:

1. Anggarkan Biaya

Kamu dan pasangan pasti menganggarkan biaya pernikahan terlebih dahulu. Dalam tahap ini, bicarakan berdua dengan pasangan berapa uang yang ingin dihabiskan untuk catering pernikahan.

Kalian pasti memiliki tabungan khusus yang telah disiapkan untuk pernikahan. Baiknya, anggarkan 10% dari total tabungan pernikahan kalian untuk memesan catering. Setelah menyisihkan 10% dari tabungan, kalian akan melihat berapa uang yang kalian miliki untuk bagian ini.

Jika ternyata uang yang kalian punya untuk catering tidak terlalu banyak, jangan memesan menu yang mewah. Kalau kalian masih ingin menyuguhkan hidangan yang mewah, maka kalian harus menabung lebih banyak lagi.

2. Lihat Menu Makanan dan Kualitas Vendor

Saat mencari vendor catering pernikahan, carilah yang menawarkan menu beragam. Vendor catering pernikahan yang berpengalaman akan menawarkan 7 hingga 8 paket catering yang beragam.

Dengan menu yang beragam, tamu undangan akan merasa lebih puas di pesta pernikahan kamu. Selain menu makanan, pastikan juga bahwa vendor memiliki kualitas dalam menyediakan makanan.

Bagaimana cara mengetahui kualitas vendor? Lihatlah testimoni dari pasangan yang pernah menggunakan jasanya.

3. Cicipi Makanan

Meski tamu undangan yang akan merasakan makanan vendor. Namun, kamu juga harus memastikan kalau makanan yang disediakan vendor memiliki cita rasa yang baik. Jangan membuat tamu tidak nyaman hanya karena kamu salah memesan makanan.

Saat tamu undangan tidak puas dengan menu catering, pemilik pesta yang akan pertama disalahkan oleh para tamu. Sebuah pesta undangan biasanya dinilai dari menu makanan yang tersedia.

4. Perhatikan Kebersihan

Saat bertemu dengan vendor dan mencicipi makanan, periksa juga kebersihan dari vendor tersebut. Kamu tentu tidak mau salah satu tamu menemukan hal yang tidak menyenangkan di makanan catering, bukan?

Kalau kamu memiliki waktu, cobalah melihat seluruh proses memasak dari vendor. Perhatikan tempat mereka, cara kerja pegawainya, dan penyajiannya. Proses yang higienis sangat penting bagi bisnis makanan, apalagi vendor catering pernikahan.

5. Minta Perlengkapan Lain

Tanyakan kepada vendor yang telah kamu pilih, apakah mereka menyediakan perlengkapan lain yang satu paket dengan catering makanan? Seperti meja, kursi, piring, gelas, dan peralatan makan lainnya. Catering yang satu paket dengan perlengkapannya akan lebih murah dan memudahkan sehingga kamu tidak perlu menyewa di tempat lainnya lagi.

Kalau mereka juga menyediakan pegawai yang melayani, pastikan pegawai yang mereka kirim tidak terlalu banyak agar ruangan pesta tidak terlalu sesak hingga membuat tamu tidak nyaman. Terlebih lagi kalau ruangan pesta pernikahan kamu sempit.

6. Negosiasi

Kalau kamu sudah memastikan vendor tersebut memiliki menu yang beragam, berkualitas, bersih, dan menawarkan perlengkapan lainnya. Lakukan negosiasi dengan pemilik vendor. Mintalah potongan harga dan keringanan waktu pembayaran.

Dalam pesta pernikahan, kebanyakan tamu undangan hanya melihat berkualitas atau tidaknya dari makanan yang disajikan. Itulah alasan mengapa kamu harus cerdas dalam memilih vendor catering makanan.

Itu dia beberapa tips memilih catering pernikahan, sebelum menjatuhkan pilihan pada vendor catering ada baiknya kamu pastikan terlebih dahulu.