Tips Menghemat Biaya Pernikahan, Tetap Romantis Meski Budget Terbatas

Banyak calon pasangan suami istri mencari tips menghemat biaya pernikahan. Pengetahuan ini memang harus dimiliki oleh setiap calon pasangan karena biaya pernikahan semakin mahal setiap tahunnya. Biaya tentunya menjadi masalah bagi kebanyakan pasangan yang ingin melangsungkan pernikahan.

tips menghemat biaya pernikahan

sumber tipsfotografi.net

Biaya pernikahan memang mahal. Namun, bukan berarti kamu tidak bisa melaksanakan pernikahan yang mewah dengan biaya terbatas. Kamu dan pasangan tetap bisa melangsungkan pernikahan yang romantis dengan tips menghemat biaya pernikahan berikut ini:

  1. Memilih Undangan Online

Kemajuan teknologi dapat membantu kamu dalam menghemat biaya pernikahan. Smartphone kini dapat dengan gampang mengirimkan gambar. Manfaatkan teknologi yang sering kamu pegang ini dengan mengirimkan undangan online.

Gunakan Whatsapp, email, Instagram, dan media sosial lainnya yang memudahkan kamu untuk mengirim undangan ke kerabat. Undangan online tentu memangkas biaya percetakan undangan. Jika setengah tamu undangan dapat kamu undang melalui online, kamu telah menghemat banyak uang.

  1. Minta Bantuan Kenalan

Kamu dapat meminta bantuan teman dan saudara untuk membantu berlangsungnya acara pernikahan kamu dan pasangan. Teman yang pandai berbicara di depan publik dapat kamu minta menjadi MC.

Teman dekat telah mengerti diri kamu dan pasangan sehingga pembawaannya akan lebih baik daripada MC profesional. Kamu pasti memiliki teman yang pandai bernyanyi dan bermain alat musik, mintalah mereka untuk menjadi penyanyi atau pemain band.

  1. Make Up Sendiri

Biaya menyewa make up artis beragam, mulai dari jutaan hingga puluhan juta. Kalau kamu jago make up, lebih baik merias wajah sendiri pada hari pernikahan dibandingkan mengeluarkan uang yang cukup banyak untuk menyewa jasa make up artis.

Uang puluhan juta dari urusan make up dapat kamu alokasikan untuk keperluan yang lain, menyewa gaun pengantin misalnya. Kalau kamu sulit merias wajah sendiri, coba untuk meminta bantuan teman sebagai asisten kamu.

Kamu juga bisa meminta bantuan teman sebagai artis make up. Biaya yang harus kamu keluarkan untuk menyewa jasa teman pasti lebih murah dibandingkan make up artis profesional. Namun, tetap pastikan hasilnya bagus.

  1. Pilih Souvenir yang Murah

Souvenir merupakan barang wajib untuk diberikan kepada tamu undangan sebagai tanda terima kasih telah hadir di acara kamu. Souvenir kini semakin kreatif dengan memanfaatkan keterampilan dan barang sekitar.

Kalau kamu ahli dalam keterampilan, cobalah untuk membuat souvenir yang sederhana secara sendiri. Biayanya tentu lebih murah kalau kamu membuatnya sendiri. Namun kalau kamu tidak bisa, jangan putus asa dulu. Kini banyak sekali souvenir unik yang dijual dengan harga yang murah. Kamu bisa mencari souvenir tersebut di internet.

  1. Baju Seragam Keluarga

Biaya pernikahan dapat kamu pangkas dari baju seragam keluarga. Kamu pasti ingin membuat foto dengan keluarga jadi serasi dengan baju yang seragam. Namun, membeli bahan dan menjahitkan untuk mereka merupakan pemborosan.

Apalagi baju tersebut hanya dipakai sekali pada pernikahan kamu saja, mubazir jadinya. Untuk mengakali hal ini, kamu dapat meminta mereka untuk memilih baju sendiri. Namun, dengan warna yang serupa. Foto keluarga tetap menarik, kamu juga dapat menghemat pengeluaran.

Pernikahan memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Namun, ada banyak cara untuk menghemat biaya pernikahan yang harus dikeluarkan. Asal kamu pintar memutar otak, kamu pasti menemukan celah untuk menghemat biaya pernikahan. Namun, jangan terlampau pelit, ya.