Begini Urutan Pemakaian Skincare yang Benar

Merawat wajah adalah hal penting yang harus dilakukan semua orang baik wanita maupun pria. Untuk merawat kulit, anda perlu menemukan produk yang cocok sesuai dengan kondisi kulit anda anda (normal, kering, berminyak atau sensitif) atau menemukan toner untuk kulit berminyak yang tepat. Selain menemukan produk yang cocok, anda juga harus memperhatikan urutan pemakaian skincare yang benar agar skincare anda dapat teraplikasi dengan baik di kulit. Nah untuk anda yang masih bingung, berikut akan disajikan urutan pemakaian skincare yang benar. Check this out!

Urutan Pemakaian Skincare Pagi

Urutan Pemakaian Skincare Pagi

gambar via google.com

  1. Cleanser / Mencuci Wajah

Sebelum mengaplikasikan skincare dan makeup, yang harus anda lakukan pertama kali adalah membersihkan wajah anda dari debu dan kotoran sehingga kulit bersih dan siap untuk diberikan nutrisi tambahan melalui skincare. Gunakan sabun khusus wajah yang sesuai dengan kondisi kulit anda. ketika mencuci wajah, lakukan dengan gerakan memutar dan jangan menggaruk wajah. Jika anda merasa wajah sudah bersih, bilang menggunakan air mengalir kemudian tepuk-tepuk menggunakan handuk bersih.

  1. Toner

Setelah mencuci wajah, anda perlu menyeimbangkan ph kulit dengan mengaplikasikan toner. Anda perlu memilih toner yang sesuai dengan jenis kulit anda anda (normal, kering, berminyak atau sensitif). Tapi yang perlu menjadi catatan, apapun jenis kulit anda pilihlah toner yang tidak mengandung alkohol karena dapat menyebabkan wajah iritasi. Penggunaan toner untuk kulit berminyak sangat penting loh, karena dapat membantu mengurangi kadar minyak pada wajah dan membuat makeup bisa tahan lebih lama.

  1. Serum (Opsional)

Sebenarnya penggunaan serum pada skincare pagi bisa dilewati karena serum akan lebih bermanfaat di malam hari. Namun tidak ada salahnya menggunakan serum di pagi hari terutama jika kulit anda sensitif atau kering.

  1. Moisturizer / Pelembab

Banyak yang menyangka pelembab atau moisturizer adalah produk make up. Padahal pelembab adalah produk skincare loh karena fungsinya memang melembabkan kulit. Meskipun berfungsi melembabkan, moisturizer tidak hanya digunakan untuk kulit kering loh. Kulit berminyak dan normal juga wajib menggunakan pelembab. Produk moisturizer bisa diganti dengan krim pagi karena biasanya krim pagi sudah mengandung moisturizer didalamnya.

  1. Tabir Surya

Skincare yang satu ini juga tidak boleh ketinggalan. Anda harus selalu menggunakan tabir surya (bisa sunscreen atau sunblock) apalagi jika anda adalah orang yang banyak beraktifitas diluar ruangan. Untuk aktifitas dalam ruangan, anda bisa menggunakan tabir surya dengan SPF 15-30. Namun jika anda melakukan aktifitas diluar ruangan, gunakan tabir surya dengan kandungan SPF lebih tinggi yaitu SPF 30-50.  Tabir surya akan melindungi kulit anda dari paparan sinar UV yang dapat membuat kulit kusam dan merusak jaringan kulit.

Nah, setelah anda melakukan urutan pemakaian skincare pagi dengan benar, anda baru boleh mengaplikasikan make up harian anda. Menurut ahli kecantikan, urutan skincare yang benar akan membantu make up menempel lebih baik dan tahan lama pada wajah. Jadi, jangan lupa menggunakan skincare setiap pagi ya!

Urutan Pemakaian Skincare Malam

Urutan Pemakaian Skincare Malam

gambar via google.com

Urutan pemakaian skincare pada malam hari terbilang lebih banyak dibanding pagi hari. Mengapa? Karena malam hari saat anda tidur adalah saat terbaik bagi kulit beregenerasi dan beristirahat sehingga skincare akan bekerja lebih baik di malam hari saat anda tidur

  1. Makeup Remover

Setelah beraktifitas seharian diluar rumah, menggunakan make up, terpapar sinar matahari dan berkeringat, anda tentu perlu melakukan pembersihan ekstra pada kulit wajah anda. untuk itu anda perlu menggunakan make up remover sebelum mencuci wajah. Make up remover saat ini tersedia dalam berbagai jenis yang bisa anda pilih. ada cleansing balm (yang bertekstur seperti balsem), micellar water (cair atau campuran cairan dan minyak), cleansing oil (bertekstur minyak), milk cleanser (bertekstur seperti lotion) dan masih banyak lagi. Pastikan anda memilih make up remover yang sesuai dengan jenis kulit anda ya (normal, kering, berminyak atau sensitif).

Aplikasikan makeup remover pada wajah kemudian bersihkan makeup dengan gerakan memutar. Pastika setiap bagian wajah telah tersapu dengan makeup remover ya. Ada juga makeup remover khusu bagian mata dan bibir jika anda menggunakan riasan mata dan bibir yang lebih tebal dari riasan sehari-hari.

  1. Cleanser / Mencuci Wajah

Meskipun anda sudah membersihkan makeup menggunakan makeup remover, anda tetap harus melakukan double cleansing menggunakan cleanser atau sabun pencuci wajah untuk lebih memastikan make up benar-benar terangkat dari kulit. Selain itu, mencuci wajah di malam hari juga akan membuat anda segar karena terkena air. Keringkan wajah anda menggunakan handuk bersih dengan pelan dan lembut.

  1. Toner

Setelah mencuci wajah, gunakan toner secara merata pada wajah agar pH kulit anda menjadi seimbang. Penggunaan toner setelah melakukan double cleansing juga dapat meminimalisir peradangan yang mungkin terjadi di kulit wajah. Usapkan toner dengan gerakan naik keatas agar kulit anda semakin kencang dan tidak berkerut.

  1. Serum

Pada bagian atas tadi sudah dijelaskan jika serum lebih baik diaplikasikan di malam hari. Serum adalah skincare yang mengandung banyak nutrisi untuk kulit tergantung kandungannya. Gunakan serum sesuai dengan kondisi dan masalah kulit yang sedang anda hadapi. Misalnya jika anda memiliki masalah noda hitam dan mengurangi kerutan, gunakan serum yang mengandung vitamin C dan jika anda memiliki masalah kulit kering, gunakan serum yang mengandung vitamin A. Selain 2 jenis serum itu, masih banyak jenis serum yang bisa anda pilih. namun anda tidak boleh menggunakan serum dengan jenis berbeda pada satu kali pengaplikasian ya, apalagi jika menggunakan merek yang berbeda.

  1. Eye Cream

Anda memiliki masalah mata panda atau mata hitam? Penggunaan skincare eye cream tentu sangat anda butuhkan. Eye cream akan membantu anda menyamarkan mata panda, mengurangi bengkak (kantung mata) dan mengurangi kerutan. Aplikasikan sedikit saja dibawah mata dan tunggu hingga kering dan meresap sempurna.

  1. Moisturizer / Pelembab

Selain digunakan di pagi hari, pelembab atau moisturizer juga wajib anda gunakan di malam hari. Biasanya, pelembab khusu malam hari (krim malam) memiliki tekstur lebih padat dan lebih tebal dibandingkan krim pagi. Mengapa? Karena khasiatnya juga lebih banyak. Tidak hanya melembabkan, krim malam biasanya dapat memperbaiki masalah kulit lainnya seperti mengurangi tanda penuaan dini, masalah pigmentasi hingga masalah kerutan. Intinya, jangan pelit untuk pengaplikasian pelembab di malam hari ya, gunakan secara merata ke seluruh kulit wajah.

  1. Sleeping Mask

Sebenarnya penggunaan sleeping mask juga pilihan (opsional) yang bisa anda lewati. Namun jika anda pemilik kulit wajah sensitif, sebaiknya anda tetap menggunakan sleeping mask terutama yang memiliki fungsi melembabkan. Dengan menggunakan sleeping mask di malam hari, ketika bangun esok hari kulit anda akan terasa segar dan kenyal.

Demikian urutan pemakaian skincare routine baik pagi maupun malam hari yang benar. Selalu ingat untuk menggunakan produk yang sesuai dengan kondisi kulit anda (normal, kering, berminyak atau sensitif). Sebagai tips tambahan, anda bisa melakukan exfoliasi kulit seminggu sekali dan menggunakan masker wajah seminggu tiga kali untuk menutrisi kulit. Semoga informasi diatas bermanfaat!

mua parasayu