Sama halanya pada postingan sebelumnya, rambut adalah mahkota kaum wanita yang sangat diperhatikan penampilannya. Pasti sudah banyak hal yang kamu lakukan buat merawat rabut kamu. Namun, tak jarang perawatan rambut yang terlalu sering dan berlebihan malah bisa menyebabkan masalah baru bagi rambut kamu. Diantara masalah tersebut adalah rambut menjadi kusam, bercabang, dan juga patah.

Buat kamu yang memiliki beberapa masalah rambut diatas, tidak perlu khawatir. Karena saat ini sudah ada banyak produk kecantikan untuk rambut yang memberikan manfaat menjaga kelembaban rambut kamu. Selain dengan produk pabrik, kamu juga bisa merawat rambut kamu sendiri dengan menggunakan bahan alami yang tidak mengandung bahan kimia. Berikut beberapa perawatan rambut kering kusam bercabang menggunakan bahan-bahan alami yang mampu membuat rambut kamu terhindar dari beberapa masalah rambut:

  1. Buah alpukat

Buah yang memiliki bentuk hampir mirip dengan buah pir ini, ternyata tidak hanya enak untuk dimakan. Namun juga ternyata mengandung vitamin E dan juga mineral yang sangat diperlukan oleh rambut. Perawatan rambut menggunakan buah alpukat tidaklah sulit, kamu hanya perlu membuat buah alpukat menjadi pasta.  Cara bisa dengan cara kamu blender atau kamu haluskan dengan cara manual buah alpukat yang telah matang sempurna. Kemudian oleskan pasta buah alpuka tersebut secara merata ke rambut kamu, diamkan selama beberapa saat agar nutrisinya terserap oleh rambut kamu.selanjutnya bilas dengan air dan sampo hingga sisa alpukat hilang.

Baca Juga : 5 Cara Mengatasi Rambut Rontok Anak

Baca Juga : Manakah Jenis Perawatan Rambut Rontok Yang Bagus Saat Ini? Ini Jawabanya
  1. Buah papaya

Disamping kandungan vitamin yang tinggi, buah papaya juga mengandung proteinyang baik untuk rambut. Perawatn rambut menggunakan papaya sangatlah simple, yaitu cukup dengan menghaluskan 200 garam buah papaya dicampur dengan 2 sdm yoghurt. Selanjutnya oleskan campuran tadi pada rambut kamu dan diamkan selama 30 menit. Kemudian bilas hingga bersih.

  1. Lidah buaya

Lidah buaya atau disebut juga aloevera adalah salah satu tanaman taman yang bisa digunakan untuk perawatan rambut. Cara perawatan rambut menggunakan lidah buaya sangat sederhana sekali. Caranya kamu hanya perlu mengambi lidah buaya secukupnyadengan ukuran 5×6 cm kemudian buka sebagian bagian kulit luarnya lalu gosok-gosokkan ke rambut kamu hingga merata. Diamkan selama beberapa menit kemudian bilas hingga bersih.

  1. Minyak alami

Ada banyak bahan alami yang bisa diambil kandungan minyaknya. Minyak pada bahan-bahan ini sering disebut sebagai minyak atsiri. Diantara banyak minyak atsiri, ada beberapa minyak yang bagus untuk rambut. Diantaranya adalah minyak zaitun, minyak almond, dan juga minyak kelapa. Cara penggunaan minyak ini untuk perawatan rambut kamu cukup simple dan tidak perlu dibilas. Dengan mengoleskan sedikit minyak secara merata kerambut kamu, maka rambut kamu akan menyerap nutrisi dari minyak tersebut.

  1. Kemiri

Kemiri merupakan salah satu bahan rempah asli Indonesia. Tanaman ini sangatlah mudah dikenali, karena hampir setiap hari kita menemukannya didapur. Untuk perawatan rambut dengan tanaman ini sangat mudah, yaitu dengan mengoleskan minyak kemiri pada seluruh bagian rambut. Karena minyak kemiri mengandung mineral dan protein yang mampu menguatkan dan juga merangsang pertumbuhan rambut baru.

Beberapa bentuk perawatan rambut kering kusam bercabang di atas, bisa kamu kombinasikan dengan berbagai bentuk perawatan modern. Itu juga yang merupakan salah satu kelebihan perawatan secara alami. Ia bisa di kombinasikan tanpa mengalami kontradiksi.

Baca Juga : Begini 6 Perawatan Rambut Kering dan Patah Yang Terbukti Ampuh