7 Penyebab Kutu Rambut yang Wajib Diwaspadai

Pada dasarnya, penyebab kutu rambut dikarenakan oleh kemunculan parasit bernama pediculus humanus var captitis. Kutu rambut menjadi masalah kesehatan yang harus diobati dengan segera. Pasalnya, tidak hanya menimbulkan rasa gatal yang tidak nyaman. Bahkan tidak jarang, kutu rambut tidak jarang menyebabkan luka pada kulit kepala. Hal semacam itu yang perlu dihindari, sebab tidak bisa dimungkiri bahwa kesehatan kepala dan rambut termasuk elemen penting untuk meningkatkan rasa percaya diri.

Sama seperti jenis kutu pada umumnya, kutu rambut memiliki bentuk kecil dan tidak mudah terlihat. Jenis kutu ini mampu menghisap darah serta berkembangbiak di kepala manusia. Nah, bagi Anda yang ingin menghindari risiko penyebaran kutu rambut. Berikut beberapa penyebab munculnya kutu rambut yang perlu diwaspadai:

  1. Interaksi langsung

Penyebab utama dari penularan kutu rambut adalah interaksi langsung dengan orang yang mempunyai penyakit tersebut. penularan tersebut terjadi, ketika Anda tanpa sengaja menempelkan rambut dengan rambut penderita. Hal ini menjadi faktor utama terpapar, sebab kutu rambut tidak mampu melompat ataupun terbang. Jadi, kutu berpindah saat rambut lain menempel.

  1. Berenang

Sebenarnya, berenang bukan hal utama penularan. Namun, aktivitas ini mampu menjadi penyebab karena kemungkinan interkasi langsung dengan orang yang memiliki kutu rambut terjadi. Selain itu, kutu yang terlepas dari penderita mempunyai kemampuan bertahan dalam air. Kemudian, kutu rambut akan menempel erat pada inangnya yang baru. Faktor ini harusnya membuat Anda untuk lebih waspada, saat melakukan olahraga renang. Setidaknya, gunakan tutup kepala guna menghindari penularan.

  1. Menggunakan barang yang dimiliki penderita

Faktor penyebab kutu rambut yang berikutnya adalah memakai barang yang digunakan oleh penderita. Penularan ini cukup sering terjadi karena prosesnya terjadi tanpa disadari. Misalnya saja, Anda menggunakan sisir milik teman yang ternyata sisir tersebut sering dihinggapi kutu. Selain itu, kerudung ataupun helm. Jadi, ada baiknya Anda menghindari apapun yang bukan milik pribadi.

  1. Penutup kepala

Penutup kepala yang kurang atau tidak bersih berpotensi menyebabkan kemunculan kutu rambut. Hal semacam ini sering terjadi, saat Anda tidak rajin membersihkan penutup kepala. Baik kerudung, helm, ataupun topi. Oleh karena itu, mulai dari sekarang rajinlah untuk menjaga kebersihan benda yang Anda gunakan.

  1. Tidak memperhatikan kebersihan rambut

Faktor lai yang juga menjadi penyebab dari munculnya kutu rambut ialah ketidakpedulian Anda terhadap kebersihan rambut itu sendiri. Padahal menjaga rambut bukan aktivitas yang sulit, Anda hanya perlu mencucinya dan memberikan treatment lain.

  1. Shampoo tidak cocok

Sama seperti jenis kulit pada wajah, kulit kepala juga mempunyai reaksi yang berbeda-beda terhadap bahan kimia. Biasanya, ketidakcocokan itu yang membuat kepala gatal dan berisiko menimbulkan kutu rambut.

  1. Penularan yang cepat

Kutu rambut mempunyai siklus hidup yang cepat. Selain itu, penularannya mampu terjadi kepada siapa saja, sehingga tidak butuh waktu lama bagi kutu rambut untuk menempel pada inang yang baru. Hal itu yang menjadi penyebab utama dari perkembangbiakan kutu rambut.

Seperti yang sudah dijelaskan, penyebab kutu rambut dapat terjadi karena berbagai faktor. Hal ini tentu saja menjadi pembahasan penting, mengingat penularannya tidak membutuhkan waktu lama. Anda dapat memulainya dari hal-hal kecil. Seperti, mengurangi memakai barang milik orang lain. Menjaga kesehatan kepala dan rambut, sampai dengan memilih produk shampoo yang cocok dengan kulit kepala.

mua parasayu